Anies dan Agus curi start kampanye? Ini kata KPUD Jakarta

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Anies dan Agus curi start kampanye? Ini kata KPUD Jakarta
Anies Baswedan menyapa warga Jatinegara, Agus Harimurti mengikuti lomba lari.

JAKARTA, Indonesia – Masa kampanye pemilihan kepala daerah DKI Jakarta belum dimulai. Para kandidat pun masih berstatus “bakal calon”. Namun sejumlah kandidat sudah mulai menebarkan pesonanya dengan mengunjungi calon pemilih.

 

Bakal calon gubernur dari Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anies Baswedan, misalnya, turun ke Jatinegara pada 30 September untuk menyapa warga di sana.  Sementara bakal calon gubernur dari koalisi Cikeas, Agus Harimurti Yudhoyono, mendadak mengikuti lomba lari bertajuk “Tjating Fun Run” pada Minggu, 2 September.

 

Apakah kedua bakal calon gubernur ini telah mencuri start kampanye? Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Sumarno ternyata tak berpendapat demikian. Menurutnya apa yang dilakukan para bakal calon gubernur itu hanya sebatas memperkenalkan diri.

 

“Kampanye dimulai 28 Oktober. Sebelum ditetapkan sebagai calon, boleh saja mereka memperkenalkan diri kepada masyarakat,” kata Sumarno di Jakarta, Senin 3 Oktober 2016.

 

Saat ini KPUD Jakarta telah menutup pendaftaran bakal calong gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Dalam pendaftaran yang berlangsung 21-23 September itu terjaring tiga pasangan calon, yakni Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

 

Ketiga pasangan ini telah mengikuti tes kesehatan dan KPUD Jakarta menyatakan ketiga pasangan ini lolos. Selanjutnya KPUD Jakarta akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diserahkan kepada KPUD saat pendaftaran pasangan calon.

 

Penetapan pasangan kandidat sebagai calon gubernur dan gubernur DKI 2017 baru akan dilakukan pada 24 Oktober 2016. Setelah itu barulah masa kampanye resmi akan dimulai. —dengan laporan ANTARA/Rappler

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!