Bursa transfer sepak bola musim panas 2017/2018

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Bursa transfer sepak bola musim panas 2017/2018
Perkembangan terbaru dari bursa transfer awal musim 2017/2018

JAKARTA, Indonesia (Update) — Liga-liga sepakbola Eropa telah usai. Kini saatnya para klub kembali meramu strateginya dengan mencari pemain-pemain terbaik.

Siapa saja yang hengkang dan siapa yang direkrut? Siapa pelatih yang diganti atau mengundurkan diri? Akankah ada rekor pembelian termahal musim ini?

Berikut daftar perpindahan pemain serta pelatih dalam bursa transfer musim panas 2017/2018. 

Kamis, 3 Agustus: Pindah ke PSG, Neymar pecahkan rekor pemain termahal

ALLEZ PARIS. Neymar has vowed to "win lots of trophies" with Paris Saint-Germain as he received a warm reception at Parc des Princes. Photo by Alain Jocard/AFP

gelandang serang Barcelona, Neymar, akhirnya hijrah ke Paris Saint Germain (PSG). Nilai transfernya disebut mencapai 222 juta euro atau setara dengan Rp 3,5 triliun.

Kepindahan pemain asal Brasil ini sudah terendus ketika ia berlatih pada Rabu lalu. Saat itu, kepada rekan satu timnya, Neymar mengatakan dirinya akan segera meninggalkan Barcelona.

(BACA JUGA: 5 rekor transfer termahal pemain sepak bola)

Selasa, 1 Agustus: Jesus Navas berlabuh di Sevilla

Jesus Navas bergabung dengan Sevilla. Foto dari Twitter/@SevillaFC_ENG

Jesus Navas telah mencapai kesepakatan dan meresmikan kepindahannya ke Sevilla setelah kontraknya dengan Manchester City berakhir musim lalu. Ini merupakan kali kedua Navas membela Sevilla, ia pernah mengenakan seragam putih merah saat masih remaja.

Bersama Sevilla, gelandang 31 tahun tersebut menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dan akan dipresentasikan secara resmi pada Rabu, 2 Agustus.

Senin, 31 Juli: Nemanja Matic pindah ke Manchester United

Nemanja Matic resmi menjadi pemain Manchester United. Foto dari Twitter/@ManUtd

Manchester United telah mengumumkan kepindahan gelandang Chelsea Nemanja Matic dengan biaya transfer sebesar 35 juta poundsterling ditambah add on sebesar 5 juta poundsterling.

Pemain berkebangsaan Serbia tersebut menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dan akan mengenakan nomor punggung 31 bersama Red Devils musim depan.

Rabu, 26 Juli: Burnley FC gaet Phil Bardsley

burnley

Pemain asal Skotlandia Phil Bardsley resmi pindah ke Burnley dari klub lamanya Stoke City. Bardsley telah menandatangani kontrak berdurasi dua tahun dengan biaya transfer yang tidak diumumkan.

Selasa, 25 Juli: Chicarito bergabung dengan West Ham

West Ham United resmi jadi pelabuhan selanjutnya bagi Chicarito. Foto dari Twitter/@WestHamUtd

West Ham United resmi mengumumkan kepindahan Javier “Chicarito” Hernandez dari Bayer Leverkusen dengan biaya transfer sebesar 16 juta poundsterling. Mantan pemain MU dan Real Madrid ini menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dan langsung bergabung dengan rekan setimnya dalam latihan pra-musim di Jerman.

Senin, 24 Juli: Federico Bernardeschi resmi pindah ke Juventus

Federico Bernardeschi bergabung dengna Juventus. Foto dari Twitter/@juventusfcen

Penyerang Fiorentina Federico Bernardeschi resmi bergabung dengan lini depan Juventus pada Senin, 24 Juli. Pemain yang juga nyaman bermain diposisi sayap kanan ini telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun bersama runner-up Liga Champions musim lalu tersebut.

Senin, 24 Juli: Benjamin Mendy bergabung dengan Manchester City

Benjamin Mendy bergabung dengan Manchester City. Foto dari Twitter/@ManCity

Pemain Monaco Benjamin Mendy telah meresmikan kepindahannya ke Manchester City dengan biaya transfer sebesar 52 juta poundsterling. Bek berusia 23 tahun tersebut menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun bersama City setelah bermain dengan Monaco hanya selama satu musim.

Minggu, 23 Juli: Manchester City resmi gaet Danilo

Danilo resmi pindah dari Real Madrid ke Manchester City. Foto dari Twitter/@ManCity

Danilo meresmikan kepindahannya dari Real Madrid dan bergabung dengan Manchester City. Pemain kelahiran Brasil, 15 Juli 1991 ini pindah dengan biaya transfer senilai 26,5 juta poundsterling dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Sabtu, 22 Juli: Pindah ke AS Roma, Aleksandar Kolarov kembali ke Italia

Aleksandar Kolarov bergabung dengan AS Roma. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Aleksandar Kolarov resmi bergabung dengan AS Roma setelah tujuh musim bermain untuk Manchester City.

Pemain Serbia 31 tahun tersebut menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun dengan biaya transfer sebesar 5 juta euro.

Sabtu, 22 Juli: West Ham gaet Marko Arnautovic 

West Ham meresmikan kepindahan Marko Arnautovic dari Stoke City. Foto dari Twitter/@WestHamUtd

West Ham telah resmi menggaet penyerang Marko Arnautovic dari Stoke City dengan biaya transfer yang dikabarkan mencapai 24 juta poundsterling. Pemain 28 tahun tersebut menandatangani kontrak berdurasi limat tahun.

Jumat, 21 Juli: Chelsea resmi beli Alvaro Morata

Chelsea telah resmi gaet Alvaro Morata. Foto dari Twitter/@ChelseaFC

Chelsea telah resmi mengumumkan kedatangan Alvaro Morata dari Real Madrid. Dengan biaya transfer yang dikabarkan mencapai 58 juta poundsterling + 12 juta poundsterling tambahan, Morata menandatangani kontrak sepanjang lima tahun bersama juara Liga Primer musim lalu tersebut.

Jumat, 21 Juli: Kevin Stewart bergabung dengan Hull City

Kevin Stewart pindah dari Liverpool ke Hull City. Foto dari Twitter/@HullCity

Gelandang bertahan berusia 23 tahun Kevin Stewart resmi bergabung dengan skuad Hull City dari Liverpool. Stewart menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan biaya transfer sebesar 8 juta poundsterling.

Jumat, 21 Juli: Liverpool gaet Andrew Robertson dari Hull City

Empat tahun lalu, Andrew Robertson masih menjadi kasir di supermarket. Foto dari Twitter/@LFC

Pemain Skotlandia Andy Robertson telah resmi pindah dari klub lamanya Hull City dan bergabung dengan Liverpool pada Jumat, 21 Juli. Empat tahun lalu, pria 23 tahun ini masih bekerja sebagai kasir supermarket, namun sekarang ia telah bergabung dengan salah satu klub legendaris Inggris.

“Keluarga saya sangat bangga dengan pencapaian ini dan mereka sangat gembira dengan kepindahan ini, saya juga senang tentunya,” ujar Robertson di situs resmi klub.

Jumat, 21 Juli: Newcastle United gaet Javier Manquillo

Javier Manquillo bergabung dengan Newcastle United. Foto dari Twitter/@NUFC

Pemain U-21 Spanyol Javier Manquillo telah meresmikan kepindahannya ke Newcastle United dari Atletico Madrid. Bek 23 tahun tersebut langsung bergabung dengan skuad asuhan Rafael Benitez yang sedang berlatih di Irlandia.

Kamis, 20 Juli: Juventus gaet Mattia De Sciglio dari AC Milan

Mattia De Sciglio resmi bergabung dengan Juventus. Foto dari Twitter/@juventusfc

Full-back AC Milan Mattia De Sciglio resmi bergabung bersama Juventus dengan biaya transfer sebesar 12 juta euro. De Sciglio menandatangani kontrak berdurasi 5 tahun dan akan mengenakan nomor punggung 2.

 

Selasa, 18 Juli: Lucas Leiva pindah ke Lazio

Lucas Leiva resmi pindah ke Lazio. Foto dari Twitter/@OfficialSSLazio

Gelandang Liverpool Lucas Leiva telah meresmikan kepindahannya ke Lazio pada Selasa, 18 Juli. Pemain berkebangsaan Brasil tersebut dikabarkan pindah dengan biaya transfer sebesar 5 juta euro.

Selasa, 18 Juli: West Ham pinjam Joe Hart

Joe Hart dipinjamkan ke West Ham United. Foto dari Twitter/@WestHamUtd

Kiper Inggris Joe Hart resmi pindah ke West Ham dengan status pinjaman dari Manchester City, setelah musim lalu kiper berusia 30 tahun ini dipinjamkan ke Torino.

Senin, 17 Juli: Cuco Martina tandatangani kontrak dengan Everton

Cuco Martina menandatangani kontrak dengan Everton berdurasi tiga tahun. Foto dari Twitter/@Everton

Cuco Martina telah resmi pindah ke Everton setelah kontraknya dengan Southampton berakhir musim lalu. Pemain 27 tahun tersebut pun kini kembali berada di bawah asuhan Ronald Koeman, yang sempat menjadi manajer Southampton selama dua musim sejak 2014 hingga 2016.

Senin, 17 Juli: Ahmed Hegazi dipinjamkan ke West Brom

Hegazi bergabung dengan West Bromwich Albion dengan status pinjaman. Foto dari Twitter/@WBA

Bek berkebangsaaan Mesir Ahmed Hegazi resmi bergabung dengan skuad West Bromwich Albion dengan status pinjaman. Sebelumnya Hegazi tampil cemerlang di Piala Afrika 2017 dan berhasil membawa Egypt keluar sebagai runner-up. Hegazi juga tercatat dalam jajaran 11 pemain yang masuk ke tim terpilih.

Minggu, 16 Juli: AC Milan datangkan Lucas Biglia

Lucas Biglia pindah ke AC Milan. Foto dari Twitter/@acmilan

AC Milan belum berhenti memperkuat skuadnya jelang musim 2017/18. Pada Minggu, 16 Juli, klub tersebut mengumumkan kedatangan pemain terbarunya, Lucas Biglia, dari klub Serie-A lainnya Lazio.

Pemain asal Argentina tersebut dikabarkan telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun dengan biaya transfer sebesar 17 juta euro.

Minggu, 16 Juli: AS Roma gaet Cengiz Under dari Besiktas

AS Roma gaet Cengiz Under dari Besiktas. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Pemain berusia 20 tahun asal Turki Cengiz Under resmi bergabung dengan skuad AS Roma dari klub lamanya Besiktas. Ia dikabarkan pindah dengan biaya transfer mencapai 13,4 juta euro dan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Minggu, 16 Juli: Nolito resmi pindah ke Sevilla

Nolito bergabung dengan Sevilla. Foto dari Twitter/@SevillaFC_ENG

Nolito telah resmi pindah ke Sevilla dari klub lamanya Manchester City. Bersama Sevilla, Nolito menandatangani kontrak berdurasi tiga musim yang akan berakhir pada Juni 2020.

Sabtu, 15 Juli: Tiemoue Bakayoko bergabung dengan Chelsea

Chelsea gaet Tiemoue Bakayoko dari Monaco. Foto dari Twitter/@ChelseaFC

Gelandang berusia 22 tahun Tiemoue Bakayoko telah resmi menandatangani kontrak kepindahan berdurasi lima tahun dengan Chelsea pada Sabtu,15 Juli. Pemain berkebangsaan Perancis tersebut merupakan salah satu pemain inti yang membawa Monaco menjuarai Ligue 1 musim lalu.

Sabtu, 15 Juli: Manchester City gaet Douglas Luiz

Douglas Luiz bergabung dengan Manchester City. Foto dari Twitter/@ManCity

Gelandang 19 tahun asal Brasil Douglas Luiz resmi menjadi bagian dari skuad Manchester City setelah menyelesaikan kepindahannya dari klub Vasco Da Gama.

Luiz dikabarkan telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Sabtu, 15 Juli: Pindah ke AC Milan, Leonardo Bonucci resmi hengkang dari Juventus

Leonardo Bonucci resmi mengumumkan kepindahannya ke AC Milan. Foto dari Twitter/@acmilan

AC Milan telah menyepakati transfer bek andalan Juventus Leonardo Bonucci dengan biaya yang dikabarkan mencapai 40 juta euro. Transfer ini sempat mengagetkan para Juventini, sekaligus membenarkan rumor keretakan yang terjadi antara Bonucci dengan pelatih Juventus Massimiliano Allegri.

(BACA JUGA: Transfer sakit hati Leonardo Bonucci)

Jumat, 14 Juli: Nelson Semedo bergabung dengan Barcelona

Nelson Semedo bangga dapat bergabung dengan skuad Barcelona. Foto dari Twitter/@FCBarcelona

Nelson Semedo tiba di Barcelona dan menandatangani kontrak pada Jumat siang, 14 Juli. Pemain berusia 23 tahun tersebut akan menjadi pelengkap lini pertahanan Barcelona setelah pindah dari klub lamanya Benfica.

Jumat, 14 Juli: Pindah ke ManCity, Kyle Walker tanda tangani kontrak lima tahun

Kyle Walker pindah ke ManCity dengan transfer senilai 50 juta poundsterling. Foto dari Twitter/@ManCity

Manchester City telah mengumumkan salah satu transfer terbesarnya di musim panas ini. Kyle Walker resmi bergabung dengan The Citizens dari Tottenham Hotspur dengan biaya yang dikabarkan mencapai 50 juta poundsterling.

Bersama ManCity, Walker mendatangani kontrak berdurasi lima tahun dan akan mengenakan nomor punggung 2.

Jumat, 14 Juli: Real Madrid resmi gaet Dani Ceballos

Real Madrid gaet Dani Ceballos. Foto dari Twitter/@realmadriden

Real Madrid dan Real Betis telah mencapai kesepakatan mengenai kepindahan Dani Ceballos ke Santiago Bernabeu. Ceballos telah menandatangani kontrak berdurasi enam tahun dengan juara Liga Champions musim lalu tersebut dan akan secara resmi dipresentasikan pada Kamis, 20 Juli mendatang.

Kamis, 13 Juli: Nathaniel Chalobah kembali ke Watford

Nathaniel Chalobah kembali bergabung dengan Watford. Foto dari Twitter/@WatfordFC

Nathaniel Chalobah telah meresmikan kepindahannya ke Watford dari Chelsea dengan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun. Sebelumnya, Chalobah pernah bermain untuk Watford selama semusim pada 2012/13 dengan status pinjaman.

Kamis, 13 Juli: Martin Braithwaite pindah ke Middlesbrough 

Martin Braithwaite bergabung dengan Middlesbrough. Foto dari Twitter/@MartinBraith

Martin Braithwaite menjadi pemain ketiga yang bergabung dengan Southampton musim ini. Pemain berkebangsaan Denmark tersebut menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dengan Southampton setelah sebelumnya bermain untuk klub Toulouse selama empat tahun.

Kamis, 13 Juli: Sevilla gaet Sebastien Corchia

Sevilla resmi gaet Sebastien Corchia dari Lille. Foto dari Twitter/@SevillaFC

Sebastien Corchia langsung terbang ke Jepang dan bergabung dengan skuad Sevilla setelah lolos tes medis pada Rabu malam, 12 Juli. Sebelum bergabung dengan Sevilla, pemain berkebangsaan perancis ini pernah bermain untuk Lille, Sochaux, dan Le Mans.

Kamis, 13 Juli: Sven Bender bergabung dengan kembarannya Lars Bender di Bayer Leverkusen 

Sven Bender bergabung dengan saudara kembarnya Lars Bender di Bayer Leverkusen. Foto dari Twitter/@bayer04_en

Bayer 04 Leverkusen memperkuat skuadnya dengan mendatangkan bek Sven Bender dari Borussia Dortmund. Sven akan bergabung dengan saudara kembarnya Lars Bender – kapten tim Bayer Leverkusen dengan kontrak yang akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Kamis, 13 Juli: Adnan Januzaj bergabung dengan Real Sociedad

Adnan Januzaj resmi bergabung dengan Real Sociedad. Foto dari Twitter/@RealSociedadEN

Adnan Januzaj resmi bergabung dengan Real Sociedad setelah sebelumnya tercatat sebagai pemain Manchester United yang dipinjamkan ke Borussia Dortmund dan Sunderland.

Pemain Belgia berusia 22 tahun ini pindah dengan biaya transfer sebesar 8 juta poundsterling dengan kemungkinan peningkatan hingga 9,8 juta poundsterling.

Rabu, 12 Juli: Vitolo tandatangani kontrak dengan Atletico Madrid

Vitolo akan bergabung dengan Atletico mulai Januari 2018 mendatang. Foto dari Twitter/@atletienglish

Atletico Madrid telah mencapai kesepakatan dengan Victor “Vitolo” Machin Perez yang menandatangani kontrak berdurasi lima tahun setelah kontraknya dengan Sevilla berakhir.

Sehubungan dengan sanksi FIFA yang melarang Atletico menggaet pemain baru di bursa transfer musim panas ini, Vitolo akan menghabiskan paruh awal musim depan dengan status pinjaman di Las Palmas dan baru akan bergabung dengan Atletico mulai Januari 2018 mendatang.

Rabu, 12 Juli: Dani Alves resmi bergabung dengan PSG

Dani Alves resmi bergabung dengan PSG. Foto dari Twitter/@PSG_English

Paris Saint-Germain telah meresmikan kepindahan Dani Alves dari Juventus setelah kontraknya berakhir. Alves menandatangani kontrak sepanjang dua tahun bersama PSG dan dikabarkan akan digaji sebesar 260 ribu euro per pekan.

Sebelumnya, pemain asal Brasil tersebut diketahui sedang berada di Paris untuk melakukan tes medis pada Selasa, 11 Juli.

Selasa, 11 Juli: Stuttgart gaet Ron-Robert Zieler

Ron-Robert Zieler resmi bergabung dengan VfB Stuttgart. Foto dari Twitter/@VfB_int

Ron-Robert Zieler kembali ke Bundesliga dan bergabung dengan VfB Stuttgart dari Leicester City pada Selasa, 11 Juli. Kiper asal Jerman tersebut telah menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun bersama Stuttgart.

Selasa, 11 Juli: Douglas Costa pindah ke Juventus

Douglas Costa akan jalani tes medis jelang kepindahannya ke Juventus. Foto dari Twitter/@juventusfcen

Winger asal Brasil Douglas Costa akan meresmikan kepindahannya dari Bayern Munich ke Juventus pada musim panas ini. Ia baru saja tiba di Turin pada Selasa, 11 Juli, dan dijadwalkan akan melakukan tes medis pada Rabu, 12 Juli.

Selasa, 11 Juli: Jack Cork kembali ke Burnley

Jack Cork kembali bergabung dengan Burnley. Foto dari Twitter/@BurnleyOfficial

Gelandang 28 tahun Jack Cork kembali ke Burnley setelah menandatangani kontrak sepanjang empat tahun.

Cork sempat bermain untuk Burnley dengan status pinjaman dari Chelsea selama satu setengah musim, sejak Januari 2010 hingga Mei 2011.

Selasa, 11 Juli: Borja Valero pindah ke Inter Milan

inter

Gelandang asal Spanyol Borja Velero telah menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun bersama Inter Milan untuk meresmikan kepindahannya dari Fiorentina.

Pemain kelahiran Madrid, 12 Januari 1985 ini merupakan lulusan Akademi Madrid yang pernah bergabung dengan Mallorca dan Villareal.

Selasa, 11 Juli: Bayern Munchen pinjam James Rodriguez

James Rodriguez bergabung dengan Bayern Munchen dengan status pinjaman. Foto dari Twitter/@FCBayernEN

Bayern Munchen dan Real Madrid telah menyepakati transfer gelandang James Rodriguez dengan status pinjaman selama dua tahun. Kontrak Rodriguez ini berlaku hingga 30 Juni 2019, dengan opsi beli untuk Bayern. Selama di Real Madrid, Rodriguez membukukan 111 penampilan dengan 36 gol dan 41 assist. Pemain timnas Kolombia ini telah memenangkan La Liga satu kali, serta Liga Champions dan FIFA Club World Cup sebanyak dua kali bersama El Real.

Menurut Presiden FC Bayern Munchen Karl-Heinz Rummenigge, mendatangkan Rodriguez merupakan keinginan terbesar pelatih Carlo Ancelotti karena pernah sukses bersama di Madrid. Seperti yang dilansir dari situs resmi Bayern, Rodriguez akan bergabung dengan rekan-rekan barunya dalam tur musim panas selama 12 hari ke Tiongkok dan Singapura.

Senin, 10 Juli: Chelsea pinjamkan Ola Aina ke Hull City

Ola Aina bergabung dengan Hull City dalam status pinjaman. Foto dari Twitter/@HullCity

Bek muda Chelsea Ola Aina resmi dipinjamkan ke Hull City dengan durasi satu musim. Setelah menandatangani kontrak kepindahannya, Aina pun langsung berangkat menuju Portugal untuk memulai latihan pra-musim bersama skuad The Tigers.

Aina merupakan lulusan Akademi Chelsea yang telah melakukan debut di tim senior saat The Blues mengalahkan Bristol Rovers di Piala Liga pada Agustus musim lalu.

Senin, 10 Juli: Sevilla gaet Guido Pizarro

Guido Pizarro pindah ke Sevilla FC. Foto dari Twitter/@SevillaFC

Gelandang klub Tigres Guido Pizarro resmi bergabung dengan skuad Sevilla pada Senin, 10 Juli. Pizarro menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun yang akan berakhir pada pertengahan 2021 mendatang.

Senin, 10 Juli: Dominic Solanke pindah ke Liverpool

Dominic Solanke bergabung dengan Liverpool. Foto dari Twitter/@LFC

Penyerang Chelsea Dominic Solanke resmi berlabuh di Liverpool setelah kontraknya bersama The Blues usai pada akhir musim lalu. Bersama Liverpool, pemain muda yang berusia 19 tahun ini akan mengenakan nomor punggung 29.

Minggu, 9 Juli: Antonio Rudiger bergabung dengan Chelsea

Antonio Rudiger bergabung dengan Chelsea. Foto dari Twitter/@ChelseaFC

Bek asal Jerman Antonio Rudiger telah resmi menandatangani kontrak kepindahannya ke Chelsea pada Minggu, 9 Juli. Rudiger resmi pindah dari AS Roma dengan biaya transfer yang diperkirakan sebesar 34 juta poundsterling.

Minggu, 9 Juli: Wayne Rooney kembali ke Everton

KEMBALI. Setelah 13 tahun berkarier di MU, Wayne Rooney kembali ke Everton. Foto dari Twitter/@ManUtd

Wayne Rooney akan kembali ke Everton setelah 13 tahun merumput bersama Manchester United. Menurut pernyataan manajer MU Jose Mourinho, pemain 31 tahun tersebut lah yang meminta untuk pindah ke Everton karena kerap duduk di bangku cadangan pada musim lalu.

(BACA JUGA: Alasan di balik kepindahan Rooney ke Everton)

Jumat, 7 Juli: Neto pindah ke Valencia

Neto bergabung dengan Valencia. Foto dari Twitter/@valenciacf

Kiper Juventus Neto telah resmi pindah ke Valencia dengan biaya transfer sebesar 7 juta euro. Bersama Valencia, kiper berkebangsaan Brasil tersebut menandatangani kontrak sepanjang empat musim.

Jumat, 7 Juli: Yuri Berchiche bergabung dengan PSG

Yuri Berchiche tanda tangani kontrak hingga 2022 di PSG. Foto dari Twitter/@PSG_English

Paris Saint Germain mengumumkan kedatangan Yuri Berchiche pada Jumat, 7 Juli. Bek kiri berkebangsaan Spanyol tersebut menandatangani kontrak yang akan berakhir pada Juni 2022.

Berchiche pindah dari Real Sociedad dan sebelumnya juga pernah bermain untuk Tottenham Hotspur di Liga Primer.

Jumat, 7 Juli: Burnley dapatkan Jon Walters

Jon Walters resmi perkuat skuad Burnley. Foto dari Twitter/@BurnleyOfficial

Penyerang Stoke City Jon Walters resmi menandatangi kontrak kepindahannya ke Burnley pada Jumat, 7 Juli. Pemain berkebangsaan Irlandia tersebut menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

Jumat, 7 Juli: Jordi Amat dipinjamkan ke Real Betis

Jordi Amat dipinjamkan ke Real Betis. Foto dari Twitter/@RealBetis

Bek tengah Swansea City Jordi Amat telah meresmikan kepindahannya ke Real Betis pada Jumat, 7 Juli. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut akan bermain untuk Real Betis dengan status pinjaman.

Jumat, 7 Juli: Andrea Conti bergabung dengan AC Milan

AC Milan resmi gaet Andrea Conti. Foto dari Twitter/@acmilan

Pemain muda dari klub Atalanta Andrea Conti resmi bergabung dengan AC Milan pada Jumat, 7 Juli.

Bek 23 tahun tersebut bergabung dengan Milan dengan biaya transfer sebesar 24 juta euro dengan tambahan Matteo Pessina.

Jumat, 7 Juli: Huddersfield gaet Mathias Jorgensen

Huddersfield Town dapatkan Mathias Jorgensen dari Copenhagen. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Untuk memperkuat skuadnya, Huddersfield Town kembali mendatangkan pemain baru jelang musim perdana mereka di Liga Primer.

Klub yang bermarkas di John Smith Stadium tersebut mendatangkan bek tengah asal Denmark Mathias Jorgensen dari klub lamanya Copenhagen dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Kamis, 6 Juli: Bek kiri Manchester City Gael Clichy pindah ke Basaksehir Istanbul

Gael Clichy resmi pindah ke klub Turki Basaksehir Istanbul dari Manchester City. Foto dari Twitter/@ibfk2014

Bek kiri berkebangsaan Perancis Gael Clichy resmi pindah ke klub Turki Basaksehir Istanbul dari klub lamanya Manchester City. Sebelum bermain enam musim untuk City, Clichy merupakan bek Arsenal selama musim 2003 hingga 2011.

Kamis, 6 Juli: Vicente Iborra bergabung dengan Leicester City

Vicente Iborra telah resmi pindah ke Leicester City dari Sevilla. Foto dari Twitter/@LCFC

Vicente Iborra telah resmi pindah ke Leicester City dari Sevilla pada Kamis, 6 Juli. Iborra dikabarkan menandatangani kontrak sepanjang empat tahun dengan nilai transfer yang tidak dipublikasikan.

Kamis, 6 Juli: Swansea City resmi beli Roque Mesa

Roque Mesa bergabung dengan Swansea City. Foto dari Twitter/@SwansOfficial

Swansea City telah resmi mengumumkan pembelian Roque Mesa dari klub lamanya Las Palmas. Swansea dan Las Palmas dikabarkan telah menyepakati biaya transfer Mesa sebesar 11 juta poundsterling.

Kamis, 6 Juli: Romelu Lukaku pindah ke MU

Foto dari Twitter/@RomeluLukaku9

Manchester United dikabarkan telah menyepakati biaya transfer sebesar 75 juta poundsterling dengan Everton untuk striker Romelu Lukaku. Penyerang berusia 24 tahun asal Belgia ini telah mencetak 25 gol di Liga Primer pada musim lalu.

Lukaku adalah klien dari agen Mino Raiola, yang juga membawahi Paul Pogba, Zlatan Ibrahimovic, dan Henrikh Mkhitaryan — tiga pemain yang dibeli oleh MU musim panas lalu.

(BACA JUGA: MU sepakati nilai transfer Romelu Lukaku sebesar 75 juta poundsterling)

Kamis, 6 Juli: Burnley beli Charlie Taylor dari Leeds

Charlie Taylor bergabung dengan Burnley dengan status 'free transfer'. Foto dari Twitter/@BurnleyOfficial

Charlie Taylor resmi bergabung dengan skuad Burnley setelah kontraknya bersama Leeds United berakhir. Bersama Burnley, Taylor telah menandatangani kontrak dengan durasi empat tahun.

Rabu, 5 Juli: Theo Hernandez pindah ke Real Madrid

Theo Hernandez resmi pindah ke Real Madrid dari Atletico. Foto dari Twitter/@realmadrid

Real Madrid dan Atletico Madrid telah menyepakati kepindahan Theo Hernandez dengan kontrak berdurasi enam musim. Dikabarkan nila transfer kepindahan Hernandez mencapai 24 juta euro.

Rabu, 5 Juli: Stoke City gaet Josh Tymon

Josh Tymon menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan Stoke City. @stokecity

Stoke City resmi menggaet Josh Tymon dari Hull City dengan status free transfer. Tymon telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan Stoke.

Rabu, 5 Juli: Steve Mounie bergabung dengan Huddersfield

Huddersfield Town resmi gaet penyerang klub Montpellier Steve Mounie. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Huddersfield Town resmi memboyong penyerang klub Montpellier Steve Mounie pada Rabu, 5 Juli. Mounie telah menandatangani kontrak berdurasi empat tahun dengan nilai 11,5 juta poundsterling.

Rabu, 5 Juli: Arsenal gaet Alexandre Lacazette dari Lyon

Penyerang Perancis Alexandre Lacazette bergabung dengan Arsenal dari klub Ligue 1, Lyon. Foto dari arsenal.com

Alexander Lacazette resmi bermain untuk The Gunners setelah menandatangi kontrak kepindahan berdurasi lima tahun. Lacazette merupakan penyerang jebolan akademi Lyon yang telah bermain untuk klub tersebut sejak masih di tim muda hingga akhirnya pindah ke Arsenal.

Besar transfer pemain 26 tahun tersebut dikabarkan mencapai 46,5 juta poundsterling dengan kemungkinan naik hingga 52 juta poundsterling.

Selasa, 4 Juli: Pepe bergabung dengan Besiktas

Pepe memilih bergabung dengan Besiktas dan menolak tawaran PSG. Foto dari Twitter/@Besiktas

Setelah kontraknya tak diperpanjang Real Madrid, Pepe memilih untuk berlabuh di klub Turki Besiktas. Pemain kelahiran Brasil tersebut dikabarkan menolak tawaran untuk bermain bersama PSG. 

Selasa, 4 Juli: Huddersfield beli Tom Ince dan Kasey Palmer

Tom Ince perkuat skuad Huddersfield Town. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Huddersfield terus mendatangkan pemain baru untuk memperkuat skuadnya jelang musim perdana mereka di Liga Primer Inggris. Pada Selasa, 4 Juli, Huddersfield meresmikan kepindahan Tom Ince dari Derby dengan kontrak berdurasi 3 tahun.

Chelsea pinjamkan Kasey Palmer ke Huddersfield. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Selain Tom Ince, Huddersfield juga mengumumkan kembalinya Kasey Palmer dari Chelsea dalam status pinjaman.

Selasa, 4 Juli: Bournemouth gaet Connor Mahoney

Bournemouth datangkan winger Blackburn Rovers Connor Mahoney. Foto dari Twitter/@afcbournemouth

Klub papan tengah Liga Primer Inggris Bournemouth kembali memperkuat skuadnya dengan mendatangkan winger Blackburn Rovers Connor Mahoney. Bersama Bournemouth, Mahoney telah menandatangi kontrak berdurasi empat tahun.

Selasa, 4 Juli: Bergabung dengan klub Swiss Yverdon Sport, Djibril Cisse batal pensiun

Mantan pemain Liverpool Djibril Cisse batal pensiun dan bergabung dengan Yverdon Sport. Foto dari Twitter/@yverdonsport

Setelah sempat mengumumkan pensiun pada Oktober 2015 karena cedera, mantan pemain Liverpool Djibril Cisse kembali merumput dengan bergabung bersama klub Swiss Yverdon Sport. 

Selasa, 4 Juli: Marseille resmi gaet Luis Gustavo

Luis Gustavo resmi bergabung dengan Marseille. Foto dari Twitter/@OM_english

Gelandang bertahan asal Brasil Luis Gustavo resmi pindah dari klub lamanya VfL Wolfsburg ke klub Perancis Marseille. Gustavo dikabarkan pindah dengan kontrak berdurasi empat tahun senilai tujuh juta poundsterling.

Selasa, 4 Juli: Matthias Ginter bergabung dengan Borussia Mochengladbach

Matthias Ginter resmi pindah dari Dortmund ke Borussia Mochengladbach. Foto dari Twitter/@Borussia_en

Gelandang Borussia Dortmund Matthias Ginter telah meresmikan kepindahannya ke Borussia Mochengladbach. Kepindahan Ginter dikabarkan dihargai sebesar 17 juta euro.

Senin, 3 Juli: Napoli datangkan Adam Ounas 

Adam Ounas telah meresmikan kepindahannya ke Napoli. Foto dari Twitter/@sscnapoli

Adam Ounas telah meresmikan kepindahannya dari Bordeaux ke Napoli dengan nilai transfer 10 juta euro yang dapat bertambah menjadi 12 juta euro dalam kontrak berdurasi lima tahun.

“Selamat datang di Napoli, Adam! tulis Presiden SSC Napoli Aurelio De Laurentiis di Twitternya.

Senin, 3 Juli: Michael Keane bergabung dengan Everton, pecahkan rekor klub

Michael Keane pecahkan rekor pemain termahal Everton. Foto dari Twitter/@Everton

Everton berhasil mendatangkan bek Michael Keane dari Burnley dengan besaran transfer 30 juta poundsterling. Harga tersebut sekaligus memecahkan rekor pemain termahal klub.

Pemain 24 tahun lulusan akademi Manchester United tersebut menjadi pemain baru kelima Everton dalam bursa transfer musim panas ini, setelah Jordan Pickford, Davy Klaasen, Henry Onyekuru, dan Sandro Ramirez. 

Senin, 3 Juli: AC Milan datangkan Hakan Calhanoglu

Hakan Calhanoglu resmi pindah dari Bayer Leverkusen ke AC Milan. Foto dari Twitter/@ACMilan

Gelandang serang berkebangsaan Turki Hakan Calhanoglu telah meresmikan kepindahannya ke AC Milan dengan kontrak berdurasi empat tahun.

Untuk mendatangkan Calhanoglu dari Bayer Leverkusen, dikabarkan Milan mengeluarkan dana sebesar 20 juta euro plus tambahan empat juta euro.

Senin, 3 Juli: Terence Kongolo pindah ke Monaco

Terence Kongolo resmi bergabung dengan AS Monaco. Foto dari Twitter/@AS_Monaco

Terence Kongolo resmi pindah dari Feyenoord ke Monaco dengna kontrak sepanjang 5 tahun. Untuk memboyong Kongolo, dikabarkan Monaco perlu merogoh kocek hingga 15 juta euro.

Senin, 3 Juli: Everton beli Sandro Ramirez

Everton resmi membeli Sandro Ramirez dari Malaga dengan harga 5,1 juta poundsterling. Foto dari Twitter/@Everton

Everton resmi membeli Sandro Ramirez dari Malaga dengan harga 5,1 juta poundsterling atau sama dengan nilai release clause-nya. Ramirez telah resmi menandatangani kontrak sepanjang 4 tahun bersama Everton.

Senin, 3 Juli: AS Roma gaet Maxime Gonalons

AS Roma datangkan gelandang Lyon Maxime Gonalons. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Roma kembali memperkuat skuadnya dengan mendatangkan gelandang Lyon Maxime Gonalons. Gonalons datang ke Olimpico dengan kontrak yang berlaku hingga 2021 dengan transfer senilai 5 juta euro.

Senin, 3 Juli: Ever Banega kembali ke Sevilla

Sevilla kembali mendatangkan Ever Banega. Foto dari Twitter/@SevillaFC

Gelandang Argentina Ever Banega memutuskan untuk kembali ke Sevilla dengan kontrak tiga tahun senilai 9 juta euro setelah bermain untuk Inter Milan sepanjang musim 2016-17. 

Sebelumnya, Banega sempat bermain untuk Sevilla selama dua musim pada 2014 hingga 2016.

Senin, 3 Juli: Lukas Podolski pindah ke Vissel Kobe

Lukas Podolski berlabuh di klub J1 League Vissel Kobe. Foto dari Twitter/@Podolski10

Mantan penyerang Jerman Lukas Podolski meresmikan kepindahannya dari klub Turki Galatasaray ke klub J1 League Vissel Kobe pada Senin, 3 Juli.

Sebelumnya, pemilik tinggi badan 182 telah mengumumkan rencana kepindahannya ke klub Jepang tersebut pada Maret 2017.

Senin, 3 Juli: John Terry berlabuh di Aston Villa

NOMOR 26. Bersama Aston Villa, John Terry kembali mengenakan nomor punggung 26. Foto dari Twitter/@AVFCOfficial

Mantan kapten Chelsea John Terry telah resmi menandatangani kontrak sepanjang satu tahun bersama klub Aston Villa pada Senin, 3 Juli.

Chelsea memutuskan untuk tidak memperpanjang kapten yang telah bermain untuk Chelsea sejak 1995—saat ia masih berusia 15 tahun dan masih berada di tim junior.

Bek 36 tahun tersebut dikabarkan telah menyetujui perjanjian dengan gaji sebesar 60 ribu poundsterling (1,037 milyar rupiah).

(BACA SELENGKAPNYA: John Terry bergabung dengan Aston Villa)

Minggu, 2 Juli: Ethan Ampadu bergabung dengan Chelsea

Pemain 16 tahun dari Exeter, Ethan Ampadu, bergabung dengan Chelsea. Foto dari Twitter/@OfficialECFC

Bek muda Wales, Ethan Ampadu, meresmikan kepindahannya ke Chelsea dari klub lamanya, Exeter — klub divisi empat Liga Inggris.

Meskipun baru berusia 16 tahun, Ampadu merupakan bagian dari timnas Wales yang bertanding di Euro 2016 lalu. Ia telah bermain 13 kali bersama Exeter musim lalu, menjadi pemain debutan termuda klub tersebut saat masih berusia 15 tahun. 

Minggu, 2 Juli: West Brom gaet Jay Rodriguez

West Bromwich Albion gaet Jay Rodriguez. Foto dari Twitter/@WBA

Penyerang 27 tahun Jay Rodriguez telah meresmikan kepindahannya ke West Bromwich Albion dari Southampton. Rodriguez menandatangani kontrak sepanjang empat tahun bersama West Brom.

Sabtu, 1 Juli: Watford gaet kiper Austria Daniel Bachmann

Watford gaet kiper Polandia Daniel Bachmann. Foto dari Twitter/@WatfordFC

Watford kembali memperkuat skuadnya jelang Liga Primer musim depan. Klub yang berhasil lolos dari degradasi dan bertengger di peringkat 17 pada musim lalu tersebut menggaet kiper timnas U-21 Austria Daniel Bachmann dari Stoke City.

Sebelum bergabung dengan Watford dalam kontrak sepanjang tiga tahun, Bachmann telah bermain bersama Stoke selama enam musim.

Sabtu, 1 Juli: Kiko Femenia bergabung dengan Watford

Bek asal Spanyol Kiko Femenia pindah ke Watford dari klub lamanya Alaves. Foto dari Twitter/@WatfordFC

Bek asal Spanyol Kiko Femenia pindah ke Watford dari klub lamanya Alaves dalam kontrak sepanjang empat tahun.

Bersama Alaves, Femenia telah bermain 77 pertandingan dalam dua musim, termasuk membawa klub tersebut promosi ke La Liga di musim pertamanya.

Sabtu, 1 Juli: Willy Caballero bergabung dengan Chelsea

Willy Caballero pindah dari Manchester City ke Chelsea. Foto dari Twitter/@ChelseaFC

Setelah kontraknya bersama Manchester City berakhir, kiper Willy Caballero memilih untuk bergabung bersama Chelsea.

Pemain berusia 35 tahun tersebut memulai karirnya bersama Boca Juniors dan sempat bermain untuk klub Spanyol Elche dan Malaga.

Sabtu, 1 Juli: Leandro Paredes pindah ke Zenit Saint Petersburg

Leandro Paredes pindah dari AS Roma ke Zenit Saint Petersburg. Foto dari Twitter/@fczenit_en

Zenit Saint Petersburg dan AS Roma telah mencapai kesepakatan untuk kepindahan gelandang Argentina Leandro Paredes ke klub Rusia tersebut.

Pada 2017, gelandang 23 tahun tersebut debut bersama timnas Argentina dalam pertandingan persahabatan melawan Singapura sekaligus mencetak gol.

Jumat, 30 Juni: Huddersfield pinjam kiper Jonas Lossl

Kiper berkebangsaan Denmark Jonas Lossl akan memperkuat Huddersfield selama satu musim ke depan. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Huddersfield kembali memperkuat skuadnya dengan meminjam kiper berkebangsaan Denmark Jonas Lossl selama satu musim ke depan dengan pilihan pembelian. Saat ini kiper 28 tahun tersebut masih tercatat sebagai kiper bagi klub Jerman Mainz yang dibelanya sejak 2015 lalu.

Jumat, 30 Juni: Lorenzo Pellegrini bergabung dengan AS Roma

Penyerang timnas U21 Italia Lorenzo pindah ke AS Roma. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Penyerang timnas U21 Italia Lorenzo Pellegrini telah meresmikan kepindahannya dari Sasuolo ke AS Roma. Pellegrini menandatangani kontrak sepanjang lima tahun dengan nilai transfer sebesar 10 juta euro.

Jumat, 30 Juni: AC Milan gaet Fabio Borini dengan status pinjaman

Fabio Borini akan memperkuat skuad AC Milan dalam satu tahun ke depan dengan status pinjaman. Foto dari Twitter/@acmilan

Fabio Borini akan memperkuat skuad AC Milan dalam satu tahun ke depan dengan status pinjaman dari klub asalnya Sunderland. Kontrak tersebut juga berisi perjanjian pembelian seharga 5,3 juta poundsterling.

Jumat, 30 Juni: Mariano Diaz pindah ke Lyon

Pemain muda Real Madrid Mariano Diaz pindah ke Lyon. Foto dari Twitter/@OL

Pemain muda Real Madrid Mariano Diaz telah meresmikan kepindahannya dan bergabung bersama Olympique Lyon. Penyerang berkebangsaan Dominika tersebut menandatangani kontrak senilai 8 juta euro yang berlaku hingga lima tahun ke depan.

Jumat, 30 Juni: Pindah ke Huddersfield, Aaron Mooy jadi pemain Australia termahal

Bergabung dengan Huddersfield, Aaron Mooy jadi pemain Australia termahal. Foto dari Twitter/@htafcdotcom

Klub yang baru promosi ke Liga Primer, Huddersfield, kembali memperkuat skuadnya dengan membeli Aaron Mooy dari Manchester City.

Gelandang berkebangsaan Australia tersebut dibeli dengan harga 10 juta poundsterling, dan nilai tersebut cukup untuk memecahkan rekor sebagai pemain Australia termahal.

Jumat, 30 Juni: Nathan Ake pindah ke Bournemouth, pecahkan rekor

Nathan Ake pecahkan rekor pemain termahal Bournemouth. Foto dari Twitter/@afcbournemouth

Pemain muda asal Belanda Nathan Ake resmi pindah dari klub lamanya Chelsea dan akan bermain bersama Bournemouth. Klub tersebut harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli bek tengah tersebut, yakni dengan nilai transfer 20 juta poundsterling.

Jumlah tersebut sekaligus menjadi rekor pembelian termahal bagi klub yang baru bergabung di Liga Primer sejak musim 2015/16 tersebut.

Jumat, 30 Juni: Dibeli Everton, Henry Onyekuru dipinjamkan ke Anderlecht

Dibeli Everton, Henry Onyekuru dipinjamkan ke Anderlecht. Foto dari Twitter/@Everton

Klub Liga Primer Everton resmi membeli pesepakbola asal Nigeria Henry Onyekuru dengan nilai transfer 7 juta poundsterling dari KAS Aupen.

Namun Onyekuru yang menandatangani kontrak sepanjang lima tahun akan menghabiskan musim 2017/2018 bersama Anderlecht dalam status pinjaman.

Kamis, 29 Juni: Enzo Zidane pindah ke Alaves

Enzo Zidane pindah ke Alaves. Foto dari Twitter/@Alaves

Enzo Zidane telah meresmikan kepindahannya dari Real Madrid untuk bergabung dengan Alaves.

Bersama Alaves, putra dari Zinedine Zidane itu menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun yang akan berakhir pada 2020 mendatang. Dalam kontraknya dikabarkan mengandung klausul buy back sehingga di masa depan Real Madrid memiliki kemungkinan untuk kembali membelinya.

Kamis, 29 Juni: Jermain Defoe bergabung dengan Bournemouth

Jermain Defoe kembali bergabung dengan Bournemouth. Foto dari Twitter/@afcbournemouth

Pesepakbola berkebangsaan Inggris Jermain Defoe kembali bergabung dengan mantan klubnya Bournemouth dengan status free transfer. Sebelumnya, Defoe yang bermain untuk Sunderland memang telah mengirimkan sinyal tentang kepindahannya jika klub tersebut terdegradasi.

Defoe pernah bermain untuk Bournemouth selama satu musim, pada musim 2000/2001 dengan status pinjaman dari West Ham United.

Rabu, 28 Juni: AS Roma gaet Rick Karsdop

Rick Karsdorp pindah ke AS Roma dengan transfer senilai 14 juta euro. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Bek klub Feyenoord Rick Karsdop telah menandatangani kontrak sepanjang lima tahun tanda resminya kepindahan pemain 22 tahun tersebut ke AS Roma.

Pemain besutan akademi Feyenoord pindah dengan nilai transfer sebesar 14 juta euro, serta klausa tambahan hingga 5 juta euro jika dapat tampil dengan baik.

Selasa, 27 Juni: Crystal Palace tunjuk Frank de Boer jadi pelatih

Frank de Boer resmi jadi pelatih Crystal Palaca. Foto diambil dari @CPFC/Twitter

Crystal Palace resmi merekrut mantan pelatih Ajax Amsterdam dan Inter Milan Frank de Boer sebagai manajer baru mereka dengan kontrak selama tiga tahun.

Pelatih asal Belanda berusia 47 tahun tersebut menggantikan Sam Allardyce yang mundur pada akhir musim lalu. Dalam keterangannya, Frank de Boer mengatakan dirinya akan fokus pada klub barunya ini.

“Tidak, saya tidak ingin memikirkan (batu loncatan),” katanya. “Saya fokus pada pekerjaan ini sekarang dan apa yang terjadi di masa depan tidak penting.”

Sabtu, 24 Juni: Depoitre bergabung dengan Huddersfield Town 

Laurent Depoitre jadi pemain baru pertama Huddersfield Town setelah promosi ke Liga Primer. Foto dari Twitter/htafcdotcom

Klub yang baru promosi ke Liga Primer Inggris, Huddersfield Town kedatangan pemain baru perdananya di musim panas ini. Mereka membeli pemain asal Belgia Laurent Depoitre dari Porto dengan nilai transfer yang dikabarkan merupakan rekor termahal klub.

Penyerang 28 tahun tersebut menandatangani kontrak sepanjang dua tahun bersama Huddersfield.

“Saya sangat senang kami bisa menjadikan Laurent pemain baru pertama kami musim panas ini,” ujar pelatih Huddersfield, David Wagner.

Jumat, 23 Juni: Southampton tunjuk Pellegrino sebagai manajer

Southampton tunjuk Mauricio Pellegrino sebagai manajer. Foto dari Twitter/@southamptonfc

Southampton telah resmi menunjuk pelatih asal Argentina Mauricio Pellegrino sebagai manajer baru mereka pada Jumat, 23 Juni. Pellegrino ditunjuk menggantikan posisi Claude Puel yang dipecat setelah hanya satu tahun melatih Southampton.

Pellegrino yang baru berusia 45 tahun tersebut sebelumnya melatih klub Spanyol Alaves dan telah menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun bersama Southampton.

“Saya sangat senang menjadi pelatih baru Southampton FC. Klub ini memiliki reputasi yang baik sebagai klub dengan struktur yang kuat dan stabil, berkompetisi di Liga Primer, dan memainkan sepak bola yang atraktif,” ujar Pellegrino. 

Jumat, 23 Juni: Mohamed Salah hijrah ke Liverpool

Mohamed Salah kini berkostum Liverpool. Foto diambil dari @LFC

Pemain sayap AS Roma Mohamed Salah akhirnya diboyong Liverpool. Pemain asal Mesir tersebut dibandrol dengan harga 34 juta euro.

“Saya sangat gembira untuk berada di sini. Saya sangat senang,” kata Salah kepada situs resmi Liverpool, Kamis waktu setempat.

Salah sebelumnya pernah bermain di Inggris, yakni di Chelsea. Namun ia hijrah ke AS Roma di Italia. Kini ia kembali ke Liga Inggris dengan kostum Liverpool.

Salah akan menjadi bagian dari skema serangan Liverpool yang sudah dihuni Sadio Mane, Roberto Firmino, Divock Origi, dan Daniel Sturridge, meski nama terakhir telah dikait-kaitkan dengan kepindahan dari Anfield.

Rabu, 21 Juni: AS Monaco gaet winger muda Barcelona Jordi Mboula

Jordi Mboula perkuat skuad AS Monaco. Foto dari Twitter/@AS_Monaco

AS Monaco kembali memperkuat skuadnya dengan menghadirkan pemain sayap muda Jordi Mboula dari Barcelona.

Winger yang baru berusia 18 tahun tersebut merupakan salah satu bintang muda yang bersinar dalam ajang UEFA Youth League, menyarangkan delapan gol sekaligus terdaftar sebagai anggota timnas muda Spanyol.

“Jordi Mboula memperlihatkan kemampuan yang baik bersama tim akademi Barcelona, dan Monaco menawarkan lingkungan yang ideal untuk terus mengembangkannya,” tutur Wakil Presiden AS Monaco Vadim Vasilyev.

Jumat, 16 Juni: AS Monaco beli kiper dan gelandang baru

Diego Benaglio pindah dari Wolfsburg ke AS Monaco. Foto dari Twitter@AS_Monaco

Juara Ligue 1 Perancis AS Monaco kembali memperkuat skuadnya dengan mendatangkan kiper timnas Swiss Diego Benaglio dari Wolfsburg.

Kiper berusia 33 tahun tersebut menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun bersama Monaco.

Gelandang muda Soualiho Meita bergabung dengan AS Monaco. Foto dari Twitter/@AS_Monaco

Selain kiper, Monaco juga memberi gelandang muda Soualiho Meita dari klub Belgia Zulte Waregem. Meita juga merupakan mantan pemain klub Perancis Lille.

Pemain berusia 23 tahun tersebut menandatangani kontrak sepanjang lima tahun bersama AS Monaco dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 8 juta euro.

Jumat, 16 Juni: Jordy Gaspar bergabung dengan AS Monaco

Jordy Gaspar bergabung dengan AS Monaco. Foto dari Twitter/@AS_Monaco

Juara Ligue 1 Perancis AS Monaco telah resmi memperkuat skuadnya dengan mendatangkan bek Jordy Gaspar.

Pemain berkebangsaan Perancis tersebut dibeli dari Lyon dengan kontrak sepanjang 3 tahun yang akan berakhir pada Juni 2020 mendatang. 

Kamis, 15 Juni: Davy Klaassen bergabung dengan Everton 

Davy Klassenpindah dari Ajax ke Everton dengan nilai transfer sebesar 27 juta euro. Foto dari Twitter/@Everton

Davy Klassen telah resmi pindah dari Ajax ke Everton dengan nilai transfer sebesar 27 juta euro.

Gelandang serang berkebangsaan Belanda tersebut telah menandatangi kontrak sepanjang lima tahun yang akan berakhir pada 2022 mendatang.

Kamis, 15 Juni: Fernando Marcal pindah ke Lyon

Fernando Marcal bergabung dengan skuad Olympique Lyonnais. Foto dari Twitter/@OL

Olympique Lyonnais telah resmi mendatangkan bek kiri asal Brazil, Fernando Marcal, dari Benfica.

Marcal telah menandatangani kontrak sepanjang empat tahun dengan klub yang mengakhiri Ligue 1 musim lalu di peringkat empat tersebut.

Kamis, 15 Juni: Pindah ke Everton, Jordan Pickfor pecahkan rekor kiper termahal

Jordan Pickford pecahkan rekor sebagai kiper termahal. Foto dari Twitter/@Everton

Everton resmi menggaet kiper U-21 Inggris Jordan Pickford pada Kamis, 15 Juni dengan harga 25 juta poundsterling yang memiliki kemungkinan untuk bertambah menjadi 30 juta, tergantung pada performa tim.

Harga tersebut menjadikan Pickford memegang rekor termahal bagi seorang kiper di Inggris, sekaligus kiper termahal ketiga di dunia.

Harga fantastis tersebut rasanya pantas diberikan untuk Pickford yang baru saja menjadi salah satu pemain yang masuk dalam skuad pemain muda terpilih PFA, bahkan saat timnya, Sunderland, terdegradasi. 

Kamis, 15 Juni: Harry Maguire bergabung dengan Leicester City

Harry Maguire pindah dari Hull ke Leicester City. Foto dari Twitter/@LCFC

Leicester City memperkuat skuadnya dengan mendatangkan bek Harry Maguire dari Hull City. Pemain berusia 24 tahun ini bergabung dengan the Foxes dan menandatangani kontrak sepanjang lima tahun dalam dengan besaran yang tidak diungkapkan.

Maguire mengaku telah mendambakan kesempatan bermain bersama Leicester City.

“Saat pertama kali melihat klub ini, saya selalu ingin bergabung. Syukurlah sekarang saya berada di sini dan saya tidak sabar untuk segera memulai musim depan,” katanya dalam wawancara eksklusif bersama LCFC TV.

Kamis, 15 Juni: Bayern Munchen dapatkan Corentin Tolisso

Corentin Tolisso resmi menjadi pemain Bayern Munchen. Foto diambil dari @FCBayern/twitter

Raksasa Jerman Bayern Munchen resmi memboyong Corentin Tolisso dari Olympique Lyon dengan bandrol mencapai 37 juta euro untuk masa kontrak selama lima tahun.   

“Saya tidak sabar untuk bermain di salah satu klub terbaik di Eropa. Saya punya target tinggi bersama Bayern. Ini adalah hari besar bagi saya,” kata Tolisso di laman resmi Bayern.

Corentin Tolisso adalah pemain gelandang yang baru berusia 22 tahun. Kiprahnya di Olympique Lyon lumayan moncer. Ia, misalnya, mencetak 29 gol dari 160 penampilan.

Performa kinclong ini membuat namanya masuk dalam daftar pemain Timnas Prancis saat menghadapi Spanyol beberapa waktu lalu

Selasa, 13 Juni: Eduardo Berizzo ditunjuk sebagai manajer Sevilla

Eduardo Berizzo ditunjuk sebagai manajer Sevilla. Foto dari Twitter/@SevillaFC

Sevilla dan Eduardo Berizzo telah mencapai kesepakatan untuk membuat pria asal Argentina tersebut menjadi manajer klub untuk dua musim ke depan.

Berizzo pindah dari Celta Vigo, klub yang berhasil ia berikan kesuksesan dalam tiga musim terakhir. Di bawah asuhan Berizzo, Celta Vigo berhasil kembali berkompetisi di kancah Eropa, bahkan melaju hingga babak semifinal Liga Europa musim lalu.

Selasa, 13 Juni: AS Roma gaet Hector Moreno 

Hector Moreno resmi bergabung dengan AS Roma. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Bek asal Meksiko Hector Moreno resmi bergabung dengan AS Roma dengan kontrak sepanjang empat tahun yang akan berakhir pada 2021 mendatang.

Roma memboyong Moreno dari PSV Eindhoven dengan harga sekitar 5 juta euro. Ia mengaku senang dapat bergabung dengan tim yang bermarkas di Ibukota Italia tersebut.

“Ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan karir saya. Saya berharap dapat menampilkan kualitas individu sekaligus berkontribusi pada kesuksesan tim,” katanya di situs resmi klub

Selasa, 13 Juni: Ranieri jadi pelatih klub Liga 1 Perancis

Pelatih Leicester City, Claudio Ranieri, saat melawan Southampton, Minggu (22/1). Foto oleh Glyn KIRK / AFP

Claudio Ranieri yang dipecat dari Leicester City pada pertengahan musim lalu kini resmi diumumkan sebagai pelatih baru klub Liga 1 Perancis, Nantes.

Tim yang menyelesaikan liga musim lalu di posisi tujuh tersebut baru saja ditinggal pelatihnya Sergio Conceicao yang ingin kembali ke negara asalnya untuk melatih klub Porto.

“Hari ini, bersama Ranieri, kita akan melanjutkan yang sudah berjalan,” ujar pebisnis asal Polandia, Kita, yang merupakan pemilik klub Nantes.

Selasa, 13 Juni: Di Francesco ditunjuk sebagai pelatih Roma

Eusebio Di Francesco tanda tangani kontrak dua tahun sebagai pelatih baru AS Roma. Foto dari Twitter/@ASRomaEN

Mantan pelatih Sassuolo Eusebio Di Francesco telah resmi menandatangani kontrak sepanjang dua tahun sebagai pelatih AS Roma. Klub tersebut telah mencari pelatih baru sejak Luciano Spalleti diumumkan akan menukangi Inter Milan pada pekan lalu.

“Dengan gaya bermainnya, kami yakin ia cocok untuk Roma,” ujar Presiden Roma James Palotta.

Saat masih aktif, Di Francesco sempat bermain untuk Roma selama empat tahun dan sempat memenangkan gelar pada musim 2000/2001. Pelatih 47 tahun ini pun mengaku senang dapat menjadi pelatih mantan klubnya tersebut.

“Saya sangat senang dapat kembali ke Roma, dapat melatih klub yang selalu berarti banyak bagi saya,” katanya.

Senin, 12 Juni: AC Milan resmi gaet Andre Silva

Bintang muda Portugal Andre Silva resmi bergabung dengan AC Milan. Foto dari Twitter/@acmilan

AC Milan kembali memperkuat skuadnya dengan menggaet bintang muda Portugal Andre Silva dari FC Porto. Penyerang kelahiran 6 November 1995 tersebut menandatangani kontrak lima tahun dengan AC Milan yang akan berakhir pada 30 Juni 2022 mendatang.

“Saya sangat senang dengan tantangan baru ini,” ujar Silva dalam akun Twitternya. 


Minggu, 11 Juni: Bayern Munich resmi gaet Serge Gnabry dari Werder Bremen

Bayern Munich resmi gaet Serge Gnabry dari Werder Bremen. Foto dari Twitter/@FCBayernEN

Winger berkebangsaan Jerman Serge Gnarby resmi diumumkan sebagai pemain baru Bayern Munich pada Minggu, 11 Juni. Pria kelahiran 14 Juli 1995 tersebut pindah dari Werder Bremen dengan kontrak sepanjang tiga tahun.

“Bergabung dengan Bayern merupakan suatu kehormatan besar bagi saya. Saya menantikan waktu yang menyenangkan di hadapan saya,” tutur Gnarby seperti dikutip dari Twitter resmi Bayern.

Sabtu, 10 Juni: Victor Lindelof pindah ke Manchester United

Bek Benfica Victor Lindelof pindah ke Manchester United. Foto dari Twitter/@manutd

Benfica telah mencapai kesepakatan dengan Manchester United mengenai kepindahan pemain bertahan mereka Victor Lindelof ke skuad Setan Merah. Kabar tersebut diumumkan dalam situs resmi MU pada Sabtu, 10 Juni.

Proses transfer Lindelof akan segera diselesaikan setelah tes medis dan masalah administrasi. Bek asal Swedia ini akan menjadi bagian dari tim asuhan Jose Mourinho musim depan. 

Sabtu, 10 Juni: Schalke tunjuk pria 31 tahun sebagai pelatih

Schalke tunjuk pria 31 tahun, Domenico Tedesco, sebagai pelatih. Foto dari Twitter/@s04

Klub Bundesliga Schalke 04 telah resmi menunjuk Domenico Tedesco sebagai pelatih utama pada Sabtu, 10 Juni. Tedesco terhitung sangat muda untuk memegang peranan sebagai pelatih utama, ia baru berusia 31 tahun.

Musim lalu, Tedesco melakukan debutnya sebagai pelatih utama bersama FC Erzgebirge di tengah musim dan menyelesaikan 11 laga. Pria berkebangsaan Jerman-Italia tersebut menandatangani kontrak sepanjang 2 tahun dengan klub yang menyelesaikan liga di posisi 10 musim lalu itu. 

Tedesco memulai karier kepelatihannya dengan bekerja di skuad muda VfB Stuttgart sebagai asisten pelatih Thomas Schneider. 

Jumat, 9 Juni: Luciano Spalleti resmi menjadi manajer Inter Milan

Luciano Spalleti resmi tukangi Inter Milan. Foto dari Twitter/@inter

Luciano Spalleti resmi pindah dari AS Roma dan menjadi manajer Inter Milan pada Jumat, 9 Juni. Bersama skuad Inter, Spalleti menandatangani kontrak sepanjang 2 tahun.

Spalleti merupakan pelatih yang telah melalui laga Serie A terbanyak, 406 pertandingan bersama Empoli, Sampdoria, Venezia, Udinese, Ancona, dan AS Roma. Bersama Roma, ia pernah mendapatkan gelar pelatih terbaik pada akhir tahun 2006. 

Kamis, 8 Juni: Ricardo Rodriguez bergabung dengan skuad AC Milan

Bek kiri klub Jerman VfL Wolfsburg Ricardo Rodriguez bergabung bersama skuad AC Milan. Foto dari Twitter/@acmilan

Bek kiri klub Jerman VfL Wolfsburg Ricardo Rodriguez telah menyelesaikan proses kepindahannya untuk bergabung bersama skuad AC Milan mulai musim 2017/18. Kabar tersebut diumumkan secara resmi dalam akun Twitter AC Milan pada Kamis, 8 Juni. 

Rodriguez menandatangani kontrak sepanjang empat tahun yang akan berlaku hingga 30 Juni 2021 mendatang.

Kamis, 8 Juni: Craig Shakespeare jadi pelatih tetap Leicester City

Setelah menjadi penyelamat Leicester City sejak Februari saat pelatih mereka Claudio Ranieri dipecat, akhirnya Craig Shakespeare dipercaya sebagai pelatih tetap juara Liga Primer musim 2015/2016 tersebut. Foto dari www.lcfc.com

Setelah menjadi penyelamat Leicester City sejak Februari saat pelatih mereka Claudio Ranieri dipecat, akhirnya Craig Shakespeare dipercaya sebagai pelatih tetap juara Liga Primer musim 2015/2016 tersebut.

Shakespeare yang sebelumnya bertugas sebagai asisten pelatih ditunjuk sebagai pelatih tetap karena dianggap mampu memotivasi tim dan mengerti filosofi klub.

“Craig telah menunjukan kuailtas kepemimpinan, motivasi, serta manajemen bakat yang dibutuhkan. Kualitas tersebut diiringi dengan pengetahuannya tentang Leicester City dan filosofinya,” demikian pernyataan resmi Wakil Ketua Leicester City Aiyawatt Srivaddhanaprabha seperti dilansir situs resmi klub.

Shakespeare menandatangani kontrak sepanjang tiga tahun setelah musim lalu membawa Leicester City menyelesaikan musim di posisi 12.

Kamis, 8 Juni:  Villarreal boyong pemain bek Ruben Semedo

Ruben Semedo dibeli Villarreal dari dari Sporting Lisboa dengan harga sekitar 14 juta euro. Foto diambil dari @VillarrealCF/twitter

Klub La Liga Villarreal sukses merekrut pemain bak Ruben Semedo dari Sporting atau Sporting Lisboa dengan harga sekitar 14 juta euro.

“Ruben Semedo akan bermain untuk Villarreal untuk lima musim ke depan,” demikian pernyataan resmi dari Villarreal.

Sebelumnya Semedo disebut-sebut menjadi target utama dua klub Inggris, yakni Newcastle United dan Southampton. Namun Semedo lebih memilih berlaga di La Liga.

Kamis, 8 Juni: Inzaghi latih Lazio hingga 2020

Simeone Inzaghi mendapatkan perpanjangan kontrak hingga lima musim ke depan dar Lazio. Foto diambil dari @OfficialSSLazio/twitter

Simeone Inzaghi resmi memperpanjang kontraknya sebagai manajer Lazio hingga 2020. Ia diyakini akan mendapatkan bayaran sebesar 1 juta euro per musim.

“Saya senang bisa melanjutkan pekerjaan ini dan semoga kami dapat melakukan hal-hal besar musim depan,” kata Inzaghi seperti dilansir Sky Sports Italia.

Perpanjangan kontrak ini lantaran performa hebat Lazio di tangan Inzaghi yang mampu membawa Lazio finis di posisi kelima klasemen dan mencapai final Coppa Italia, walau gagal menjadi juara.

Kamis, 8 Juni: Borussia Dortmund boyong Maximilian Philipp

Pemain baru Borussia Dortmund Maximilian Philipp. Foto diambil dari @BVB/Twitter

Borussia Dortmund mendatangkan penyerang internasional Jerman berusia 23 tahun Maximilian Philipp dari Freiburg dengan harga tak kurang dari 20 juta euro. Maximilian Philipp disebutkan mendapatkan kontrak berdurasi 5 tahun. 

“Kami senang bisa mendapatkan pemain yang diminati di dalam dan luar negeri,” kata direktur olahraga Dortmund Michael Zorc. “Ia dapat dipasang pada berbagai posisi di gelandang serang, ia merupakan penyelesai (peluang) yang bagus dan prospek brilian.”.

Philipp bisa diplot sebagai bermain sayap kanan. Selain itu ia juga bisa dimainkan sebagai stiker atau penyerang lapis kedua.

Selasa, 6 Juni: Stefano Pioli ditunjuk sebagai pelatih Fiorentina

Stefano Pioli kembali ke Fiorentina sebagai pelatih. Foto dari Twitter/@acffiorentina

Stefano Pioli telah diumumkan sebagai pelatih baru Fiorentina pada Selasa, 6 Juni, tak lama setelah ia dipecat dari kursi kepelatihan Inter Milan.

Saat masih aktif sebagai pemain, Pioli pernah memperkuat skuad Fiorentina pada 1989 hingga 1995, sekaligus memegang ban kapten. Selain Fiorentina, pemain dengan posisi bek tengah ini juga pernah memperkuat Parma dan Juventus.

Selasa, 6 Juni: Borussia Dortmund tunjuk Peter Bosz sebagai pelatih

Peter Bosz resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Borussia Dortmund. Foto dari Twitter/@BVB

Peter Bosz resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Borussia Dortmund pada Selasa, 6 Juni. Sebelumnya, pada 30 Mei lalu Thomas Tuchel telah dipecat dari kursi kepelatihan klub yang musim lalu mengakhiri Bundesliga di posisi tiga tersebut.

Bosz menukangi Dortmund setelah menjadi manajer Ajax selama satu musim. Di bawah asuhannya, Ajax dapat melaju hingga babak final Piala Europa meskipun akhirnya takluk dari Manchester United. 

Pelatih berkebangsaan Belanda tersebut menandatangi kontrak yang berlaku hingga 2019 mendatang. 

Selasa, 6 Juni: Sead Kolasinac bergabung dengan Arsenal

Sead Kolasinac resmi bergabung dengan Arsenal. Foto dari Twitter/@Arsenal

Arsenal telah mengumumkan bergabungnya Sead Kolasinac dengan skuad asuhan Arsene Wenger tersebut dengan status free transfer mulai musim panas ini.

Pemain yang belum genap berusia 24 tahun ini merupakan gelandang berkebangsaan Bosnia yang telah bermain untuk Schalke sejak 2011. Kolasinac bergabung bersama Arsenal dengan kontrak sepanjang lima tahun.

“Saya sangat senang bisa berada di sini. Saya senang bisa menandatangani kontrak lima tahun bersama Arsenal,” tutur Kolasinac dalam wawancara resmi bersama klub. 

Senin, 5 Juni: Dan-Axel Zagadou bergabung dengan Borussia Dortmund

Dan-Axel Zagadou bergabung dengan skuad Borussia Dortmund. Foto dari Twitter/@ZagadouOfficial

Klub Bundesliga Borussia Dortmund telah resmi membeli rising star tim Paris Saint Germain (PSG) Dan-Axel Zagadou dengan status free transfer dalam kontrak yang akan berakhir pada 2022. 

Pemain muda berusia 18 tahun ini diumumkan akan menjadi bagian dari tim utama Dortmund mulai Juli mendatang.

Bek berkebangsaan Perancis ini memang belum pernah bermain bersama tim senior PSG, namun Dortmund percaya pada kemampuannya.

“Kami sangat yakin dengan kemampuan Zagadou. Kami menantikan untuk membantunya berkembang sebagai profesional di BVB,” tutur direktur olahraga Borussia Dortmund Michael Zorc dalam situs resmi klub

Zagadou pun berterima kasih kepada PSG yang telah membantunya berkembang selama ini dan mengaku tak sabar untuk merumput di Jerman.

“Ini adalah langkah yang besar untuk saya, dan saya tidak sabar untuk menghadapi tantangan selanjutnya,” kata Zagadou dalam pernyataan di akun Twitternya.


Jumat, 2 Juni: Kessie Franck dipinjamkan ke AC Milan

Kessie Franck bergabung dengan skuad AC Milan dalam status pinjaman selama dua tahun ke depan. Foto dari Twitter/@acmilan

Gelandang Atalanta Kessie Franck resmi diumumkan sebagai pemain AC Milan dengan status pinjaman selama dua tahun ke depan pada Jumat, 2 Juni, dengan pilihan pembelian di akhir.

Pemain berkebangsaan Pantai Gading tersebut mengaku senang dapat bergabung dengan AC Milan dan berharap banyak pada kepemilikan yang baru.

“Saya suka proyek AC Milan yang baru dengan kepemilikan baru seperti sekarang ini,” katanya dalam wawancara pertama bersama MilanTV.

AC Milan baru saja dibeli oleh pengusaha asal Tiongkok pada April lalu dan suntikan dana baru ini diharapkan dapat membuat banyak pemain bintang hijrah ke San Siro. 

Kamis, 1 Juni: Darren Fletcher bergabung dengan Stoke City

Darren Fletcher resmi bergabung dengan Stoke City mulai 1 Juli mendatang. Foto dari Twitter/@stokecity

Gelandang asal Skotlandia Darren Fletcher akan resmi bergabung dengan Stoke City mulai 1 Juli mendatang. Ia akan menjadi anak asuh dari sesama mantan pemain Manchester United Mark Hughes yang merupakan pelatih Stoke sejak 2013.

Fletcher yang pindah dari West Bromwich Albion dengan status free transfer ini mengaku faktor Hughes menjadi dorongan terkuat dalam keputusannya bergabung dengan Stoke City.

“Setelah berbincang dengan manajar, saya harus mengakui bahwa saya terkesan dengan kata-katanya,” tutur Fletcher dalam pernyataan resmi klub.

Kamis, 1 Juni 2017: Hijrah ke Manchester City, Ederson cetak rekor kiper termahal

Foto diambil dari @mailsport/Twitter

Penjaga gawang Benfica Ederson resmi hijrah ke Manchester City dengan bandrol sebesar 40 juta euro. Angka ini membuat Ederson menjadi kiper termahal di dunia, memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Gianluigi Buffon.

Saat ini Ederson dikabarkan sudah berada di Kota Manchester untuk menjalani tes medis sekaligus melengkapi berkas-berkas kepindahannya. Ia akan menjadi pemain kedua yang dibeli Manchester City setelah Bernardo Silva.

Selasa, 30 Mei: Liverpool resmi beli Dominic Solanke dari Chelsea

Liverpool resmi beli Dominic Solanke dari Chelsea dengan status 'free transfer'. Foto dari www.liverpoolfc.com

Liverpool telah resmi membeli penyerang Dominic Solanke dari Chelsea yang akan bergabung dengan The Reds mulai 1 Juli mendatang.

Penyerang 19 tahun tersebut pindah ke Liverpool dengan status free transfer karena kontraknya bersama Chelsea akan segera berakhir.

Selasa, 30 Mei: Asmir Begovic resmi pindah dari Chelsea ke Bournemouth

Kiper Chelsea berkebangsaan Bosnia Asmir Begovic resmi tanda tangani kontrak dengan Bournemouth. Foto dari Twitter/@AFC_Bournemouth

Kiper Chelsea berkebangsaan Bosnia Asmir Begovic resmi pindah ke Bournemouth dengan nilai transfer sekitar 15 juta pounds mulai 1 Juli mendatang.

Sebelumnya, saat masih berstatus sebagai pemain Portsmouth pada tahun 2007, Begovich juga pernah dipinjamkan ke Bournemouth. Begovic mengaku senang dapat bergabung dengan Bournemouth.

“Menjadi bagian dari klub yang meraih gelar juara seperti Chelsea sangat menyenangkan, tetapi saya merasa ini waktu yang tepat untuk move on karena saya ingin bermain sepak bola secara reguler,” ujarnya dalam pernyataan resmi klub.

Selasa, 30 Mei: Thomas Tuchel dipecat dari kursi kepelatihan Borussia Dortmund

Setelah dua tahun menukangi Borussia Dortmund, Thomas Tuchel resmi meninggalkan kursi kepelatihan. Foto dari Twitter/@BVB

Setelah dua tahun menukangi Borussia Dortmund, Thomas Tuchel resmi meninggalkan kursi kepelatihan setelah melalui rapat internal dengan CEO Hans-Joachim Watzke, Sporting Director Michael Zorc, serta penasehatnya Olaf Meinking pada Selasa, 30 Mei, meskipun kontraknya masih tersisa hingga 2018 mendatang.

Dortmund tidak menjelaskan secara rinci alasan pemecatan Tuchel, namun mereka menuliskan “Kepentingan Borussia Dortmund selalu berada di atas kepentingan individu dan di atas perbedaan yang ada” dalam pernyataan resmi klub.

Pemecatan ini dilakukan setelah adanya kabar perselisihan yang terjadi antara tim kepelatihan di bawah Tuchel dengan manajemen Dortmund.

Selasa, 30 Mei: Mateo Musacchio bergabung dengan AC Milan

Mateo Musacchio resmi bergabung dengan AC Milan. Foto dari Twitter/@acmilan

Bek Villareal asal Argentina, Mateo Musacchio telah resmi bergabung dengan AC Milan pada Selasa, 30 Mei. AC Milan mengumumkan kabar tersebut lewat Twitter resminya.

Bersama AC Milan, Musacchio telah menyepakati kontrak sepanjang empat tahun hingga 2021 mendatang.

Selasa, 30 Mei: Ernesto Valverde resmi jadi pelatih Barcelona

Ernesto Valverde resmi menjadi pelatih Barcelona. Foto dari Twitter/@fcbarcelona

Sepeninggal Luis Enrique yang menyudahi tugasnya sebagai pelatih Barcelona pekan lalu, juara Copa del Rey musim ini tersebut telah resmi menunjuk Ernesto Valverde sebagai pelatih barunya.

Sebelum hijrah ke Barcelona, Valverde merupakan pelatih Athletic Bilbao sejak tahun 2013 hingga 2017. Pelatih berusia 53 tahun tersebut juga pernah melatih klub Spanyol lainnya seperti Espanyol, Villareal, dan Valencia.

Jumat, 27 Mei: Bernardo Silva bergabung bersama Manchester City

Bernardo Silva resmi pindah dari Monaco ke Manchester City. Foto dari Twitter/@ManCity  

Playmaker asal Portugal Bernardo Silva resmi akan pindah dari klub lamanya Monaco untuk bergabung dengan Manchester City mulai 1 Juli mendatang.

Silva sempat dikabarkan juga menjadi buruan rival City, Manchester United, namun The Citizens berhasil mendapatkannya dengan harga yang dirumorkan mencapai 43 juta poundsterling.

“Sejujurnya, saat ini saya berada di salah satu tim terbaik dunia. Memiliki kesempatan untuk bergabung bersama Manchester City adalah sesuatu yang hebat,” ujar pria 22 tahun tersebut seperti dikutip dari situs resmi Manchester City.

—dengan laporan AFP/Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!