Berita hari ini: Minggu, 25 September 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Minggu, 25 September 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Minggu, 25 September 2016

Citilink akan buka rute penerbangan ke Papua

Maskapai berbiaya rendah, Citilink, akan membuka rute penerbangan baru ke Papua untuk memperluas pasar di wilayah Indonesia timur.

“Selama ini Citilink banyak terbang di daerah barat dan tengah, kita sangat kurang ke daerah timur. Dengan pesawat baru ini kita ingin memperkuat konektivitas dari timur ke barat,” kata Direktur Keuangan Citilink Indonesia Mega Satria, pada Minggu.

Hal itu disampaikan di sela-sela penyambutan pesawat Airbus A320 ke-40 Citilink, di hanggar 4 PT Garuda Maintenance Facilities (GMF), di Bandara Soekarno-Hatta.

Diharapkan dengan perluasan layanan hingga ke wilayah timur tersebut dapat membantu pemerintah dan masyarakat untuk bepergian di dalam negeri serta membantu mempromosikan pariwisata dengan memudahkan konektivitas antar daerah. 

“Tentunya kita juga ingin memperluas pangsa pasar di pasar domestik karena saat ini kita baru berkisar 14 sampai 15 persen,” katanya. Selengkapnya di Antara.

Megawati jadi juru kampanye PDI-P di Pilkada 2017

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Ahok dan Djarot bersama Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kantor KPU DKI Jakarta, pada 21 September 2016. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan menjadi juru kampanye utama partainya di 7 provinsi pada Pilkada serentak 2017. 

“Ibu Megawati akan ‘turun gunung’ menjadi juru kampanye utama pada Pilkada di tujuh provinsi,” kata Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto, pada Minggu.

Ketujuh provinsi yang menyelenggarakan Pilkada meliputi Aceh, Bangka Belitung, Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Masa kampanye akan berlangsung pada 28 Oktober 2016 hingga 11 Februari 2017, sedangkan pemungutan suara pilkada serentak pada 15 Februari 2017.

PDI-Perjuangan juga akan menampilkan kadernya yang populer dan dinilai berhasil memimpin daerah seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Selengkapnya di Antara.

Istana bantah intervensi keputusan Gerindra mengusung Anies dalam Pilkada DKI

Pasangan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno (kedua kiri) saat akan menjalani tes kesehatan di RSAL Mintohardjo, pada 24 September 2016. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Istana Kepresidenan melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno membantah telah mengintervensi tahapan pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Kami menegaskan Menteri Sekretaris Negara Pratikno tidak pernah bertemu Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon, ataupun pemimpin lain Partai Gerindra,” kata Asdep Humas Kementerian Sekretaris Negara Masrokhan dalam keterangan tertulis, Minggu, Jakarta, Minggu.

“Terlebih untuk membicarakan apalagi mengintervensi proses penentuan pasangan calon peserta Pilkada DKI Jakarta yang akan diusung Partai Gerindra sebagaimana diberitakan sejumlah media online tersebut,” katanya.

Sebelumnya diberitakan mengenai Istana yang keberatan dengan pencalonan Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI oleh Partai Gerindra dan PKS. Selengkapnya di Antara.

Satu orang meninggal dunia akibat longsor di Banjarnegara

Satu orang meninggal dunia akibat tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, pada 25 September 2016. Foto dari Twitter/BNPB

Satu orang, Nurhaidin (21 tahun), meninggal dunia akibat tanah longsor di Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Minggu pagi, 25 September.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan tanah longsor yang menimpa rumah Sugianto (57 tahun) terjadi pada Minggu pagi yang dipicu oleh hujan lebat sejak sehari sebelumnya.

Saat longsor terjadi, Nurhaidin yang merupakan anak Sugianto sedang memperbaiki saluran air di belakang rumah. Tanpa disadarinya, tebing setinggi 15 meter dan lebar 40 meter yang tepat di belakang rumahnya longsor dan menimbun rumah Sugianto beserta korban yang sedang memperbaiki saluran air. 

“Kami mengimbau masyarakat Banjarnegara untuk meningkatkan kewaspadaan karena berdasarkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) musim hujan kali ini masih dipengaruhi La Nina sehingga curah hujannya diprakirakan lebih tinggi dari kondisi normal,” kata Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara Catur Subandrio. Selengkapnya di Antara.

Pasca roboh, semua JPO di DKI Jakarta akan dievaluasi

TIM PEMADAM KEBAKARAN. Otoritas berwenang mengirimkan 3 unit tim pemadam kebakaran untuk mengevakuasi korban dan reruntuhan agar jalanan terowongan bisa dilalui kembali oleh kendaraan. Foto oleh Diego Batara/Rappler

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan semua jembatan penyebarangan orang (JPO) di wilayah DKI Jakarta akan dievaluasi.

“Pasti, nanti akan dievaluasi,” kata Andri pada Minggu, 25 September.

Sebelumnya, pada Sabtu, 24 September, JPO di Jalan Raya Pasar Minggu roboh sekitar pukul 15:20 WIB. Empat orang meninggal dunia dan enam lainnya terluka karena peristiwa itu.

Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama, beberapa jam setelah peristiwa itu, menulis di Twitter bahwa akan mengevaluasi pemasangan reklame di JPO.

“Mohon maaf dan turut berduka atas jatuhnya korban di rubuhnya JPO Pasar Minggu, ke depan kami akan evaluasi pemasangan reklame iklan di JPO,” kata Ahok melalui akun Twitter @basuki_btp. Selengkapnya di Antara. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!