What's the Big Idea series

Kebakaran terjadi lagi di pemondokan jemaah haji Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kebakaran terjadi lagi di pemondokan jemaah haji Indonesia
Hotel ini dihuni oleh sekitar 700 jamaah haji Indonesia


JAKARTA, Indonesia – Kebakaran terjadi lagi di pemondokan jemaah haji Indonesia, 27 September 2015. “Kebakaran di pemondokan 502 di Raudah. Jemaah sudah dievakuasi ke 503 dan tidak ada korban,” kata Kepala Sub Bagian Informasi Haji Kementrian Agama, Affan Rangkuti. 

Pemondokan 502 yang terbakar itu adalah Hotel Jauharat al Jiwar yang terletak di sektor V wilayah Raudhah.
Hotel ini dihuni oleh sekitar 700 jamaah haji Indonesia asal embarkasi Jakarta – Bekasi kloter 34 (Depok), 39 (Bandung), dan 49 (Garut) atau JKS 34, JKS 39, dan JKS 49. Seluruh penghuni hotel sudah diungsikan.

PEMADAM KEBAKARAN. Pemadam kebakaran langsung memadamkan api.

Menurut Pelaksana Perumahan Daker Makkah Ahmad, berdasarkan keterangan dari pemilik hotel, titik api bersumber dari mesin pemadam kebakaran atau mudhohhoh yang terletak di belakang resepsionis.

“Kurang dari 10 menit sejak ada laporan, tim pemadam kebakaran sudah tiba di lokasi,” kata Ahmad melalui rilis. Seluruh jamaah haji berhasil dievakuasi melalui pintu darurat yang ada di sisi kiri hotel.

Hayin Aulina Ibrahim (44), jamaah asal Depok kepada Media Center Haji mengatakan bahwa dirinya sedang bersiap-siap untuk melaksanakan Salat Dhuhur saat alarm kebakaran berbunyi. “Bunyi alarm saya anggap biasa saja, karena memang suka berbunyi, karena ada yang merokok. Tapi kemudian ada yang menggedor pintu dan menyuruh keluar untuk ngungsi di 503,” kata dia.

Pantauan Media Center Haji saat terjadinya kejadian, asap mengepul memenuhi lobi hotel. Peralatan pemadam kebakaran tampak sudah terparkir di sepanjang jalan depan lobi hotel. Sekitar tiga puluhh  menit berselang, asap di lobi hotel sudah berhasil disedot dengan blower raksasa sehingga kondisi sudah relatif normal. 

Kejadian kebakaran di pemondokan jemaah Indonesia ini adalah yang kedua kali terjadi pada musim haji tahun ini. Sepuluh hari lalu kebakaran juga terjadi di kamar nomor 810 yang dihuni jemaah haji asal Indonesia, Kamis dini hari, 17 September.

“Ada kebakaran di kamar nomor 810 pada pemondokan (hotel) jemaah haji kita nomor 403 yang terletak di Aziziyah Syamaliyah,” kata Menteri Agama RI Lukman Saifuddin kepada Rappler melalui pesan singkat, Kamis siang.

Menurut Lukman, kebakaran disebabkan penghuni kamar sedang memasak nasi denganrice cooker tapi ditinggal pergi cukup lama. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!