Total 106 korban tenggelam KM Marina Baru 2B ditemukan

KENDARI, Indonesia  —  Tim penyelamat kembali menemukan tiga jenasah korban tenggelamnya KM Marina 2B, dalam pencarian yang dilakukan sepanjang hari ini, Sabtu (26/12), di perairan Sulawesi Tenggara.

“Hari ini kembali ditemukan lagi tiga jenazah korban KM Marina," kata Humas Badan SAR Nasional (Basarnas) Kendari Wahyudin, Sabtu malam.

Ketiga jenazah yang baru ditemukan itu dibawa ke rumah sakit Umum Kolaka Utara untuk selanjutnya diindentifikasi.

"Semangat tim pencarian dan penyelamatan untuk menyusuri perairan Teluk Bone tidak pernah pudar sampai semua penumpang ditemukan sesuai dengan jumlah di manifes," kata Yudi.

Dia mengatakan, setelah penemuan tiga jenazah ini, maka jumlah korban ditemukan dan dievakuasi adalah 106 dari 118 penumpang. "Dari total korban yang ditemukan itu, 66 meninggal dan 40 orang selamat," kata Yudi.

Hari ini pula, diputuskan proses pencarian dilanjutkan. “Pencarian dilanjutkan selama tiga hari lagi,” kata staf PMI Kolaka Utara Indah Isnaeni, kepada Rappler.com.  Sesuai standar operasi, pada hari ketujuh yang jatuh hari ini, harus diputuskan apakah operasi diteruskan atau dihentikan.

Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Frans Barung Mangera di Makassar, Sabtu, mengatakan, hingga hari ketujuh pencarian masih menyisakan 12 lagi korban.

"Jika sampai penambahan berakhir, belum juga ditemukan semua korbannya, maka akan ditutup proses pencariannya," kata Frans.

Meskipun proses pencarian ditutup, kata Frans, jika pada kemudian hari berhasil ditemukan korban lagi, maka akan jenazah akan diproses.

Kapal Motor (KM) Marina berangkat dari Pelabuhan Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara menuju Pelabuhan Bansalae, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu pekan lalu sekitar pukul 11.00 WITA, namun kemudian dihantam ombak besar hingga kemasukan air.  —  Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA