Perbedaan peraturan kualifikasi F1 musim 2016 dengan musim sebelumnya

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Perbedaan peraturan kualifikasi F1 musim 2016 dengan musim sebelumnya

Manor Racing

Peraturan baru ini mengundang banyak protes dari para pembalap

JAKARTA, Indonesia — Mulai musim 2016, penyelenggara Formula 1 memberlakukan peraturan baru terkait babak kualifikasi dalam setiap balapan yang akan dilakukan.

Peraturan terbaru ini telah diterapkan mulai race pertama di Melbourne, Australia, pada kualifikasi hari Sabtu, 19 Maret, menggantikan peraturan yang telah berlaku sejak 2006.

Sebelum mulai diterapkan, peraturan ini telah mengundang protes dari berbagai kalangan, salah satunya dari kalangan pembalap.

“Kepada siapapun yang membuat peraturan ini, saya merasa ini bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Tidak ada mobil yang terlihat di akhir kualifikasi, padahal penonton justru ingin menyaksikan para pembalap memberikan yang terbaik pada menit-menit terakhir,” ujar pembalap Ferrari, Sebastian Vettel.

Berikut perbandingan antara peraturan kualifikasi F1 pada musim ini dan musim lalu:

PERATURAN KUALIFIKASI FORMULA 1
MUSIM 2016 MUSIM 2015

1. Sesi kualifikasi berlangsung sekitar satu jam, dibagi menjadi tiga segment — Q1, Q2, Q3

1. Sesi kualifikasi berlangsung selama satu jam, dibagi menjadi tiga segment — Q1, Q2, Q3

2. Q1 berlangsung selama 16 menit. Setelah tujuh menit pertama, pembalap terlambat dieliminasi dan mendapatkan posisi buncit dalam balapan keesokan harinya. Selanjutnya, setiap satu menit 30 detik, pembalap terlambat dalam lap tersebut akan dieliminasi, begitu selanjutnya hingga ada tujuh pembalap yang tereliminasi dan 15 lainnya melaju ke Q2.

2. Q1 berlangsung selama 18 menit. Seluruh pembalap akan membalap selama 18 menit. Dari hasil tersebut, enam mobil dengan catatan waktu terbelakang tidak akan maju ke Q2. Posisi akan ditentukan dari catatan waktu masing-masing dalam 18 menit tersebut.

3. Setelah beristirahat sejenak, Q2 dimulai dan berlangsung selama 15 menit. Setelah enam menit pertama, pembalap paling lambat akan tersingkir, dan terus begitu setiap satu menit 30 detik. Pembalap yang tereliminasi di Q2 akan mengisi posisi 9 hingga 15.

3. Kualifikasi dilanjutkan ke segment Q2 yang berlangsung selama 15 menit. Seluruh 16 mobil yang tersisa akan berputar di lintasan hingga waktu habis. Selanjutnya, enam mobil akan tereliminasi dan posisi ditentukan berdasarkan catatan waktu tercepat.

4. Selanjutnya, Q3 akan dimulai. Catatan waktu di-reset dan sesi sepanjang 14 menit akan dimulai untuk menentukan delapan pembalap yang mendapatkan posisi terdepan. Setelah lima menit pertama, pembalap paling lambat akan tereliminasi, begitu seterusnya setiap satu menit 30 detik.

4. Dalam sesi Q3, 10 pembalap yang tersisa kemudian memperebutkan 10 posisi terdepan. Posisi akhir ditentukan dari catatan waktu masing-masing pembalap.

5. Akhir Q3 akan menyisakan dua orang pembalap yang kemudian bertarung selama satu menit 30 detik untuk memperebutkan posisi terdepan.

Sumber: formula1.com dan f1fanatic.co.uk

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!