Ditemukan titik api, Gunung Argopuro ditutup bagi pendaki

 

MALANG, Indonesia – Setelah Gunung Semeru, pengelola Gunung Argopuro, Jawa Timur, menutup pendakian ke gunung yang terletak di pertemuan wilayah Jember, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo ini per hari ini, Selasa, 27 Oktober. 

Petugas saat ini sedang mengevakuasi sekitar tujuh pendaki yang masih terjebak di lereng gunung setinggi 3.088 di atas permukaan laut itu. 

Penutupan dilakukan setelah tersiar kabar adanya titik api di pegunungan Hiyang atau Argopuro.

“Tujuh pendaki masih ada di lereng Gunung Argopuro; empat dari Jember dan tiga dari Tangerang,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jawa Timur Sunandar Triguna Jasa, Selasa. 

Jumlah itu adalah pendaki terakhir yang saat ini ada di Gunung Argopuro. 

Petugas telah menutup pendakian lewat dua pos pendakian yang ada, yaitu dari pintu Baderan di Situbondo dan pintu Bremi di Probolinggo sejak Selasa pagi. 

“Jika ada pendaki yang akan naik, kita sarankan untuk kembali pulang. Argopuro akan ditutup sementara sejak hari ini,” katanya.

Menurut Sunandar, penutupan dilakukan sebagai antisipasi maraknya kebakaran yang terjadi di sejumlah gunung di Jawa. Meski demikian, ia membantah adanya kabar tentang hutan yang terbakar di dekat jalur pendakian Argopuro. 

“Yang dilihat pendaki sebelumnya itu tanah bekas terbakar, jadi tidak ada api. Kami mendeteksi ada dua hotspots yang lokasinya jauh dari jalur pendakian. Tetapi untuk antisipasi maka pendakian kami tutup sementara,” katanya.

Selain itu, timnya akan melakukan patroli bersama pada pekan ini untuk mendata titik-titik rawan terbakar di wilayah Argopuro. Patroli dilakukan setelah pintu pendakian dinyatakan ditutup. 

Penutupan pendakian di Argopuro menyusul penutupan pendakian di Gunung Semeru yang dilakukan lebih awal, pada pekan lalu. 

Pengelola Gunung Semeru, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, menutup pendakian hingga waktu yang tidak ditentukan untuk mengantisipasi terjadinya musibah setelah terjadi kebakaran di empat blok yang berada dekat dengan jalur pendakian. —Rappler.com

BACA JUGA: