Berita hari ini: Rabu, 29 Maret 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Rabu, 29 Maret 2017
Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Rabu, 29 Maret 2017.

Dirjen Pajak: Dana tax amnesty paling besar datang dari Singapura

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mengatakan Singapura menjadi negara asal yang memuncaki jumlah repatriasi dan deklarasi harta luar negeri warga negara Indonesia jelang berakhirnya program pengampunan pajak pada 31 Maret. Staf Ahli Menteri Keuangan bidang kepatuhan pajak, Suryo Utomo mengatakan dari Rp 84,52 triliun, sekitar 57 persen berasal dari Singapura.

Negara asal repatriasi lainnya yakni Cayman Islands yang mencapai Rp 16,51 triliun, Hong Kong Rp 16,28 triliun, British Virgin Islands Rp 6,58 triliun dan Tiongkok Rp 3,65 triliun. Kemudian, untuk deklarasi luar negeri, Singapura menguasai 73 persen atau mencapai Rp 751,19 triliun.

Negara asal lainnya yang mendominasi deklarasi harta luar negeri WNI yaitu British Virgin Islands yang mencapai Rp 76,92 triliun, Hong Kong Rp 56,27 triliun, Caymand Islands Rp 52,86 triliun dan Australia Rp 41,15 triliun.

Seperti yang diketahui dari US$250 miliar atau Rp 3.250 triliun harta orang-orang dengan kekayaan sangat tinggi dari Indonesia di luar negeri, terdapat US$ 200 miliar atau Rp 2.600 triliun disimpan di Singapura.

Dari Rp 2.600 triliun kekayaan WNI di Singapura, sekitar Rp 650 triliun berada dalam bentuk “non-investable assets” seperti properti.

Menurut laman resmi pengampunan pajak DJP yang diakses pukul 14.00 WIB, jumlah komposisi harta berdasarkan surat pernyataan harta mencapai Rp4.679 triliun. Selengkapnya baca di sini.

Gelar konser ke luar negeri, Pasha tidak izin Kemendagri?

TIDAK IZIN? Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu menggelar konser bersama band Ungu di Singapura pada akhir pekan lalu. Namun, diduga keberangkatannya tanpa seizin Kemendagri. Foto oleh Basri Marzuki/ANTARA

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono, mengakui belum menerima surat pemberitahuan dari Wakil Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said atau yang biasa disebut Pasha. Beberapa waktu yang lalu, suami dari Adelia itu manggung ke Singapura band Ungu.

Menurut Sumarsono, pemberitahuan tersebut merupakan hal yang wajib dilakukan oleh kepala daerah yang hendak bepergian ke luar negeri. Surat pemberitahuan pun dikirimkan minimal 14 hari sebelum keberangkatan. Namun, Pasha baru bisa berangkat jika memang mengantongi izin dari Kemendagri.

“Sepertinya (surat izin) belum ada. Harusnya izin dulu. Nanti Dirjen Otda akan memproses. Soal Dirjen Otdanya enggak ada di tempat, itu bukan alasan. Ada staf kami yang mengurus itu,” ujar Sumarsono yang juga menjabat sebagai Plt Gubernur Jakarta saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta.

Jika alasan Pasha boleh bepergian karena konser dilakukan di hari libur, tetap saja itu tidak dibenarkan. Sebab, pejabat daerah tetap tidak bisa meningalkan pekerjaannya begitu saja.

“Hampir semua kepala daerah izin, tidak ada yang tidak izin,” katanya. Selengkapnya baca di sini.

Bawa sangkur ke sidang Ahok, ibu ini diamankan polisi

Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memasuki ruang sidang untuk menjalani sidang lanjutan kasus dugaan penistaan agama di PN Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (29/3). Foto oleh Hafidz Mubarak/ANTARA

Seorang ibu diamankan polisi karena kedapatan membawa sangkur saat akan akan mengikuti sidang kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki “Ahok: Tjahaja Purnama di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Rabu 29 Maret 2017.

Sangkur tersebut ditemukan petugas polisi saat mengecek isi tas tersebut di pintu masuk Auditorium Kementerian Pertanian. Ibu itu kemudian langsung digiring ke Mapolres Jakarta Selatan untuk diperiksa.

“Berdasarkan pengakuannya dia memang terbiasa membawa itu (sangkur), tetapi kita masih melakukan pendalaman,” kata Kabag Ops Polres Metro Jakarta Selatan AKBP Dony Alexander. Baca berita selengkapnya di sini.  

Perahu terbalik di Pantai Kasuari, 6 penumpang tewas

Nelayan mengendalikan perahu saat melewati ombak di perairan Selat Malaka, Ujong Blang, Lhokseumawe, Aceh, Selasa (28/2). Foto oleh Rahmad/ANTARA

Sebelas orang menjadi korban setelah perahu yang mereka tumpangi terbalik di Pantai Kasuari, perbatasan Timika-Asmat, Papua, Selasa pagi, sekitar pukul 06.30 WITA.  

Perahu tersebut bertolak dari distrik Agats menuju Pantai Kasuari. Namun di tengah perjalanan, ombak menggulung perahu tersebut hingga terbalik, menumpahkan semua penumpang ke laut.

Empat penumpang berhasil selamat sementara tujuh lainnya hilang. Hari ini Tim SAR berhasil menemukan 6 dari 7 penumpang yang hilang. Namun, keenam penumpang tersebut telah tewas. Dua dari enam korban tewas adalah balita. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!