FOTO: Pasar Senen terbakar

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Pasar Senen terbakar

ANTARA FOTO

Setidaknya 500 kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, hangus terbakar

JAKARTA, Indonesia — Setidaknya 500 kios di Pasar Senen, Jakarta Pusat, hangus terbakar, pada Kamis dini hari, 19 Januari.

Meski demikian, hingga tulisan ini diturunkan belum ada laporan korban luka maupun korban jiwa akibat kebakaran tersebut.

Foto oleh Yudhi Mahatma/Antara

“Dari laporan sementara 500 kios terbakar. Memang ada kesulitan pemadaman, karena api merambat di lantai III atau bagian atas,” kata Kepala Kepolisian Resor Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Dwiyono saat meninjau lokasi kebakaran, Kamis pagi.

Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

Ia mengatakan hingga pukul 08:00 WIB petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat masih berusaha memadamkan api di Blok III yang menghadap ke arah timur dan sebagian Blok I dan II Pasar Senen.

Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

Petugas juga menambah jumlah mobil pemadam dari 27 menjadi 45 unit untuk memadamkan api yang membakar pasar tersebut. Mereka sempat kesulitan memadamkan api, namun akhirnya berhasil memadamkan api yang membakar Blok III Pasar Senen yang menghadap ke selatan. 

Blok III Pasar Senen yang menghadap ke selatan paling parah terdampak kebakaran. Lantai III di Blok III Pasar Senen yang menghadap ke selatan sudah hangus terbakar.

Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

Namun hingga kini, belum dapat disimpulkan penyebab kebakaran. Polisi masih menunggu api padam seluruhnya untuk memulai penyelidikan.

Perwira Piket Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Pusat, Syarifudin, mengatakan kebakaran dimulai dengan api yang muncul dari lantai satu pada Kamis dini hari. Api itu kemudian merambat ke beberapa lantai di atasnya hingga ke lantai tiga.

Pedagang menyelamatkan barang-barangnya dari lokasi Blok I dan Blok II Pasar Senen yang terbakar. Foto oleh Widodo S. Jusuf/Antara

“Api awalnya terlihat di lantai satu, kemudian membesar dan paling terdampak sekarang di lantai tiga,” kata dia.

Syarifudin mengatakan bahwa sejak pukul 04:15 WIB petugas berjibaku memadamkan api. Pintu gerbang lantai satu yang masih terkunci rapat menyulitkan petugas untuk masuk ke gedung guna memadamkan api.

Foto oleh Widodo S Jusuf/Antara

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!