Yuk, berburu tiket pesawat murah!

Yetta Tondang

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Yuk, berburu tiket pesawat murah!
Cermati beberapa trik untuk mendapatkan harga tiket pesawat murah untuk persiapan liburan akhir tahun

JAKARTA, Indonesia – Seiring waktu, minat khalayak untuk bepergian dan berlibur semakin meningkat. Beban pekerjaan, hiruk-pikuk lalu lintas, terutama di kota besar, membuat banyak orang membutuhkan waktu sejenak untuk berlibur.

Tapi salah satu kendala yang terkadang menghadang para penggila traveling adalah harga tiket yang cukup tinggi. Tak hanya tiket untuk tujuan luar negeri, tapi untuk tujuan dalam negeri pun terkadang harga tiket pesawat bisa melambung tinggi.

Tapi jangan khawatir, karena sebenarnya ada beberapa trik agar “perburuan” tiket pesawat murah bisa berjalan sukses. Berikut beberapa trik berburu tiket pesawat murah:

Siapkan semua data-data calon penumpang dan rencana perjalanan

Jika berburu tiket pesawat lewat website atau aplikasi, pastikan untuk sudah menyiapkan seluruh kelengkapan data calon penumpang. Pastikan terlebih dahulu, siapa yang akan bepergian bersama Anda dan lengkapi juga datanya.

Apabila ingin bepergian ke luar negeri, jangan lupa untuk memastikan semua data di paspor dan pastikan pula paspor masih berlaku.

Siapkan pula itinerary perjalanan. Ke mana tujuan Anda bepergian dan juga tanggal keberangkatan dan kepulangan. Pastikan Anda memiliki alternatif itinerary jika rencana atau rute awal tidak tersedia atau tidak sesuai budget.

Jangan berpikir terlalu lama. Karena biasanya, untuk tiket pesawat promo, harga bisa berubah sewaktu-waktu. Putuskan secepat mungkin.

Berlangganan newsletter, frequent flyer dan membership

Langkah ini terkadang dianggap sepele, namun sangat membantu jika Anda sering bepergian dengan biaya rendah. Trik ini akan sangat menolong untuk mendapatkan informasi jauh lebih dulu daripada publik secara umum.

Daftarkan nama dan data pribadi Anda ke banyak newsletter maskapai-maskapai penerbangan. Jika sering terbang dengan pesawat, manfaatkan mileage penerbangan Anda dengan mendaftar sebagai frequent flyer. Jika poin Anda mencukupi bisa langsung diubah ke mileage yang bisa idkumpulkan untuk terbang gratis.

Ada pula maskapai yang memberlakukan sistem membership. Keuntungannya, Anda akan selalu update mengenai promo-promo maskapai yang tengah berlangsung.

Biasanya, banyak maskpai yang memberlakukan sistem prioritas untuk mereka yang tercatat sebagai anggota atau terdaftar di newsletter.

Siapkan satu akun e-mail khusus untuk mendaftarkan data Anda ke banyak maskapai dan penyedia layanan traveling. Karena dengan begitu, Anda lebih fokus memilah-milah antara e-mail traveling dan e-mail lainnya.

Jangan membeli tiket mendadak

Biasanya, pihak maskapai akan menggelar promo menarik untuk keberangkatan sekitar delapan bulan hingga satu tahun ke depan. Segeralah sesuaikan rencana waktu keberangkatan Anda dengan baik.

Jika Anda menyasar tujuan luar negeri, sesuaikan pula dengan musim yang berlangsung di negeri tersebut. Jika Anda menuju negara empat musim, biasanya tiket di puncak musim dingin pasti dibanderol murah. Tapi jika Anda ingin merasakan pengalaman musim dingin, tentu akan menjadi kesempatan yang sulit untuk dilewatkan. 

Pilih penerbangan di hari Rabu

Percaya atau tidak, ada pendapat di kalangan traveler bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan tiket murah adalah ketika Anda terbang di hari Rabu. Tidak ada alasan jelas mengapa harga tiket di hari Rabu cenderung lebih murah dari hari lainnya.

Tapi jika diamati lebih lanjut, hari Rabu adalah pertengahan minggu. Dan rata-rata jumlah kursi pesawat yang kosong di hari Rabu sangat tinggi. Karena banyaknya kursi kosong tersebut, maka tak jarang maskapai menurunkan harga di seluruh penerbangan di hari Rabu.

Pihak maskapai mau tak mau harus melepas harga murah untuk kursi kosong demi mengisi kursi-kursi tersebut.

Usahakan membeli tiket terpisah, tidak rombongan

Trik ini sangat berguna untuk mengurangi pengeluaran dalam belanja tiket pesawat. Jika memang Anda berencana untuk bepergian bersama beberapa ornag, pastikan Anda tidak memesan tiket secara bersamaan dalam rombongan. Pesanlah tiket satu per satu.

Misalnya, Anda akan berangkat bersama dua orang lainnya. Jangan memasukkan jumlah penumpang secara bersamaan untuk 3 pax. Lebih baik beli satu per satu secara terpisah.

Jika memungkinkan, gunakan gadget dengan IP address yang berbeda untuk setiap pemesanannya. Hal ini akan membuat harga akan stabil dan cenderung lebih murah.

Kunjungi Travel Fair

Memasuki kuartal pertama dan terakhir setiap tahunnya, biasanya banyak digelar ajang travel fair, terutama di kota besar. Bagi Anda yang tidak mau repot mencari tiket sendiri, ini adalah ajang yang tepat untuk berburu tiket murah.

Tak sedikit maskapai menawarkan beragam potongan harga dan keuntungan-keuntungan lain selama penyelenggaraan travel fair. Bahkan ada yang sampai pernah memberikan diskon hingga 50 persen.

Biasanya, Anda akan mendapatkan deal lebih menarik dan lebih hemat jika membeli tiket pesawat sekaligus paket tur di travel fair. –Rappler.com  

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!