5 desainer busana Muslim Indonesia akan tampil di London Fashion Week 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 desainer busana Muslim Indonesia akan tampil di London Fashion Week 2016

ANTARA FOTO

Untuk kedua kalinya, Dian Pelangi mendapat kesempatan mengikuti London Fashion Week

JAKARTA, Indonesia — Lima desainer pakaian Muslim asal Indonesia akan tampil di pagelaran London Fashion Week 2016.

Dian Pelangi, Restu Anggraini, Jenahara, Vivi Zubedi, dan Zaskia Sungkar akan mengikuti acara International Fashion Showcase, sebuah program kunci dari gelaran London Fashion Week. 

Kelima desainer tersebut akan mengusung tema Modest Cosmopolist yang mewakili empat elemen (api, air, udara, dan cahaya).

Penampilan kelimanya difasilitasi oleh organisasi internasional asal Inggris, British Council, yang bekerjasama dengan e-commerce fesyen Muslim HijUp.com. 

Modest Cosmopolist sendiri mengedepankan filosofi bahwa untuk tumbuh, manusia harus kembali ke akar budaya sehingga menghasilkan keseimbangan antara gaya sederhana dan avant-garde.

Karya desainer asal Indonesia ini dikurasi oleh Carri Munden, seorang direktur seni, penata gaya dan perancang busana yang berbasis di London.

Munden sebelumnya telah banyak bekerja dengan musisi internasional seperti M.I.A, Klaxons, Dizzee Rascal, FKA Twigs, dan sempat berkolaborasi dengan Nicola Formachetti, serta label seperti Nike dan Swatch.

Sebelumnya, partisipasi Indonesia dalam International Fashion Showcase diwakili oleh Toton dan Jeffry Tan pada 2014 dan lokakarya fesyen hijab oleh Dian Pelangi pada 2015.

Dian Pelangi sendiri sempat melakukan residensi di London College of Fashion dan membuka kesempatan bagi dua perancang muda lulusan kampus tersebut, Odette Steele dan Nelly Stewart, untuk melakukan hal serupa di kampung halamannya, Pekalongan, Jawa Tengah.

Hasil residensi dan kolaborasi mereka dipamerkan perdana dalam gelaran Jakarta Fashion Week pada Oktober 2015 lalu.

Bersama Dian Pelangi, desainer Restu Anggraini dan Jenahara juga sempat mengikuti program Indonesia Fashion Forward, yang merupakan bentuk kemitraan British Council dengan Jakarta Fashion Week, Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf), serta Center for Fashion Enterprises London.

Kepala Bekraf Triawan Munaf turut mendukung penuh keberangkatan empat delegasi fashion Indonesia ini ke London. 

“Saya ucapkan selamat berpartisipasi dalam International Fashion Showcase 2016 kepada HijUp.com disertai harapan semoga berhasil dan dapat menjadi duta bangsa yang meningkatkan citra positif Indonesia di mata masyarakat Inggris khususnya dan di Eropa umumnya,” kata Triana.—Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!