Nostalgia masa kecil Obama di Candi Prambanan

Mustafa

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Nostalgia masa kecil Obama di Candi Prambanan

ANTARA FOTO

Saat kecil, Obama pernah berfoto di Candi Nandi

YOGYAKARTA, Indonesia — Mantan Presiden Amerika Serikat  Barack Obama sejatinya tak asing dengan Candi Prambanan yang berdiri di Sleman, Yogyakarta. Sebab ia pernah bermain-main di Candi Prambanan saat kecil dulu. 

Obama pun masih mengingat jelas kenangannya di Candi Prambanan. Saat mengelilingi Kompleks Candi Prambanan pada Kamis pagi tadi, Obama sempat berhenti di Candi Nandi. Saat itu ia berkata jika dirinya pernah berfoto di Candi Nandi saat masih kecil. 

“Beliau (Obama) sempat mengatakan waktu kecil pernah foto di sini. Foto dengan Candi Nandi. Ini kali ke dua (Obama) ke Prambanan,” kata Manggar Sari Ayu Wati, pemandu wisata Obama, Kamis 29 Juni 2017. 

Selain Candi Nandi, Obama juga berkeliling di candi utama lain, yakni Candi Shiwa, Candi Brahmana, dan Candi Wisnu. Kemudian,  Manggar melanjutkan, Obama juga mengelilingi semua relief dan mencermatinya dengan seksama. 

Salah satu relief yang Obama cermati yakni relief Agastya di Candi Siwa. Menurut Manggar, Obama terlihat senang dengan relief Agastya di Candi Siwa. 

Kepada Obama, Manggar menjelaskan bahwa Agastya merupakan sosok berjenggot panjang sekaligus seorang resi yang bijaksana. “Obama di Candi Siwa sekitar 15 menit,” ujar Kepala Unit Candi Prambanan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta ini. 

Menurut Manggar, sesekali Obama mengajak berbincang putrinya. Ia memperkirakan, Obama memberikan penjelasan kepada putrinya mengenai nilai-nilai penting yang ada di Candi Prambanan. 

“Hubungan Obama dengan keluarganya akrab. Michelle Obama dan putri banyak mengikuti tapi lebih banyak diam. Obama yang terlihat semangat,” ujarnya. 

Setelah berkeliling satu jam lebih, Manggar menambahkan, Obama memberikan kesan Candi Prambanan sangatlah bagus dan indah. Selain itu, candi yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu sangat megah. 

Menjelang akhir berwisata di sana, Manggar dan Obama sempat terlibat percakapan dengan bahasa Indonesia. Kepada Manggar, Obama berkata, “Terima kasih. Sorry, capai lelah.” Lalu, Manggar menjawab, “Anda kelihatan capai sekali.” 

Dari kunjungan wisata Obama, Manggar memiliki harapan besar. Ia berharap Obama menyampaikan nilai-nilai penting yang diperoleh di Candi Prambanan ketika menjadi pembicara dalam pertemuan Diaspora Jawa di Jakarta nanti. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!