FOTO: Diplomasi nasi goreng ala SBY untuk luluhkan Prabowo

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

FOTO: Diplomasi nasi goreng ala SBY untuk luluhkan Prabowo
Prabowo memuji rasa nasi goreng langganan SBY yang menyaingi nasi goreng Hambalang

JAKARTA, Indonesia – Pertemuan politik antara Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto akhirnya terealisasi pada Kamis malam, 27 Juli di Puri Cikeas. Selaku tuan rumah, SBY menyajikan santapan makan malam bagi Prabowo.

Alih-alih menggunakan jasa katering, SBY justru memesan nasi goreng dan mi goreng gerobakan. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Hinca Panjaitan mengatakan mereka memang sengaja menyiapkan nasi goreng sebagai alat diplomasi untuk Prabowo.

“Diplomasi nasi goreng namanya. Nasi goreng itu kan sangat merakyat dan ini bisa di pinggir jalan juga, ya kan,” kata Hinca kepada media semalam di kediaman SBY.

Menurut Hinca, sajian nasi goreng sangat sesuai untuk menyambut kedatangan Prabowo. Apalagi cuaca di sana sempat diguyur hujan.

“Ya kan enak toh? Panas-panas, lagi laper-lapernya, kan hujan dan enak lagi nasi gorengnya. Ini penjual yang biasa kami tinggal kontak terus dateng. Kesukaannya Pak SBY dan kami semua,” kata dia lagi.

Nasi goreng yang dipesan untuk Prabowo tingkat pedasnya sedang. Sementara, penjual nasi goreng Ngawi Jatim itu menyiapkan menu yang asing dan pedas untuk Presiden ke-6 tersebut.

Rupanya, nasi goreng yang disajikan untuk Prabowo sudah menjadi langganan SBY sejak tahun 2009 lalu. Untuk pertemuan semalam, mereka diminta untuk membuat 80 porsi nasi goreng.

Lalu, berhasil kah diplomasi SBY? Prabowo rupanya luluh. Ia pun sepakat menolak pengesahan UU Pemilu yang dilakukan di gedung DPR pada 20 Juli lalu.

Mantan Komandan Jenderal Kopasus itu juga memuji kualitas nasi goreng langganan SBY. Ia menyebut rasanya lebih enak ketimbang yang sering disantapnya di Hambalang.

“Saya akui secara jujur, nasi goreng ini menyaingi nasi goreng Hambalang. Berarti, intelnya Pak SBY masih kuat. Beliau tahu kelemahan Pak Prabowo itu nasi goreng. Asal diberi nasi goreng, maka Pak Prabowo akan langsung setuju begitu saja,” katanya yang disambut tawa.

Berikut beberapa foto yang berhasil diabadikan dari pertemuan SBY dengan Prabowo:

TERTUTUP. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan tertutup di ruang perpustakan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto diambil dari akun Twitter @fadlizon

BERTEMU. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) melakukan salam komando dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) seusai mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 27 Juli. Foto oleh ANTARA

BERBINCANG. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) sebelum mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 27 Juli. Foto oleh Indrianto Eko Suwarso/ANTARA

SALAM HORMAT. Ketua Umum Partai Gerindra memberi hormat kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono sebelum meninggalkan Puri Cikeas pada Kamis malam, 27 Juli. Foto diambil dari akun Twitter Umar Syadat

JABAT TANGAN. Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) sebelum mengadakan pertemuan tertutup di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 27 Juli. Foto oleh Indrianto Eko Suwarso/ANTARA

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!