LIVE BLOG: Kampanye damai Pilkada DKI 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LIVE BLOG: Kampanye damai Pilkada DKI 2017
Ketiga pasang calon akan menandatangani prasasti kampanye damai sebagai tanda kesiapan berlaga di Pilkada DKI 2017

JAKARTA, Indonesia – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar deklarasi kampanye damai untuk mengawali masa kampanye pada Pilkada DKI tahun depan. Kampanye damai digelar pada Sabtu, 29 Oktober di Silang Monas, Jakarta Pusat.

Deklarasi rencananya dihadiri oleh partai politik pengusung masing-masing pasangan cagub dan cawagub, tim kampanye, dan sekitar 300 anggota tim pendukung. Di bagian akhir deklarasi damai, ketiga pasang calon akan menandatangani prasasti kampanye damai yang menandakan kesiapan mereka berlaga di Pilkada DKI 2017.

“Prasasti menandakan ketiga pasang calon siap untuk menang dan kalah, serta siap mewujudkan Jakarta damai,” ujar Ketua KPU DKI, Sumarno di kantornya pada Jumat, 21 Oktober.

Kampanye damai, kata Sumarno, juga merupakan komitmen ketiga pasangan cagub dan wagub serta partai politik pendukung agar melaksanakan kampanye sesuai aturan. Rappler Indonesia akan melaporkan secara langsung bagi kamu yang tidak menyaksikan penyelenggaraan kampanye damai ini. 

Berikut detik-detik penyelenggaraan deklarasi kampanye damai Pilkada 2017:

10:33 WIB – Masing-masing paslon dan pendukungnya tengah bersiap-siap menaiki kendaraan pawai dan berkeliling hingga ke Bunderan HI lalu kembali lagi ke Silang Monas. 

10:22 WIB – Usai membacakan janji kampanye damai, ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur DKI membunyikan sirene yang menandakan waktu pawai telah dimulai.

09:45 WIB – Ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI membacakan deklarasi damai yang disaksikan para pendukung serta publik. 

09:20 WIB – Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Suntana meminta agar publik turut mendukung untuk kampanye damai yang akan dilakukan hingga bulan Februari mendatang

09:15 WIB – Plt Gubernur DKI, Sumarsono memastikan semua pejabat birokrasi di Provinsi DKI akan tetap netral. 

“Kalau di pemerintahan provinsi dan jajarannya ke bawah, kalau ada birokrasi yang tidak netral, maka akan dipecat,” ujar Sumarsono. 

09:00 WIB – Anggota Bawaslu, Nasrul, memperingatkan kepada semua pasangan calon dan tim sukses untuk tidak melakukan praktik uang. Dia berjanji jika ada anggotanya yang menerima uang dari timses atau paslon, maka mereka akan dipecat dalam jangka waktu 1X24 jam. 

“Begtitu juga bagi paslon, jika kami temukan ada yang melakukan praktik uang, maka kami tidak segan-segan untuk mendiskualifikasi mereka,” kata Nasrul. 

08:49 WIB – Anggota KPU Pusat,  Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan penyelenggara pemilu akan tetap mandiri dan independen. Dia juga mengingatkan karena Pilkada DKI pemilu regional yang paling banyak disorot, maka harus dapat menjadi contoh bagi provinsi yang lain. 

08:45 WIB – Ketua KPU DKI, Sumarno, mengatakan alasan digelarnya deklarasi kampanye damai karena dalam pilkada kali ini terlihat perbedaan di antara paslon malah menjadi pemicu perpecahan. 

“Oleh sebab itu kita perlu mendeklarasikan bahwa kita bertekad untuk mewujudkan kampanye yang damai,” ujar Sumarno. 

Dia juga berharap agar kota Jakarta tidak dirusak dengan materi promosi pemilu. 

“Jangan karena Pilkada, kota kita menjadi tidak indah dan kotor. Tidak menempel di pohon-pohon,” kata dia lagi. 

07:49 WIB – beberapa kandidat gubernur seperti Agus Harimurti, Anies Baswedan, Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dan Djarot Syaiful sudah tiba di lokasi. Agus mengatakan deklarasi damai menandakan komitmen dari ketiga paslon untuk berkampanye sesuai aturan yang ditetapkan KPU.

Sementara, Anies kembali mengenalkan salam yang menjadi trade mark bersama wagub Sandiaga Uno yakni salam bersama. 

“Artinya, kami ingin menunjukkan rasa hormat dan persahabatan,” ujar Anies yang ditemui di Silang Monas. 

Ahok ingin mengkampanyekan agar tidak ada pihak-pihak yang merusak Jakarta hanya karena perebutan kursi gubernur. Dia menyebut semua yang telah dicapai oleh Jakarta, khususnya di bidang perekonomian telah melebihi standar nasional. 

“Pertumbuhan ekonomi Jakarta saat ini di atas pertumbuhan ekonomi nasional, inflasi di bawah nasional. Jakarta sudah bersih dan aman, kenapa harus dirusak, gara-gara kursi gubernur?” ujar Ahok. 

07:35 WIB – KPU DKI masih terus melakukan persiapan terakhir deklarasi kampanye damai yang diselenggarakan di Silang Monas. Kendaraan pawai yang akan digunakan oleh kandidat sudah berada di lokasi. 

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!