YLKI: Waspadai umrah murah

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

YLKI: Waspadai umrah murah
Lebih dari 100 ribu calon jemaah umrah masih belum diberangkatkan

JAKARTA, Indonesia —  Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengingatkan masyarakat agar tak tergiur umrah berbiaya murah. Sebab saat ini banyak biro umrah bermasalah. 

“Saat ini lebih dari 100 ribuan calon jemaah umrah masih mangkrak, belum diberangkatkan,” demikian pernyataan tertulis YLKI yang diterima Rappler, Minggu 11 Juni 2017.

YLKI menghitung saat ini ada 770-an biro umrah yang mengantogi izin dari Kementerian Agama. Namun kinerja biro umrah terdaftar ini tak selalu baik. Ini bisa dilihat dari banyaknya aduan jemaah umrah yang masuk ke YLKI. 

Per 06 Juni, YLKI  mencatat setidaknya ada 6.778 pengaduan calon jemaah umrah dari 6 biro umrah, yaitu: First Travel (3.825), Hannien Tour (1.821), Kafilah Rindu Ka’bah (954), Komunitas Jalan Lurus (122), Basmalah Tour and Travel (33) dan  Zabran dan Mila Tour (24).

Aduan-aduan tersebut telah dilaporkan oleh YLKI ke Kementerian Agama pada 24 Mei 2017. Namun hingga kini belum mendapatkan respon. “Jika dalam satu minggu ke depan Kemenag belum merespon, YLKI akan mengadukan Kemenag ke Ombudsman RI,” tulis YLKI. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!