Provide your email for confirmation

Tell us a bit about yourself

country *
province *

why we ask about location

Please provide your email address

Login

To share your thoughts

Don't have an account?

Login with email

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue signing in. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Sign up

Ready to get started

Already have an account?

Sign up with email

By signing up you agree to Rappler’s Terms and Conditions and Privacy

Check your inbox

We just sent a link to your inbox. Click the link to continue registering. Can’t find it? Check your spam & junk mail.

Didn't get a link?

Join Rappler+

How often would you like to pay?

Monthly Subscription

Your payment was interrupted

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Your payment didn’t go through

Exiting the registration flow at this point will mean you will loose your progress

Cara mempersiapkan mobil yang ramah bagi anak

Bagaimana memilih mobil keluarga yang baik?

Mungkin Anda termasuk penggemar berat mobil-mobil modifikasi yang dikendarai Vin Diesel dalam film The Fast and the Furious, namun memiliki keluarga berarti harus memilih sebuah mobil yang bisa mengangkut banyak hal, misalnya mengantar anak-anak, orang tua, binatang kesayangan di rumah, menampung kereta dorong bayi, atau tas popok.

Jika Anda punya lebih dari satu anak serta seorang pengasuh bayi, jenis Multi-Purpose Vehicle (MPV) bisa jadi pilihan bagus. Mobil tipe ini biasanya memiliki lima kursi penumpang dan dua tambahan kursi yang bisa dilipat di bagian belakang. Area ini bisa disulap menjadi bagasi mobil yang besar ketika tidak semua kursi penumpang terpakai.

Misalnya, lihat Nissan Grand Livina, MPV dengan 7 kursi penumpang. Suspensi yang baik membuatnya nyaman dikendarai meski harus melewati belokan-belokan tajam dan polisi tidur, cocok untuk berpergian jauh. 

Harga sebuah unit bekas berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 165 juta, sementara harga barunya mencapai sekitar Rp 170 juta hingga Rp 188 juta.

Selain Nissan Grand Livina, ada merek mobil lain dengan kisaran harga yang sama, seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga.

Sebagai orang tua anak-anak yang masih kecil, Anda mungkin perlu berulang-ulang memuat dan mengeluarkan kursi dorong bayi atau kursi mobil anak. Oleh karena itu, pastikan saja pintu mobil Anda mudah dibuka lebar, sehingga bisa memudahkan rutinitas Anda.

Pilih interior mobil berwarna gelap, termasuk untuk kursi dan panel, karena Anda tidak bisa menghindari tumpahan dan noda saat berpergian dengan anak kecil. Sebisa mungkin hindari warna krem atau pastel!

Kursi duduk untuk anak

Apapun jenis mobil keluarga yang Anda pilih, ketika berkendara dengan bayi atau balita, pastikan Anda memasang kursi duduk anak. Ini adalah kursi yang didesain khusus untuk si kecil yang belum memiliki tinggi yang cukup untuk mengenakan sabuk pengaman yang didesain untuk orang dewasa.

Harga kursi bayi atau anak bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 12 juta – jika Anda memilih merek ternama – di toko-toko online seperti Lazada atau Bilna.

Kaca spion tambahan

Anda tentunya ingin memeriksa keadaan si kecil yang duduk di jok belakang dari waktu ke waktu. Sebuah kaca spion tambahan akan membantu Anda melihat ke belakang dengan mudah.

Aksesoris kecil ini penting supaya Anda tetap dapat melihat kondisi anak tanpa harus menoleh ke belakang atau menyesuaikan kaca spion atas di mobil Anda. Temukan barang tersebut di toko-toko perlengkapan mobil atau toko online dengan harga sekitar Rp 150.000.

Hiburan selama perjalanan

Selama perjalanan darat atau menempuh jarak jauh dalam lalu lintas padat seperti di Jakarta, mobil menjadi seperti rumah kedua Anda.

Anda perlu menjaga agar si kecil tidak bosan dan menyibukkan diri, karena itu Anda patut mempertimbangkan hal-hal berikut:

Pemutar CD/ USB MP3 – mulai dari Rp 250.000

Pemutar DVD – mulai dari Rp 1,4 juta

Mainan anak-anak – sekitar Rp 75.000 hingga Rp 400.000

Produk-produk khusus untuk anak

Selain berbagai aksesoris mobil tersebut, membawa barang-barang di bawah ini juga bisa jadi sangat bermanfaat:

Pelindung matahari yang bisa dipindah-pindahkan untuk meredam sinar matahari yang berlebihan

Traveling stroller – Sedikit berbeda dengan jenis yang biasa, karena lebih ringan dan didesain khusus untuk ditempatkan di mobil

Tas popok untuk mengganti popok bayi Anda kemanapun Anda berpergian dengannya. Ini juga akan berguna untuk membawa botol susu, cemilan bayi, serta selimut favorit si kecil.

Emergency car kit – Meski ini sebenarnya peralatan wajib yang harus selalu tersedia dalam mobil, namun seringkali pemilik mobil lupa dan tidak pernah memeriksa keberadaannya.—Rappler.com

Tips di atas berasal dari LiveOlive, sebuah situs yang membekali perempuan Indonesia dalam hal pengelolaan keuangan pribadi.