Semifinal Piala AFF: Alasan di balik terpilihnya Stadion Pakansari

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semifinal Piala AFF: Alasan di balik terpilihnya Stadion Pakansari
Jaraknya yang tak sampai 50 km dari bandara terdekat dan kapasitasnya yang mencapai 30 ribu orang menjadi alasan utama

 

JAKARTA, Indonesia – Pembangunan Stadion Pakansari belum 100 persen rampung, masih ada lahan parkir dan taman yang belum sepenuhnya digarap sempurna.

Namun Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) memilih stadion yang terletak di Cibinong, Jawa Barat, itu sebagai tempat digelarnya ajang semifinal Piala AFF 2016. 

Penetapan stadion ini telah mendapat restu dari utusan AFF yang meninjau langsung stadion tersebut pada Senin, 28 November. Menurut mereka Stadion Pakasari cukup layak.

Meski lahan parkir dan taman masih belum 100 persen, namun AFF menilai fasilitas di dalam stadion, seperti tempat duduk tribun dan rumput lapangan, telah memenuhi syarat. 

Stadion yang baru berdiri pada 2015 lalu ini mengalahkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Manahan Solo yang juga menjadi kandidat tempat berlangsungnya semifinal Piala AFF 2016.

“Awalnya memang GBLA, tetapi kualitas rumput di sana tidak memungkinkan. Solo akan menjadi opsi ketiga,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ade Wellington.

Menurut Ade, Piala AFF 2016 masuk dalam kategori turnamen berkategori A, karena itu tempat penyelenggarannya pun harus mengikuti aturan yang ditetapkan untuk kategori tersebut.

FIFA, dalam aturannya, menyebutkan stadion untuk turnamen internasional harus berjarak maksimal 150 km dari bandara internasional terdekat. Jarak tempuh dari bandara menuju stadion juga tidak boleh dari 2 jam.

Syarat ini dipenuhi Stadion Pakansari. Sebab jarak stadion ini dengan Bandara Halim Perdanakusuma tak sampai 50 km. Bahkan jarak Stadion Pakansari dari Bandara Soekarno-Hatta di Banten, Jawa Barat, pun tak sampai 100 km.

“Stadion Pakansari masih baru, dan akses yang dekat dari Jakarta juga menjadi nilai tambah. Kualitas dan fasilitas Stadion ini juga bagus sesuai standard,” kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko seperti dikutip dari media.

Menurut Joko Driyono, selain jarak dari bandara, kapasitas Stadion Pakansari yang bisa menampung hingga 30 ribu penonton juga telah memenuhi standard FIFA. “Lay out stadionnya juga keren,” Driyono melanjutkan.

Timnas mulai berlatih

Meski laga semifinal baru akan berlangsung pada akhir pekan nanti, namun tim nasional Indonesia akan mulai berlatih di Stadion Pakansari pada hari ini, Selasa 29 November. 

“Rencananya latihan di Stadion Pakansari pukul empat sore,” kata asisten pelatih timnas Indonesia Wolfgang Pikal kepada media di Jakarta pada Senin, 28 November.

Andik Vermansah dan kawan-kawan memiliki waktu empat hari untuk bersiap diri sebelum menghadapi Vietnam di laga semifinal pertama kejuaraan dua tahunan paling bergengsi di Asia Tenggara ini.

Persiapan matang sangat dibutuhkan mengingat lawan yang dihadapi cukup berat. Vietnam adalah salah satu tim kuat di Asia Tenggara. Mereka, misalnya, meraih sembilan 9 poin dari 3 kali bertanding. Sedangkan Indonesia hanya meraih empat poin dari 3 pertandingan. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!