Berita hari ini: Selasa, 28 Juni 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Selasa, 28 Juni 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk melihat perkembangan berita pilihan redaksi Rappler pada Selasa, 28 Juni 2016.

Indonesia wRap: Selasa, 28 Juni 2016

Dari Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan minta THR hingga BPOM menyatakan vaksi palsu tak berbahaya

Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan sanksi kepada Ketua Pengadilan Negeri Tembilahan, Provinsi Riau, Erstanto Windiolelono karena diketahui meminta Tunjangan Hari Raya (THR) kepada perusahaan setempat. Hal itu diketahui dari surat permintaan yang sempat beredar luas.

Apa sanksi yang dijatuhkan MA?

Sementara, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, vaksin palsu tidak membahayakan bayi. Sebab, di dalam vaksin terdapat kandungan tuberculid yang jumlahnya di bawah 0,5 miligram.

Apakah artinya publik tak perlu khawatir terhadap maraknya peredaran vaksin palsu ini? Saksikan jawabannya dalam video Indonesia wRap:

Fadli Zon kirimkan uang ke Kemlu sebagai biaya ganti penjemputan putrinya

 

 JAKARTA, Indonesia – Wakil Ketua DPR, Fadli Zon menepati janjinya untuk mengembalikan biaya penggantian penjemputan putrinya yang telah dikeluarkan oleh KJRI New York. Berdasarkan hasil penghitungannya, biaya yang dihabiskan oleh pejabat KJRI untuk menjemput Shafa Sabila Fadli dari Bandara JFK hingga ke kediaman rekannya di area Queens mencapai Rp 1.330.000,00.

“Saya kirim Rp 2.000.000,00 sekaligus untuk tip sopir. Mohon disampaikan kepada KJRI New York,” tulis Fadli dalam surat resminya yang ditujukan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Surat itu juga diunggah oleh Fadli ke akun Twitternya pada Selasa, 28 Juni.

Pengembalian dana ini merupakan buntut dari bocornya surat faksimili yang ditujukan ke KBRI Washington DC dan KJRI New York pada tanggal 10 Juni lalu.

Isi dari surat itu meminta agar pejabat di KBRI Washington DC dan KJRI New York menjemput dan mendampingi putri Fadli Zon, Shafa Sabila Fadli selama berada di Amerika Serikat periode 12 Juni hingga 12 Juli. Fadli kemudian membantah telah meminta fasilitas atas kepentingan pribadi kepada perwakilan Indonesia di luar negeri.

Dia kemudian meminta maaf dan berjanji akan mengganti biaya perjalanan yang telah dikeluarkan oleh KJRI New York.

Sementara, Pejabat bidang konsuler, sosial dan budaya KJRI New York Benny YP Siahaan mengakui hanya memberikan fasilitas penjemputan ke bandara. Benny menyebut karena adanya keterbatasan anggaran dan personil, pejabat KJRI tidak bisa mendampingi Shafa. – Rappler.com

Pertamina akuisisi 4 blok minyak di Iran 

Foto diambil dri thepresident.com

Perusahaan milik negara PT Pertamina (Persero) akan menandatangani memorandum of understanding untuk pembelian 4 blok minyak dan gas bumi di Iran sesudah liburan Idul Fitri, kata Direktur Utama PT Pertamina Dwi Soetjipto di Jakarta pada Selasa, 28 Juni.

Dua dari empat ladang tersebut berada di darat atau onshore, sementara dua lagi offshore. Menurut Dwi, keempat lahan itu sudah berproduksi, dengan cadangan minyak cukup besar.

“Kita nyarinya blok yang sudah berproduksi,” kata Dwi.

Dia belum mau memberitahu lokasi dan harga keempat blok tersebut.  

Pada akhir Mei lalu, Menteri  Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan dia berharap Pertamina akan mendapat prioritas untuk dalam operasi ladang minyak Iran. Baca berita selengkapnya di Kompas.com. 

Filipina akan izinkan TNI masuk ke wilayahnya untuk bebaskan sandera

Simulasi pelumpuhan perompak dan pembebasan sandera di pelabuhan Jayapura, Papua, pada 9 Juni 2016. Foto oleh Indrayadi TH/Antara

Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengatakan, personel TNI akan diizinkan memasuki wilayah Filipina apabila kembali terjadi penyanderaan WNI oleh militan dari negara kepulauan itu.

Namun TNI masih belum diizinkan untuk membebaskan 7 orang WNI yang saat ini menjadi sandera kelompok teroris Abu Sayyaf di Filipina.

“Kami sudah sepakat, kalau nanti ada penyanderaan lagi kami boleh masuk,” kata Ryamizard.

Ryamizard mengatakan, kesepakatan tersebut dicapai usai tiga menteri pertahanan Indonesia, Malaysia, dan Filipina, bertemu pada pekan lalu. Konstitusi Filipina menyatakan larangan militer asing beroperasi secara langsung di negaranya. 

Sebelumnya, 7 anak buah kapal (ABK) tongkang Charles 001 dan kapal tunda Robby 152 menjadi korban penculikan dan penyanderaan di Laut Sulu, Filipinan Selatan, pada 21 Juni lalu. Kelompok Abu Sayyaf menuntut uang tebusan Rp 6,5 miliar. Selengkapnya di Antara.

Pantaskah pembuat vaksin palsu dihukum mati? Menteri Kesehatan katakan setuju

Menteri Kesehatan Nila Moeloek, bersama Plt Kepala BPOM Tengku Bahdar Johan Hamid (tengah), saat rapat kerja dengan Komisi IX di Kompleks Parlemen, Senayan, pada 27 Juni 2016. Foto oleh Hafidz Mubarak A./Antara

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengatakan dirinya setuju apabila pembuat vaksin palsu diganjar hukuman mati. Menurutnya, perbuatan para pelaku turut mengancam keselamatan anak-anak dan balita, sebagai generasi masa depan Indonesia.

“Kalau sampai merusak generasi kita, pantas menurut saya (dihukum mati),” kata Nila, Selasa.

Ia mengatakan, anak-anak dan balita yang menggunakan vaksin palsu otomatis keselamatannya akan terancam. Karena, vaksin palsu yang sudah dicampur dengan gentacimin tidak akan memiliki efek apa pun bagi kekebalan tubuh.

Sebelumnya, polisi telah menahan 15 tersangka pembuat vaksin palsu di berbagai kota. Terungkap pula empat rumah sakit di Jakarta serta dua apotek, dan satu toko obat di Jakarta terlibat peredaran vaksin palsu. Selengkapnya di Kompas.com.

Buka puasa bareng TNI, Jokowi: Tak ada rencana minta maaf pada PKI

Di hadapan TNI, Presiden Jokowi tegaskan tidak akan meminta maaf Kepada PKI, pada 27 Juni 2016. Foto dari Setkab.go.id

Presiden Joko “Jokowi” Widodo kembali menyatakan bahwa pemerintah RI tidak akan meminta maaf kepada Partai Komunis Indonesia (PKI) tentang tragedi 1965. 

“Tidak ada rencana dan pikiran saya untuk minta maaf terhadap PKI,” kata Jokowi dalam acara buka puasa bersama di Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI), Jakarta, pada Senin, 27 Juni.

Sebelumnya, ia pernah mengutarakan hal ini dalam berbagai kesempatan, seperti pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun lalu, dan pertemuan-pertemuan bersama tokoh agama dari Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama.

“Tapi sekali lagi ada yang menggoreng-goreng isu tersebut. Tak ada rencana minta maaf ke PKI,” kata Jokowi. Selengkapnya di Setkab.go.id.

Beredar surat ketua Pengadilan Negeri di Riau minta THR ke pengusaha

Gedung Mahkamah Agung di Jakarta. Foto dari Wikimedia

Mahkamah Agung (MA) akan menggelar investigasi untuk mengetahui kebenaran surat yang beredar mengenai ketua Pengadilan Negeri (PN) di Riau meminta Tunjangan Hari Raya (THR) ke pengusaha setempat.

Dalam surat yang beredar di media itu, tertulis permintaan THR yang ditandatangani oleh Ketua PN Tembilahan, Y Erstanto Windioleleno, SH, MH. Petikan surat itu berbunyi:

Bahwa sehubungan dengan dekatnya hari raya Idul Fitri 1437 H tahun 2016, kami selaku pimpinan akan mengadakan pemberian bingkisan dan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada Karyawan/Karyawati Pengadilan Negeri Tembilahan.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mengharapkan bantuan dan partisipasi dari Bapak/Ibu/Saudara Pimpinan Perusahaan demi terlaksananya kegiatan dimaksud, mengingat kegiatan tersebut akan terlaksana dengan baik serta sukses apabila adanya bantuan dan partisipasi dari Bapak/Ibu/Saudara.

Padahal, menurut Kepala Badan Pengawas MA Hakim Agung Sunarto, MA sudah mengirimkan Surat Edaran melarang untuk menerima parsel, apalagi meminta.

Surat edaran tersebut diterbitkan pada 10 Juli 2013 ditujukan kepada pejabat eselon I dan II MA, Ketua Pengadilan tingkat banding, dan Ketua Pengadilan tingkat pertama di seluruh Indonesia. Selengkapnya di Detik.com.

Indonesia wRap: Senin, 27 Juni 2016

Dari Lionel Messi pensiun hingga Kemenpora jatuhkan sanksi untuk Jakmania

Kapten Argentina, Lionel Messi, memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Argentina. Keputusan itu diambil usai Messi gagal kembali membawa Argentina menjadi juara Copa America Centenario. Kekalahan ini menjadi yang keempat bagi Messi bersama tim Argentina. 

Apa komentar Messi mengenai kekalahannya itu?

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar pertemuan dengan berbagai pihak yang dianggap terlibat dalam aksi kerusuhaan di Stadion Utama Bung Karno (SUBK) pada Jumat, 24 Juni. Tindak kerusuhan itu terjadi ketika tengah digelar pertandingan antara Persija melawan Sriwijaya FC.

Dari hasil pertemuan tersebut, Menpora Imam Nahrawi menjatuhkan sanksi bagi Persija dan suporternya, The Jakmania. Apa isi sanksi tersebut? Saksikan jawabannya dalam video Indonesia wRap berikut:

 

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!