Daftar lengkap peraih medali bulu tangkis di Olimpiade Rio 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Daftar lengkap peraih medali bulu tangkis di Olimpiade Rio 2016
Siapa atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih medali di Olimpiade Rio 2016? Dan siapa saja peraih medali lainnya?

JAKARTA, Indonesia —  Cabang olahraga bulu tangkis selalu menjadi sorotan bagi masyarakat di Indonesia. 

Setiap tahunnya, sejak 1992 dan kecuali 2012, bulu tangkis selalu menyumbangkan medali untuk negara kita.

Di Olimpiade Rio 2016, Indonesia juga berharap banyak pada cabang bulu tangkis untuk menunjukkan prestasi serupa.

Namun perjuangan tersebut tidak akan mudah, mengingat para rival juga terus berkembang setiap tahunnya.

Siapa atlet bulu tangkis Indonesia yang berhasil meraih medali di Olimpiade Rio 2016? Dan siapa saja peraih medali lainnya?

Berikut daftar lengkapnya:

Sabtu, 20 Agustus

Tunggal putra — medali emas: Chen Long (CHN)

Tunggal putra — medali perak: Lee Chong Wei (MAS)

Pebulu tangkis nomor dua dunia berhasil mengalahkan atlet nomor satu di dunia. Chen Long sukses menggagalkan mimpi Lee Chong Wei meraih medali emas nomor tunggal putra bulu tangkis Olimpiade Rio dalam dua set langsung 21-18, 21-18.

Pertandingan berjalan ketat, secara kedua atlet memiliki skill level yang setara. Namun Lee Chong Wei tampaknya tidak tampil dalam performa terbaiknya, mengingat sehari sebelumnya ia menumbangkan favorit juara, Lin Dan.

Chen Long sebelumnya meraih medali perunggu pada Olimpiade London 2012, di belakang Lin Dan dan Lee Chong Wei. Namun hari ini, pemain yang dijuluki “Little Lin Dan” itu berhasil mencetak sejarah baru dan memperbaiki nasibnya.

Ia langsung tergeletak dan menangis ketika Lee Chong Wei memukul keluar dan menandakan keluar. Raut wajah Lee Chong Wei terlihat kecewa namun ia mendapat medali perak.

Tunggal putra — medali perunggu: Viktor Axelsen (DEN)

Viktor Axelsen menangis saat meraih medali perunggu nomor tunggal putra bulu tangkis Olimpiade Rio 2016.

Favorit juara tunggal putra bulu tangkis, Lin Dan, kembali kalah. Atlet Denmark, Viktor Axelsen, mengalahkan atlet Tiongkok itu dengan skor 2-1 dalam pertandingan selama 70 menit.

Axelsen langsung menitikkan air mata begitu Lin Dan gagal mengembalikan serangan. Ia merupakan pemain pertama dari luar benua Asia yang mendapatkan medali sejak 1996.

Sementara Lin Dan, harus gagal meraih medali dalam Olimpiade tahun ini, setelah ditaklukkan oleh Lee Chong Wei pada partai semifinal sebelumnya.

(BACA: Lee Chong Wei balas dendam, Lin Dan tersingkir di Olimpiade Rio)

 

Ia sebelumnya mendapat emas dua kali di Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012. Keduanya dengan mengalahkan Lee Chong Wei.

Jumat, 19 Agustus

 

Ganda putra – medali emas: Fu Haifeng/Zhang Nan (CHN)

 

Ganda putra – medali perak: Goh V Shem/Tan Wee Kiong (MAS)

 

Pasangan ganda putra Tiongkok Fu Haifeng/Zhang Nan berhasil meraih medali emas setelah mengalahkan pasangan Malaysia Goh V Shem/Tan Wee Kionglewat tiga set (16-21, 21-11, 23-21)

 

Sempat kalah di set pertama, pasangan Tiongkok membalikkan keadaan di set kedua. Pada set penentuan yang berlangsung ketat, Fu Haifeng/Zhang Nian akhirnya dapat mengalahkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan membuat lagu kebangsaan Tiongkok kembali berkumandang di Olimpiade Rio.

 

Tunggal putri – medali emas: Carolina Marin (ESP)

Tunggal putri – medali perak: P. V. Sindhu (IND)

Tunggal putri – medali perunggu: Nozomi Okuhara (JPN)

Pebulutangkis nomor satu dunia nomor tunggal putri Carolina Marin berhasil merebut medali emas setelah mengalahkan atlet India, P. V. Sindhu lewat tiga set (19-21, 21-12, 21-15). 

Atlet Spanyol tersebut sempat kalah di set pertama, namun berhasil unggul di dua set terakhir.

Sementara, tunggal putri Jepang, Nozomi Okuhara, mendapatkan medali perunggu setelah atlet Tiongkok Li Xuerui menyatakan walkout.

 

Kamis, 18 Agustus

Ganda putri – medali emas: Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi (JPN)

Ganda putri – medali perak: Christinna Pedersen/Kamilia Rytter Juhl (DEN)

Pasangan ganda putri nomor 1 dunia, Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 setelah mengalahkan pasangan Denmark Christinna Pedersen/Kamilia Rytter Juhl dalam pertandingan yang berlangsung tiga set (18-21, 21-9, 21-19).

Sempat kalah di set pertama, pasangan Jepang ini berhasil unggul di dua set berikutnya atas ganda putri nomor lima dunia tersebut.

Ganda putra – medali perunggu: Marcus Ellis/Chris Langridge (GBR)

Pasangan ganda putra Inggris Marcus Ellis/Chris Langridge berhasil mengalahkan pasangan Tiongkok Chai Biao/Hong Wei dalam pertandingan tiga set (21-18, 19-21, 21-10).

Unggul 21-18 di set pertama, pasangan nomor 22 dunia tersebut sempat kalah di set kedua dari pasangan Tiongkok yang merupakan pasangan nomor 5 dunia. Namun akhirnya Marcus Ellis/Chris Langridge berhasil menang di set penentuan.

Marcus Ellis/Chris Langridge gagal melaju ke babak final setelah kalah dari pasangan Tiongkok Fu Haifeng/Zhang Nan di babak semi final.

Ganda putri – medali perunggu: Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan (KOR)

Pasangan ganda putri Korea Selatan Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan berhasil mengalahkan Tang Yuanting/Yu Yang dan mendapatkan medali perunggu.

Pertandingan perebutan juara tiga tersebut selesai dalam dua set, dengan skor 21-8 dan 21-17.

Rabu, 17 Agustus

Ganda campuran – medali emas: Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir (INA)

Ganda campuran – medali perak: Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (MAS)

Pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil membawa pulang emas dari Rio setelah menaklukkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dua set langsung.

Medali tersebut merupakan satu-satunya emas yang berhasil dibawa pulang Indonesia dari Olimpiade Rio 2016.

Ganda campuran – medali perunggu: Zhang Nan/Zhao Yunlei (CHN)

Pasangan ganda campuran Tiongkok Zhang Nan/Zhao Yunlei meraih medali perunggu setelah mengalahkan pasangan Tiongkok lainnya Xu Chen/Ma Jin dua set langsung (21-7, 21-11).

Zhang Nan/Zhao Yunlei gagal melaju ke final untuk perebutan medali emas setelah kalah dari pasangan Indonesia Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir pada babak semifinal.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!