Batal ajukan banding, Ahok: Gusti ora sare

Ursula Florene

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Batal ajukan banding, Ahok: Gusti ora sare
"Saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini.”

JAKARTA, Indonesia — Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama batal mengajukan banding atas vonis 2 tahun yang ia terima dari Pengadilan Negeri Jakarta Utara dalam kasus penodaan agama.

Ahok menuliskan alasan dirinya batal mengajukan banding dalam selembar surat yang ia tulis sendiri di Markas Komando Brimob, Depok, Kelapa Dua, Jawa Barat, pada Minggu, 21 Mei lalu.

Surat tersebut kemudian dibacakan oleh istrinya Veronica Tan dalam jumpa pers yang digelar di sebuah restoran di kawasan Jakarta Pusat, Selasa 23 Mei 2017.

Dalam surat tersebut, Ahok mengatakan dirinya telah memikirkan apa yang telah menimpanya sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima yang dialaminya.

“Saya tahu tidak mudah bagi saudara menerima kenyataan ini. Apalagi saya. Tetapi saya telah belajar mengampuni dan menerima semua ini,” tulis Ahok dalam surat tersebut.

Keputusannya untuk tidak mengajukan banding juga karena Ahok tak ingin para pendukungnya terus-menerus menggelar unjuk rasa. “Saya khawatir banyak pihak akan menunggangi jika para relawan unjuk rasa,” tulisnya.

Ia pun meminta para pendukungnya untuk menerima keputusan ini, meskipun terasa berat. “Mari kita tunjukkan kalau kita percaya Tuhan tetap berdaulat dan pegang kendali setiap bangsa.” 

Sebelum menutup suratnya, Ahok meminta para pendukung dan relawannya untuk tetap merawat kebhinekaan dan saling mengasihi. “Gusti ora sare, put your hope in the Lord. Now and always,” tulisnya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!