Mantan top skorer ditunjuk sebagai pelatih Persija

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mantan top skorer ditunjuk sebagai pelatih Persija
Persija Jakarta akhirnya memiliki pelatih baru, untuk persiapan Piala Jenderal Sudirman

JAKARTA, Indonesia — Pelatih baru itu adalah Bambang Nurdiansyah. Dia direkrut setelah manajemen sempat memilah-milah dari beberapa nama kandidat calon pelatih Macan Kemayoran. Banur, sapaan karibnya, resmi mencapai kata sepakat dengan Persija pada Kamis, 29 Oktober siang.

Ketua klub Persija, Ferry Paulus, saat dikonfirmasi membenarkan penunjukan tersebut. Meski belum ada pengumuman penandatangan kontrak resmi, tapi Banur sudah menyiapkan program.

“Kami sudah mencapai deal dengan Bambang Nurdiansyah. Deal ini hanya untuk di turnamen Piala Jenderal Sudirman ini,” katanya saat dihubungi, Kamis.

Dengan begitu, terpilihnya eks pelatih Persita Tangerang itu membuat empat kandidat lainnya tersisih. Mereka adalah Rene Albert, Nilmaizar, Danurwindo, dan Dejan Antonic.

Menguatnya pilihan kepada Banur, menurut Ferry, karena pelatih ini berpengalaman.  Selain itu, secara performa Banur mampu menampilkan permainan yang bagus saat menangani Persita di Piala Presiden lalu, meski akhirnya mereka gagal lolos ke babak knock out.

Pelatih yang pernah menjadi top skor kompetisi nasional pada era 1980 sampai 1990-an itu dikenal sebagai pelatih penggemar filosofi sepak bola menyerang. Karena itu, permainan tim yang ditanganinya dijamin akan menghibur.

Selain itu, nalurinya sebagai eks striker, bisa memberikan variasi bagus penyerangan di lini depan. Sosok Banur mungkin bisa menjadi solusi bagi Persija. Sebab, lini depan tim ibukota itu tampil buruk meski secara materi mereka di atas Persita.

Persita sendiri finis setingkat di atas Persija saat Piala Presiden lalu. Meski secara penyerangan belum banyak gol tercipta, Persita mampu menunjukkan strategi bertahan agresif, menekan pemain lawan sehingga tak punya ruang untuk mengembangkan permainan.

Jika di Piala Jenderal Sudirman bagus, peluang Banur untuk promosi sebagai pelatih permanen cukup terbuka. “Kami lihat dulu bagaimana di sini, kalau bisa bagus, kami cocok itu bisa lanjut,” kata Ferry.

Sebagai pendamping sementara di skuat saat ini, eks pemain Persija Mukti Ali Raja direkrut untuk menjadi asisten pelatih.

Langsung genjot latihan

Manajemen Persija Jakarta langsung bersiap mengumpulkan pemain untuk persiapan Piala Jenderal Sudirman. Menurut Ferry, Banur langsung siap untuk memulai latihan lebih cepat, tak perlu menunggu pekan depan.

Sesuai jadwal, Jumat, 30 Oktober sore, skuat Macan Kemayoran akan memulai latihan perdana mereka di lapangan Sawangan, Bojongsari, Depok, Jawa Barat. Latihan dimulai pukul 15.00 dan akan menghabiskan waktu 90 menit, untuk melakukan pengkondisian pemain.

Namun, latihan di Sawangan hanya sementara. Macan Kemayoran berniat menjalani latihan di luar Jakarta sekaligus menjalani Training Center (TC) jelang tampil di Piala Jenderal Sudirman.

“Kami ada opsi TC di Batu, Malang, atau Jogja. Tapi, kemungkinannya di Batu atau Malang, karena dekat dengan venue pertandingan Persija,” tandasnya. — Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!