Lepas tim ke SEA Games 2017, Ketua Umum PSSI bakar semangat pemain

Mahmud Alexander

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Lepas tim ke SEA Games 2017, Ketua Umum PSSI bakar semangat pemain

ANTARA FOTO

Luis Milla masih harus memastikan 20 nama yang akan dibawa ke Kuala Lumpur

JAKARTA, Indonesia – Timnas Indonesia U-22 yang akan berjuang menuju SEA Games Kuala Lumpur 2017 resmi dilepas oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi di Markas Komando Cadangan Starategis (Makostrad) TNI, Jakarta Pusat, Kamis malam, 10 Agustus.

Total ada 25 pemain timnas yang hadir dalam pelepasan tersebut. Selain timnas sepak bola, ada juga timnas futsal putri yang berjumlah 14 pemain.

“Untuk timnas futsal putra sedang pemusatan latihan di Lombok,” kata Edy.

Dalam sambutannya, pria berpangkat Letjen itu sempat memutarkan video yang ditujukan untuk membakar semangat pemain. Video tersebut berisi tentang pentingnya doa.

Dia juga memutarkan video heroik yang menceritakan seorang atlet yang berjuang habis-habisan dalam sebuah lomba lari meski cedera. Dia terus bersusah payah mencapai finis meski dengan kondisi lutut yang sobek dan dipapah.

“Saya putar ini karena untuk memotivasi pemain, untuk selalu percaya dengan kekuatan doa. Disambung dengan semangat pantang menyerah dalam berperang membawa nama bangsa,” Edy mengungkapkan.

Sekitar 30 menit, Edy terus membakar semangat para pemain sepak bola dan futsal, dengan suara lantangnya dan gaya bicara yang meledak-ledak.

Sakral di akhir

Tak hanya membakar semangat para pemain, Edy pun mencoba memainkan setting suasana. Tepat setelah dirinya menyelesaikan sambutan dan sesi motivasi, pemain kemudian diminta maju dan menjalankan upacara cium bendera.

Suasana semakin khidmat dan terasa sakral, karena prosesi tersebut diiringi dengan puisi yang mendayu-dayu, intonasi suaranya membuat setiap pemain terhanyut, beberapa pemain terlihat sempat menyeka matanya usai mencium bendera.

“Kami bukan pertama kali seperti ini, tapi suasananya tadi memang terasa beda. Semangat kami cukup besar untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” ucap Evan Dimas.

Sesuai peraturan SEA Games, hanya 20 nama yang bisa dibawa ke Kuala Lumpur. Karena baru 15 nama yang disetor ke KOI, otomatis akan ada empat nama non kiper yang akan dicoret. Pasalnya, pelatih Luis Milla ingin membawa 1 kiper sebagai cadangan.

Berikut daftar pemain yang mengikuti seremoni pelepasan ke SEA Games:

Kiper: Kurniawan Kartika Aji (Persiba Balikpapan), Ravi Murdianto (PS TNI), Satria Tama (Persegres Gresik United), Mochammad Diky Indriyana (Bali United)

Belakang: Andy Setyo (PS TNI), Hansamu Yama (Barito Putera), Bagas Adi Nugroho (Arema FC), Ryuji Utomo (Persija), Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Ricky Fajrin (Bali United), Rezaldi Hehanusa (Persija)

Tengah: M Hargianto (Persija), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema FC), Evan Dimas (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Gian Zola (Persib), Febri Haryadi (Persib), Miftahul Hamdi (Bali United), Osvaldo Hay (Persipura), Saddil Ramdani (Persela)

Depan: Ezra Walian (-), Marinus Mariyanto (Persipura), Yabes Roni (Bali United).

Namun, daftar pemain tersebut belum tentu akan diboyong pelatih Luis Milla ke Kuala Lumpur. Ia masih harus menentukan 20 nama nanti.  

– Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!