Dari Mitra Kukar juara Piala Jenderal Sudirman sampai temuan Polri soal aliran dana untuk aksi teror

JAKARTA, Indonesia — Sejumlah peristiwa penting terjadi sepanjang Jumat hingga akhir pekan lalu. Untuk memulai pekan ini, berikut rangkumannya: 

Mitra Kukar tampil sebagai juara Piala Jenderal Sudirman setelah berhasil menaklukkan Semen Padang dengan skor 2-1 pada laga final yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu, 24 Januari malam WIB. 

Semen Padang unggul terlebih dahulu saat Adi Nugroho berhasil mencetak gol di menit ke-33. Mitra Kukar lalu mencetak dua gol dalam sebelas menit terakhir waktu normal untuk membalikkan keadaan melalui Rizky Pellu dan Yogi Rahardian.

Simak lagi serunya duel kedua tim di Live Blog Rappler

SIAGA 1. Panser Tentara Nasional Indonesia disiagakan di kawasan Mal Sarinah sesaat setelah sebuam bom meledak, Kamis, 14 Januari 2016. Foto oleh Bagus Indahono/EPA

SIAGA 1. Panser Tentara Nasional Indonesia disiagakan di kawasan Mal Sarinah sesaat setelah sebuam bom meledak, Kamis, 14 Januari 2016.

Foto oleh Bagus Indahono/EPA

Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan ada warga Indonesia yang tengah berada di Suriah dan ikut memasok dana untuk aksi teror di Tanah Air. Identitas WNI itu diketahui bernama Bahrumsyah.

Badrodin menyebut Bahrumsyah mengirimkan uang sebesar Rp 1 miliar ke terduga teroris berinisial H alias A. Dana tersebut dikirim beberapa kali sejak tahun 2015.

"Bahrumsyah ini memang salah satu pemimpin di Suriah. Disebutnya sayap militer ISIS. Dia lah yang mengirimkan dana ke kelompok H dan melakukanamaliyah di Indonesia," ujar Badrodin ketika ditemui di Mabes Polri pada Jumat malam, 22 Januari.

WEF 2016. Indonesia Lunch Dialog Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2016 di Davos, Swiss yang diikuti oleh Menteri Perdagangan, Thomas Lembong. Foto oleh Made Marthini/Kementerian Perdagangan

WEF 2016. Indonesia Lunch Dialog Forum Ekonomi Dunia (WEF) 2016 di Davos, Swiss yang diikuti oleh Menteri Perdagangan, Thomas Lembong.

Foto oleh Made Marthini/Kementerian Perdagangan

 

Di Forum Ekonomi Dunia (WEF) edisi 2016 yang berlangsung pekan ini, di Davos, Swis, pemerintah dan pebisnis Indonesia bekerja sama “memasarkan” potensi kerja sama bisnis di tanah air. Delegasi pemerintah Indonesia pertemuan tahunan WEF dipimpin oleh Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong.

Menurut Kepala Pusat Harmonisasi Kebijakan Kementerian Perdagangan, Ni Made Ayu Marthini, agenda Tom Lembong cukup padat. Ada 19 pertemuan, sembilan kesempatan berbicara, sejumlah wawancara dengan media internasional dan menjadi tuan rumah Indonesia Night.

Tom berbicara tentang paket deregulasi ekonomi dan peluang bisnis di Tanah Air dan yang unik, juga tentang tukang sate yang tetap berjualan di dekat kawasan Jalan MH Thamrin pasca terjadinya serangan teror di sana.

“Itu menunjukkan sikap berani masyarakat Indonesia, tidak mudah terpengaruh ancaman teror. Kami juga memiliki pendekatan budaya yang berbeda dalam menangani isu teror, dan ini dipuji oleh media asing yang memonitor respon pemerintah terhadap serangan itu,” kata Tom Lembong.

PULANG KAMPUNG. Sejumlah warga eks-Gafatar tiba di terminal keberangkatan di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat, 22 Januari 2016. Pemerintah memulangkan 2.391 warga eks-Gafatar ke daerah asal yaitu Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Foto oleh Jessica Helena Wuysang/Antara

PULANG KAMPUNG. Sejumlah warga eks-Gafatar tiba di terminal keberangkatan di Bandara Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Jumat, 22 Januari 2016. Pemerintah memulangkan 2.391 warga eks-Gafatar ke daerah asal yaitu Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Foto oleh Jessica Helena Wuysang/Antara

Sejumlah mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) pulang kampung. Pesawat Lion Air nomor penerbangan JT-3837 dari Pontianak yang membawa ratusan mantan anggota Gafatar tiba di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Sabtu pagi, 23 Januari. 

Total penumpang yang diangkut adalah 193 orang, dengan rincian 60 wanita, 50 laki-laki, 70 remaja dan anak-anak, serta 13 balita. 

Mereka langsung disambut oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. "Selamat datang di Jawa Timur. Langsung naik ke bus ya pak, bu. Istirahat ya," ujarnya sembari menyapa mantan anggota Gafatar di tangga pesawat tempat parkir bandara.

Menyusul kemudian sejumlah pesawat lain yang juga membawa mantan anggota Gafatar ikut mendarat. Ada pula proses pemulangan yang dilakukan melalui jalur laut. 

Setelah dipulangkan, para mantan anggota Gafatar ini akan dibina. 

SINGGAH DI BALI. Miss Universe 2015 Pia Wurtzbach singgah di Bali sebelum berangkat ke Filipina. Foto dari Instagram/Miss Universe

SINGGAH DI BALI. Miss Universe 2015 Pia Wurtzbach singgah di Bali sebelum berangkat ke Filipina.

Foto dari Instagram/Miss Universe

Miss Universe 2015 Pia Alonzo Wurtzbach singgah di Bali sebelum pulang ke kampung halamannya di Filipina, Sabtu, 23 Januari.

Pia berada di Bali dalam rangka pemotretan dan shooting iklan untuk produk minuman kesehatan You C1000. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemenang Miss Universe juga kerap menyempatkan diri singgah di Bali untuk tujuan serupa.

Namun hingga kini belum ada konfirmasi apakah Pia akan mampir ke ibu kota Jakarta.

Foto-foto Pia selama di Bali bisa dilihat di sini

Rappler.com