Jelajahi Keindahan Filipina Di 3 Lokasi Ini

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jelajahi Keindahan Filipina Di 3 Lokasi Ini
Tahun baru merupakan salah satu waktu yang tepat untuk kita berwisata dengan waktu yang lumayan panjang. Jika belum menentukan destinasi liburan, cobain deh ke Filipina!

Sebentar lagi akhir tahun, nih. Pasti banyak yang mulai merencanakan liburan akhir tahun yang seru baik dengan keluarga ataupun dengan sahabat tercinta. Ya, tahun baru merupakan salah satu waktu yang tepat untuk kita berwisata dengan waktu yang lumayan panjang.

Jika belum menentukan destinasi liburan, cobain deh ke Filipina. Ada 3 lokasi di Filipina untuk kalian yang memiliki minat berbeda-beda yang wajib dikunjungi di Filipina:

Manila, untuk Si Pecinta Wisata Kota Tua

Banyak yang bilang ibukota Filipina ini mirip dengan Jakarta. Mulai dari macetnya sampai kepadatan penduduk. Tapi di Manila, banyak sekali bangunan warisan budaya yang dirawat dengan baik dan pastinya bikin betah mereka yang mencintai wisata kota tua.

Sebut saja Intramuros yang didirikan sejak tahun 1606 dan masih berdiri hingga saat ini. Intramuros merupakan distrik paling tua di Manila, dikelilingi tembok menyerupai benteng, bangunan di area ini masih digunakan secara aktif untuk kegiatan sehari-hari seperti bank, hotel, gereja, dan lain sebagainya. Intramuros merupakan saksi perkembangan sejarah Filipina bahkan sejak masa penjajahan Spanyol. Gereja San Agustin yang merupakan gereja tertua di Fiipina dan telah diresmikan menjadi warisan budaya oleh UNESCO juga berada di area ini.

Di sebelah Intramuros, ada Rizal Park. Taman ini dibangun untuk mengenang jasa seorang pahlawan nasional, Jose Rizal, yang dieksekusi mati di area ini di masa penjajahan Spanyol. Rizal Park juga menyediakan beberapa area rekreasi yaitu Open Air Auditorium, Manila Ocean Park, Children’s Playground, Manila Planetarium, dan Concert at the Park, calessa, tour guide.

Satu lagi wisata sejarah yang bisa dikunjungi adalah Istana Kepresidenan Malacanang. Kendati menjadi kediaman presiden, tapi sebagian besar area istana ini dibuka untuk umum setiap hari dan bisa dinikmati oleh wisatawan.

Keuntungan menikmati wisata kota tua selain menghargai sejarah, juga ada dari sisi biaya yang relatif lebih terjangkau.

Cebu, untuk Si Penikmat Festival

Sebagai negara dengan nilai kebudayaan yang tinggi, Filipina merupakan salah satu negara di Asia yang sarat festival sepanjang tahun. Salah satu provinsi di Filipina yang padat jadwal Festivalnya adalah Cebu. Terletak 1 jam penerbangan dari Manila, ibukota Filipina, Cebu merupakan provinsi dengan pendapatan nomor 2 terbesar setelah Manila. Cebu memang tak semegah Manila, tapi memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, terutama dengan jadwal festival yang tak kunjung usai sepanjang tahun.

Dimulai dari Festival Sinulog yang diadakan setiap minggu ketiga bulan Januari, festival ini adalah festival budaya dan keagamaan. Di hari itu, masyarakat dan wisatawan bisa menikmati aneka tarian di pusat kota Cebu. Festival yang dilakukan selama 9 hari berturut-turut ini kemudian ditutup dengan tarian terbesar yaitu Sinulog Grand Parade.

Ada pula Banig Festival yang dirayakan setiap bulan Juli. Banig sendiri merupakan semacam tikar yang terbuat dari anyaman pepohonan. Di festival ini ada tari-tarian di sepanjang jalan di mana penari memakai pakaian berbahan dasar banig, pameran produk yang terbuat dari banig serta kontes membuat Banig.

Itu baru 2 jenis festival yang ada di Cebu. Sepanjang tahun, ada lebih dari 10 festival yang dilaksanakan di Cebu! Buat kamu pecinta festival, budaya dan fotografi, pasti cocok banget berwisata ke Cebu.

Selain festival, buat kau penyuka kegiatan bawah air alias diving yang ekstrem, wajib banget mencantumkan Cebu sebagai salah satu tujuan diving. Di Cebu, kita bisa diving bareng whale shark alias hiu paus! Waktu terbaik untuk ‘berenang’ bareng hiu paus ini adalah di bulan Februari- April.

Boracay, untuk Si Pecinta Pantai dan Kehidupan Malam

Nah, satu lagi destinasi favorit di Filipina adalah Boracay. Pulau kecil yang terletak sekitar 300km di Selatan Manila ini memiliki kekhasan dengan pantainya yang berpasir putih. Saking indahnya, pulau ini berulang kali digelari sebagai best island oleh berbagai media.

Di Boracay, kita bisa menikmati 13 pantai yang sama indahnya. Dan asiknya, karena Boracay merupakan pulau yang kecil, letak satu pantai ke pantai lainnya relatif berdekatan. Jika kamu memiliki budget lebih, coba Punta Unga & Banyungan Beach yang dikelola oleh grup Shangri- La. Pantai ini semi privat karena hanya boleh dikunjungi oleh tamu mereka saja.

Tapi semua pantai sama indahnya kok! Dan kita bisa menikmati sunset dan sunrise di setiap sudut pantai dengan sama indahnya.

Hal berikutnya yang menarik dari Boracay adalah, kehidupan malamnya. Bisa dibilang, jika kamu menyukai kehidupan malam di pantai, Boracay adalah jawabannya. Yang seru, setiap bar atau club rajin membuat thematic event mulai dari foam party, neon party, dan seterusnya.

Waktu terbaik untuk menikmati Boracay adalah di bulan Mei. Mereka memiliki istilah Laboracay, atau Labor Day Boracay yaitu sebuah festival musim panas terbesar di pulau ini. Di bulan ini juga ada ‘Boracay International Dragon Boat Festival’ dan ‘International Beach Volleyball Tournament.’

Nah, itu adalah 3 dari banyak destinasi favorit di Filipina. Akan lebih menyenangkan kalau kita bisa travelling ke tempat yang sesuai dengan minat kita, kan?

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!