Tiga pendaki tewas tersambar petir di Gunung Prau Dieng

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Tiga pendaki tewas tersambar petir di Gunung Prau Dieng
Evakuasi korban berlangsung hingga hampir tengah malam

JAKARTA, Indonesia — Kesedihan langsung menyeruak ketika janazah Aditya Agung Darmawan tiba di rumah duka di Jalan Cipinang Muara II, Pondok Bambu, Jakarta Timur, Senin pagi, 24 April 2017.

Aditya Agung adalah satu dari tiga pendaki gunung yang tewas tersambar petir saat sedang mendaki Gunung Prau, Dieng, Jawa Tengah, pada Minggu siang kemarin.

Dua pendaki yang tewas lainnya yakni Deden Hidayat Maulana (31) dan Adi Setiawan (31). Deden adalah warga Depok, Jawa Barat. Sementara Adi adalah warga Duren Sawit, Jakarta Timur.

“Mereka dibawa pulang keluarganya dengan menggunakan mobil ambulans dari Wonosobo,” kata Komandan SAR Kabupaten Wonosobo Muhail, di Wonosobo, Senin 24 April 2017.

Aditya Agung diketahui mendaki Gunung Prau bersama 10 pendaki lain pada Minggu, 23 April 2017. Saat itu, sekitar pukul 15.00 WIB, Gunung Prau sedang diguyur hujan cukup deras.

Aditya dan kawan-kawannya diketahui tiba di Base Camp Gunung Prau di Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo sekitar pukul 14.00 WIB. 

Meski hujan masih turun, rombongan pendaki ini memutuskan untuk melanjutkan perjalanan. Lalu, ketika mereka tiba di dekat Tower Kawasan Gunung Prau, insiden itupun terjadi.

Petir menyambar mereka, membuat Aditya, Hidayat, dan Adi Setiawan tewas. Dua pendaki lainnya mengalami cedera serius, dan enam sisanya selamat dari sambaran petir. 

Tanah becek dan medan yang terjal membuat proses evakuasi terhadap 11 pendaki ini berlangsung hingga hampir tengah malam. Mereka kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Umum Kabupaten Wonosobo.   

Pagi tadi, jenazah Aditya Agung telah kembali ke rumahnya. Rencananya Aditya akan dimakamkan siang ini juga di TPU Tanah Wakaf Gotong Royong. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!