Jokowi berharap Indonesia kembali raih juara umum di SEA Games Kuala Lumpur

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jokowi berharap Indonesia kembali raih juara umum di SEA Games Kuala Lumpur

ANTARA FOTO

Pada SEA Games tahun 2015, Indonesia hanya mampu duduk di peringkat kelima. Gelar juara umum diraih Thailand

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo berharap Indonesia kembali keluar sebagai juara umum dalam pesta olah raga SEA Games yang diselenggarakan 19 – 30 Agustus di Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam penyelenggaraan SEA Games 2015 di Singapura, Indonesia hanya mampu duduk di peringkat kelima di antara 11 negara lainnya.

Dua tahun lalu, Indonesia meraih 47 medali emas, 61 medali perak dan 74 medali perunggu. Sementara, gelar juara umum diboyong oleh Thailand yang meraih 95 medali emas, 83 medali perak dan 69 medali perunggu. Maka, tahun ini Jokowi berharap ada perbaikan capaian prestasi.

“Ya, kita sebagai negara besar mestinya targetnya seperti itu (jadi juara umum). Kalau jadi 11 kali juara umum kan lebih baik,” ujar Jokowi ketika melepas kontingen atlet SEA Games di Istana Merdeka pada Senin, 7 Agustus.

Ia mengatakan tentu yang mengincar posisi sebagai juara umum tidak hanya Indonesia saja. Tetapi, 10 negara anggota ASEAN lainnya juga. Mereka semua ingin meraih medali emas sebanyak-banyaknya. Sebab, pencapaian di SEA Games menyangkut kebanggaan sebuah bangsa.

“Maka, pembinaan harus dilakukan secara terus menerus dengan kompetisi-kompetisi usia dini, remaja lalu naik ke tingkat nasional. Saya kira di semua cabang olah raga harus seperti itu. Tidak hanya kompetisi dan sistem pembinaan saja yang harus baik tetapi juga anggaran,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tanpa ketiga hal tadi, katanya, maka mustahil dapat memperbaiki prestasi para atlet Indonesia.

Jokowi juga berpesan kepada para atlet selama bertanding di SEA Games yaitu menjunjung tinggi spirit sportif, permainan yang adil, disipil dan sumber optimise rakyat Indonesia. Sebab, ketika mereka bertanding di Kuala Lumpur, akan ditonton oleh ratusan juta pasang mata di Tanah Air.

“Ingatlah bahwa di sana, saudara-saudara mewakili Indonesia, negara yang sudah 10 kali menjadi juara umum di SEA Games. Tunjukkan kepada dunia, bahwa bangsa kita adalah bangsa yang tangguh, dapat bersaing dan memiliki mental sebagai pemenang,” katanya.

Dari Indonesia, Jokowi mengaku menanti bendera merah putih dan lagu Indonesia Raya berkumandang di SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur.

Dallas SEA Games mendatang, Indonesia memberangkatkan total 534 atlet yang desert 166 official dan 55 perangkat pendukung. Sehingga, total kontingen yang diberangkatkan mencapai 755 orang. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!