INFOGRAFIS: Keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

INFOGRAFIS: Keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2017

ANTARA FOTO

Kali terakhir Indonesia menjadi juara umum SEA Games pada tahun 2011 lalu

JAKARTA, Indonesia – Presiden Joko “Jokowi” Widodo menggantungkan harapan yang sangat tinggi kepada ratusan atlet dan kontingen Indonesia yang dikirim ke SEA Games ke-29 di Kuala Lumpur. Pesan Jokowi sangat jelas: bawa Indonesia kembali meraih juara umum.

Hal itu bisa dipahami, karena kali terakhir Indonesia menjadi juara umum di pesta olah raga se-Asia Tenggara tersebut pada tahun 2011. Menilik prestasi Indonesia lima tahun ke belakang, Indonesia kerap berada di posisi ketiga atau keempat di antara 11 negara.

Namun, apakah hal itu memungkinkan? Ternyata bagi Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Ahmad Sutjipto, harapan Jokowi sulit diwujudkan. Sebab, ada 30 cabang olah raga yang malah tidak ikut dipertandingkan di SEA Games 2017. Padahal, justru dari sana ladang medali emas bagi timnas.

“Dari cabor-cabor tadi kita kehilangan hampir 30 medali emas,” ujar Ahmad.

Maka tak heran jika Indonesia hanya menargetkan untuk meraih 55-79 medali. Angka itu justru berada di bawah pencapaian di SEA Games 2015 lalu. Itu pun hanya menempatkan Indonesia di peringkat keempat di antara 11 negara Asia Tenggara.

“Namun, kami tidak boleh beralasan peringkat turun karena kehilangan cabang potensial. Kami harus tetap bekerja keras karena banyak faktor yang mempengaruhi prestasi atlet,” kata dia.

Berikut Rappler tampilkan infografis mengenai keikutsertaan Indonesia di SEA Games 2017. Termasuk pencapaian tim merah putih dalam lima SEA Games ke belakang:

 – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!