Polda Metro lakukan reka ulang kasus Mirna, Leicester City kuasai klasemen Liga Primer Inggris

JAKARTA, Indonesia — Sejumlah peristiwa penting terjadi sepanjang Jumat hingga akhir pekan lalu. Dari perkembangan terkini kasus kopi Mirna hingga Leicester City terus melaju di Liga Primer Inggris. Mereka berhasil mempecundangi salah satu pesaing utamanya dalam perebutan gelar juara dengan skor meyakinkan.

Berikut ini, Rappler merangkumnya untukmu: 

Tepat sebulan lebih sehari setelah kematian Mirna di Kafe Olivier, pusat perbelanjaan Grand Indonesia, kawasan Jakarta Pusat, Polda Metro Jaya menggelar reka ulang kasus ini di lokasi kejadian.

Tersangka Jessica Kumala Wongso juga turut hadir. Ia melakukan 56 adegan sepanjang proses reka ulang. 

"Ada 56 adegan yang direka ulang pada saat rekonstruksi versi Jessica. Sedangkan dalam rekonstruksi versi penyidik ada 65 adegan," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Krishna Murti dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu.

Krishna juga mengungkapkan bahwa Jessica dan pengacaranya menolak untuk menghadiri reka ulang kedua pasca ikut dalam reka ulang pertama. 

PERTUMBUHAN EKONOMI. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di bawah 5 persen, pertama kalinya sejak 2009. Foto oleh EPA

PERTUMBUHAN EKONOMI. Pertumbuhan ekonomi Indonesia di bawah 5 persen, pertama kalinya sejak 2009.

Foto oleh EPA

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 sebesar 4,79 persen, terendah selama 6 tahun, demikian menurut catatan Badan Pusat Statistik, pada Jumat, 5 Februari.

Ini adalah kali pertama ekonomi Indonesia berada di bawah 5 persen sejak 2009, pasca terjadi krisis keuangan global.

Menanggapi hasil ini, ekonom Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Fithra Faisal mengatakan ia sudah memprediksi sejak awal.

Turunnya pertumbuhan ekonomi kita dibanding tahun sebelumnya memang sudah saya prediksi sejak awal,” kata Fithra saat dihubungi Rappler, Jumat.

Ia juga memaparkan bahwa untuk 2016, proyeksi pertumbuhan ekonomi akan berada pada angka 5,25 persen.  

DIUSIR. Konferensi pers menanggapi pengusiran Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Bangka pada Jumat, 5 Februari. Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

DIUSIR. Konferensi pers menanggapi pengusiran Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Bangka pada Jumat, 5 Februari.

Foto oleh Sakinah Ummu Haniy/Rappler

Janji Kapolri Jenderal Badrodin Haiti untuk melindungi dan mencegah pengusiran anggota Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI) di Bangka datang terlambat bagi perempuan dan anak-anak komunitas tersebut.

Juru bicara JAI Bangka Yendra Budiana mengatakan bahwa anak-anak dan perempuan anggota JAI Bangka 'diangkut' keluar Bangka, sementara anggota laki-laki bertekat untuk "bertahan di rumah masing-masing."

"Dandim paling aktif menekan warga Jemaat Ahmadiyah untuk angkat kaki, artinya TNI telah melampaui kewenangannya," kata Yendra di Jakarta pada Jumat, 5 Februari,

Hari Jumat, 5 Februari, adalah batas waktu yang diberikan pemerintah Bangka kepada Jemaah Ahmadiyah di Kelurahan Srimenanti untuk "bertobat"atau keluar dari Bangka.

Setidaknya ada 82 orang warga Ahmadiyah di Bangka, termasuk 20 orang di Kelurahan Srimenanti.

GEMPA BUMI. Salah satu gedung apartemen yang ambruk akibat gempa berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang kota Tainan pada Sabtu pagi, 6 Februari 2016. Foto oleh Zachary Lee/UDN TV

GEMPA BUMI. Salah satu gedung apartemen yang ambruk akibat gempa berkekuatan 6,4 SR yang mengguncang kota Tainan pada Sabtu pagi, 6 Februari 2016.

Foto oleh Zachary Lee/UDN TV

Sebuah gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang bagian selatan Taiwan pada Sabtu pagi, 6 Februari 2016. Akibatnya empat gedung di area tersebut ambruk.

Salah satunya adalah gedung apartemen yang terdiri dari 16 lantai yang di dalamnya terdapat 200 unit tempat tinggal. Padahal, keluarga yang tinggal di apartemen itu tengah menyiapkan perayaan Tahun Baru Imlek.

Menurut informasi dari Badan Nasional Pemadam Kebakaran, saat ini total korban tewas telah bertambah menjadi 14 orang. Salah satu korban tewas merupakan bayi perempuan berusia sepuluh hari. Dia termasuk dari 12 korban tewas yang ditemukan saat salah satu bangunan apartemen rubuh. 

Sedangkan, dua korban tewas lainnya merupakan anak-anak. Mereka ditemukan tim pemadam kebakaran tertimpa reruntuhan bangunan di area lainnya. Sementara, 20 orang dikhawatirkan masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

LEICESTER CITY. Leicester City unggul 3-1 atas Manchester City dalam laga Liga Primer Inggris, Sabtu, 6 Februari. Foto oleh EPA

LEICESTER CITY. Leicester City unggul 3-1 atas Manchester City dalam laga Liga Primer Inggris, Sabtu, 6 Februari.

Foto oleh EPA

Leicester City tampil memukau dan semakin mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris usai membantai tim posisi kedua Manchester City di kandang City, Etihad Stadium dengan skor 1-3.

Laporan pertandingan selengkapnya dapat dibaca di Rappler.com.

Sementara Tottenham Hotspurs naik ke peringkat dua klasemen sementara usai mengalahkan Watford 1-0 di Stadion White Hart Lane.

Tottenham mengemas satu-satunya gol pada menit 65 setelah Kieran Trippier mendapatkan umpan silang.

Tambahan tiga poin hasil kemenangan ini mengantar Tottenham ke peringkat kedua dengan 48 poin, menggeser Manchester City yang memiliki 47 poin usai dikalahkan Leicester.

Rappler.com