5 trik sederhana untuk menghasilkan foto makanan yang Instagram-able

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 trik sederhana untuk menghasilkan foto makanan yang Instagram-able

Romy Palar - 087781096141

Gunakan pencahayaan yang lembut dan hindari background yang terlalu "ramai"

JAKARTA, Indonesia – Di era media sosial, semua penggunanya didorong untuk berbagi. Tak hanya berbagi pesan informasi dalam bentuk teks, tapi juga foto dan video.

Untuk urusan tren foto di media sosial, salah satu yang paling  banyak dilakukan adalah mengunggah foto makanan. Apalagi untuk pengguna Instagram. Berbagi foto yang menunjukkan menu atau masakan favorit sudah seperti hal yang umum dilakukan banyak kalangan.

Dengan kecanggihan teknologi smartphone dan kamera digital, tak butuh skill canggih untuk menghasilkan foto makanan yang Instagram-able. Tapi setidaknya, kamu menguasai beberapa unsur mendasar di fotografi yang bisa membantu menghasilkan foto terbaik.

Jurnalis foto sekaligus fotografer profesional, Romy Palar, berbagi trik sederhana namun jitu untuk menghasilkan foto makanan yang dijamin Instagram-able. Simak di bawah ini.

Pencahayaan

Ketika berbicara foto makanan, pencahayaan merupakan hal yang amat penting. Gunakan pencahayaan alami yang lembut dengan meletakkan makanan yang akan difoto di dekat jendela atau kamu bisa memotret di luar ruangan di saat hari sedang mendung.

Penggunaan cahaya alami yang lembut akan membuat foto makananmu seindah warna aslinya dan menghilangkan bayangan yang tidak perlu pada foto makananmu.

Apabila kamu memotret dengan kamera ponsel, wajib hukumnya untuk mematikan flash kamera ponsel, karena akan merusak warna dan tekstur foto masakan.

Foto oleh Romy Palar.

Komposisi

Bila memotret dengan kamera ponsel, hati hati bila memotret dari jarak dekat. Distorsi pada foto akan sulit dihindari. Untuk menghidarinya, kamu bisa memotret 45 derajat ke arah objek atau tegak lurus dari atas.

Yang penting, jangan pernah takut untuk banyak berkreasi dengan berbagai angle!

Background

Pastikan latar belakang foto makanan harus bersih dan simpel. Ingat, “tokoh utama” dalam foto makanan adalah hidangan itu sendiri. Jangan sampai latar belakang lebih menonjol dari makanan.

Penataan Makanan

Tatalah makanan yang akan difoto semenarik mungkin. Penataan yang menarik akan membuat tampilan foto lebih baik lagi. Jangan batasi diri dengan aturan-aturan baku. Berkreasilah sebebas mungkin. Mungkin juga bisa menambahkan beberapa properti yang setema dengan jenis makanan yang akan difoto.

Foto oleh Romy Palar.

Editing

Hati hati bila menggunakan aplikasi filter dalam mengedit foto. Tidak selamanya filter yang canggih bisa meng-upgrade kualitas foto. Jika tidak tepat digunakan, malah  bisa menurunkan kualitas tampilan foto.

Kalau sudah memotret dengan pencahayaan yang cukup, penggunaan filter di aplikasi ponsel sebenarnya tidak dibutuhkan lagi. Apabila tetap ingin menggunakan aplikasi untuk mengedit foto, cukup memanfaatkan fitur exposure, contrast dan saturasi.

Tunggu apalagi? Siapkan smartphone dan kamera dan mulailah abadikan foto makanan terbaikmu. Jangan lupa, share foto ke akun media sosial kami, ya! -Rappler.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!