SEA Games: Kalahkan Kamboja 2-0, Timnas lolos ke semifinal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

SEA Games: Kalahkan Kamboja 2-0, Timnas lolos ke semifinal
Sepanjang pertandingan Timnas terus menyerang dan menekan Kamboja

JAKARTA, Indonesia — Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 sukses menekuk Kamboja dengan skor 2-0 dalam laga penyisihan Grup B SEA Games 2017 di Stadion Shah Alam, Kuala Lumpur, Kamis 24 Agustus 2017. Hasil ini membuat Indonesia lolos ke semifinal.

Bermain dengan formasi 4-5-1, para pemain Timnas langsung menggempur pertahanan Kamboja. Timnas sempat mendapatkan peluang pada menit ke-4. Namun sepak pojok Septian David yang ditanduk Osvaldo masih melebar dari gawang Kamboja. 

Serangan demi serangan terus dilakukan para pemain Timnas. Mereka mengurung dan terus melakukan penetrasi ke barisan belakang lawan. Namun sampai menit ke-15 belum ada lagi ancaman serius ke gawang Kamboja.

Kamboja sendiri berulang kali mencoba melakukan serangan, namun pressing ketat dari para pemain timnas membuat mereka seringkali kesulitan untuk mengembangkan permainan.

Sampai menit ke-20, Timnas masih mengurung pertahanan Kamboja. Namun tempo yang dimainkan Evan Dimas dan kawan-kawan masih terlalu lambat. Akselerasi serangan dari kedua sayap juga belum terlihat.

Memasuki menit ke-30, pertandingan dihentikan sementara untuk water break. Kesempatan ini digunakan pelatih Luis Milla untuk memberikan instruksi kepada para pemain.

Kamboja langsung menyerang setelah water break. Untungnya tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilepaskan pemain depan Kamboja masih bisa ditepis kiper Timnas.

Kamboja mulai bisa berani keluar dari pertahanan mereka, meski masih sulit bagi mereka untuk bisa menembus barisan belakang Timnas. Karena, pada saat yang sama, Timnas masih mendominasi pertandingan.

Sampai menit ke-40, para pemain Timnas belum juga berhasil mengurai pertahanan Kamboja. Umpan-umpan lambung yang dilepaskan dari sayap juga masih belum menghasilkan gol.

Dalam tiga menit terakhir, para pemain Timnas menciptakan sejumlah kemelut di depan gawang Kamboja. Hanya saja, satu pemain Kamboja, yakni pemain bek kanan mereka, mendapatkan kartu merah pada menit ke-45+3.

Babak kedua

Memasuki babak kedua, para pemain Kamboja bermain jauh di dalam pertahanan mereka sendiri. Bahkan mereka tak menyisakan satu pemain depan pun di area Timnas. Bermain hanyan dengan 10 pemain barangkali membuat Kamboja ingin bertahan serapat mungkin.

Namun hal ini justru membuat para pemain Timnas semakin leluasa melakukan serangan. Hasilnya Timnas berhasil membobol gawang Kamboja pada menit ke-56 melalui sepakan Ezra Walian yang cepat memanfaatkan kemelut di depan gawang lawan.

Unggul 1-0 tak membuat para pemain timnas mengendorkan serangan. Mereka terus mengurung dan menyerang pertahanan Kamboja. Pada saat yang sama, beberapa pemain Kamboja hanya menunggu bola.

Uniknya, beberapa pemain Kamboja mudah sekali terjatuh. Bahkan, pemain bek kanan mereka, tiba-tiba terjatuh tanpa ada seorang pemain Timnas pun yang menyentuhkan.

Indonesia semakin meninggalkan Kamboja saat pemain gelandang Febri Hariyadi melesakkan tendangan keras yang gagal dihalau kiper Kamboja. Skor pun menjadi 2-0 untuk keunggulan Timnas pada menit ke-70. 

Para pemain Timnas masih terus mendominasi pertandingan meski telah unggul 2-0. Serangan demi serangan datang bergelombang, membuat para pemain Kamboja tak punya pilihan kecuali bertahan menjaga gawang mereka.

Sampai perpanjangan waktu 8 menit berakhir, skor 2-0 bertahan untuk kemenangan Timnas. Hasil ini membuat Timnas berhak melaju ke babak semifinal. Karena di tempat berbeda, Thailand sukses mengalahkan Vietnam.

 —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!