Deretan serial drama dan variety show Korea yang pernah syuting di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Deretan serial drama dan variety show Korea yang pernah syuting di Indonesia
Indonesia menjadi salah satu lokasi syuting yang sering dipilih oleh pelaku industri televisi Korea Selatan

JAKARTA, Indonesia – Saat ini, kru dan pendukung program televisi bergenre reality-dokumenter asal Korea Selatan yang berjudul Law of the Jungle (LOTJ) sedang melakukan syuting di Pulau Sumatera. Sumatera Barat dan Sumatera Utara pun dipilih sebagai lokasi syuting.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama tayangan televisi Korea memilih Indonesia sebagai lokasi syutingnya. Sudah beberapa judul film dan serial yang menampilkan keindahan Indonesia sebagai latar belakang lokasinya.

Ada yang benar-benar murni produksi Korea, tapi ada pula yang merupakan proyek kerjasama dua negara, Indonesia dan Korea.

Maraknya penggemar tayangan televisi Korea di Indonesia mungkin menjadi salah satu faktor yang membuat para pelaku industri televisi Korea memilih Indonesia sebagai lokasi syuting.

Mari menyimak daftar tayangan televisi Korea yang pernah melakukan syuting di Indonesia di bawah ini.

First Love a Royal Prince

Foto dari MBC.

Drama Korea yang tayang di tahun 2004 ini memilih Bali sebagai lokasi syutingnya. Selain Bali, proses syuting saat itu juga dilakukan di Jepang.

Banyak spot di Bali yang digunakan selama syuting serial ini. Mulai dari pantai, hotel hingga restoran paling populer saat itu.

Drama ini menceritakan kisah percintaan segitiga. Dan Bali diplih sebagai lokasi pertemuan tokoh Choi Gun Hee (diperankan Cha Tae Hyun), seorang pangeran arogan dengan seorang gadis biasa yang bernama Kim Yu Bin.

Memories in Bali

Foto dari SBS Korea.

Dari judulnya saja sudah bisa ditebak bahwa kebanyakan proses syuting serial ini dilangsungkan di Bali. Serial ini sempat booming di tahun 2004. Drama ini juga dikenal dengan beberapa versi judul seperti What Happened in Bali dan Something Happened in Bali.

Drama ini menceritakan tentang kisah seorang tour guide asal Korea yang bertemu denga tiga turis dari negaranya. Serial ini dibintangi jajaran aktor dan aktris ternama Korea seperti Jo In Sung, Ha Ji Won dan So Ji Sub.

Running Man

Kim Jong Kook, salah satu personel 'Running Man' saat syuting di Taman Safari, Bogor. Foto dari screen capture Running Man SBS.

Pertengahan 2014 lalu, ketujuh personel Running Man pernah datang ke Tanah Air. Kedatangan mereka untuk melaksanakan proses syuting tayangan variety show paling populer tak hanya di Korea tapi juga di dunia itu.

Bersama pesepakbola Park Ji Sung, personel Running Man datang dalam rangka perhelatan Asian Dream Cup yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan. Para personel Running Man berhadapan dengan tim sepak bola Indonesia yang terdiri dari pemain profesional dan selebriti.

Selain di Jakarta, Running Man juga melanjutkan proses syuting di Taman Safari, Bogor, Indonesia. Meski singkat, personel Running Man saat itu mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu lokasi syuting terbaik dan akan mereka ingat selamanya.

Saranghae, I Love You

Foto dari Indosiar.

Serial ini memang sejatinya adalah kerjasama produksi dua negara, Indonesia dan Korea. Tak heran, pemain pendukungnya pun berasal dari dua negara. Indonesia diwakili oleh aktris Revalina S. temat, sementara aktor Korea yang berperan di serial ini adalah Tim Hwang.

Dikisahkan, Tim Hwang yang memerankan tokoh Young Min yang pergi ke Indonesia karena konflik orang tuanya. Di Indonesia, ia bertemu dan jatuh hati pada karakter yang dimainkan Revalina S. Temat.

Syuting drama ini dilakukan di Bali, Jakarta dan Korea di tahun 2012 lalu.

Law of the Jungle

Syuting 'LOTJ' di Manado. Foto dari screen capture SBS.

Program televisi bergenre reality-dokumenter ini tengah menjalani proses syuting di Sumatera. Namun sebenarnya, sebelum Sumatera, LOTJ sudah lebih dulu menyambangi Manado. 

Sebelum Manado, di musim pertama penayangannya, LOTJ pernah pula datang ke Papua untuk melakukan proses syuting. Law of The Jungle adalah tayangan yang mengundang selebriti Korea untuk masuk ke pedalaman dan mengikuti cara hidup para penduduk asli di sana.

We Got Married

Pasangan dadakan Hong Jong Hyun dan Yura saat syuting 'We Got Married' di Bali tahun 2014 lalu. Foto dari MBC.

Tayangan variety show ini menyatukan dua selebriti sebagai pasangan dadakan yang diwajibkan menjalani aktivitas layaknya pasangan yang baru menikah. Hingga kini, tayangan ini masih aktif berjalan, meski episode terakhirnya tayang Oktober lalu.

Bali sempat menjadi lokasi syuting episode We Got Married saat pengambilan adegan bulan madu pasangan Gain, personel grup Brown Eyed Girl dan Jokwon, personel 2AM. Ada pula Hong Jong Hyun dan Yura yang juga pernah syuting serial ini di Bali tahun 2014.

Barefoot Friends

Foto dari screen capture SBS.

Tayangan reality-variety show ini pernah memilih Yogyakarta sebagai salah satu lokasi syuting mereka, tepatnya di bulan Mei 2013. Saat itu, personel Barefoot Friends seperti Kang Ho Dong, Yoon Jong Shin, Yoo Se Yoon, Kim Bum Soo, Kim Hyun Joong, Yoon Si Yoon, Euhyuk dan Uee ikut ke Yogyakarta.

Di kota ini, mereka harus mempelajari kebiasaan masyarakat lokal dan membantu mereka dalam keseharian. -Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!