Berita hari ini: Senin, 24 April 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Senin, 24 April 2017

ANTARA FOTO

Perkembangan berita terbaru yang perlu Anda ketahui.

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Senin, 24 April 2017.

Usai PDIP kalah dalam dua Pilkada, Megawati nyekar ke makam Bung Karno

Ketua Umum DPP PDIP Megawat Soekarnoputri melakukan ziarah ke makam ayahnya, Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Jawa Timur. Dia datang didampingi sejumlah petinggi DPP PDIP seperti Sekjen DPP Hasto Kristiyanto, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, dan petinggi partai lainnya.

Kepala Badan Intelijen Negara, Jenderal Budi Gunawan pun ikut mendampingi. Begitu tiba sekitar pukul 12:15 WIB, rombongan langsung masuk ke dalam areal makam.

Wartawan pun tidak diizinkan mendekat dan hanya bisa memantau dari jarak sekitar 25 meter. Warga pun juga tidak diizinkan mendekat selama proses doa yang dilakukan oleh Megawati dengan rombongan.

“Kami menunggu dari luar. Tadi, ada rombongan dari Bu Megawati yang datang, ziarah,” ujar salah seorang peziarah asal Surabaya, Megawati.

Saat berziarah, Megawati mengenakan baju berwarna putih. Dia langsung masuk dan bersimpuh di hadapan makam ayahandanya tersebut. Hal itu juga diikuti seluruh rombongan yang ikut berziarah.

Usai berziarah, Megawati tidak memberikan komentar apa pun mengenai kegiatannya itu. Selengkapnya baca di sini.

Besok, Rizieq Shihab diperiksa Polda Metro Jaya terkait kasus ‘baladacintarizieq’

DIPERIKSA. Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (kanan) memenuhi panggilan Bareskrim Polri di Jakarta, Kamis, 3 November. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

Polda Metro Jaya rencananya akan memanggil pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab dan isteri terkait kasus foto dan video kasus ‘baladacintarizieq’. Keduanya dijadwalkan diperiksa pukul 10:00 di Mapolda Metro Jaya.

“Iya betul. Panggilannya sekitar pukul 10:00 WIB, kalau tidak ada perubahan,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono.

Keduanya dipanggil dalam statusnya sebagai saksi. Surat pemanggilan pun sudah dikirimkan sejak hari Sabtu kemarin. Selengkapnya baca di sini.

Muhammadiyah Jawa Timur tetapkan awal puasa 27 Mei 2017

Pekerja menggunakan tangga mengerjakan salah satu bagian komponen payung elektrik proyek perluasan pembangunan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Selasa (28/3).Foto oleh Ampelsa/ANTARA

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1438 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 27 Mei 2017.

“Sesuai sistem hisab yang sudah dilakukan Muhammadiyah, awal puasa tahun ini pada 27 Mei mendatang,” kata Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Nadjib Hamid, Senin 24 April 2017..

Sehingga, Nadjib Hamid melanjutkan, umat Islam Indonesia sudah bisa melaksanakan salat tarawih pada Jumat malam tanggal 26 Mei. Baca berita selengkapnya di sini.  

Korban tewas penembakan polisi di Lubuk Linggau bertambah menjadi dua orang

Lubang bekas peluru pada mobil yang menjadi barang bukti kasus penembakan mobil di Lubuk Linggau, di Mapolda Sumsel, Palembang, Jumat (21/4). Barang bukti tersebut diserahkan kepada Direktorat Khusus Kriminal Umum Polda Sumsel untuk diperiksa sebagai bahan penyelidikan kasus penembakan oleh polisi yang mengakibatkan satu korban tewas dan enam korban luka-luka. ANTARA FOTO/Feny Selly/nz/17

Korban tewas akibat penembakan oleh oknum polisi Brigadir K bertambah menjadi dua orang. Pada Senin dini hari, korban luka Indrayani menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Dia sempat dirawat secara intensif selama satu pekan di ruang instalasi gawat darurat (IGD).

“Jenazah sudah dibawa pulang jam 07:30 WIB,” ujar humas RSMH Palembang, Hayati ketika dihubungi melalui telepon.

Indrayani sudah menjalani perawatan di RSMH Palembang sejak Rabu, 19 April. Peristiwa penembakan bermula ketika mobil yang ditumpangi Indrayani kabur ketika personel Polsek Timur 1 Kota Lubuk Linggau menggelar razia di pertigaan Jalan Fatmawati-Lubuk Linggau Timur-Jalan Timur pada Selasa malam, 18 April.

Saat mobil berjenis sedan Honda City itu dihentikan polisi, pengemudi tidak menggubris dan mencoba menabrak anggota polisi yang tengah merazia. Selengkapnya baca di sini.

Jusuf Kalla minta Sandiaga atasi kesenjangan di Jakarta

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama istri Mufidah Jusuf Kalla menunjukkan jari seusai memberikan suara pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua di TPS 3 Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (19/4). Foto oleh Wahyu Putro/ANTARA

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengucapkan selamat atas terpilihnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur DKI terpilih versi hitungan cepat sejumlah lembaga survei.

“Sebelumnya, saya ucapkan selamat datang dulu kepada Sandi,” kata Jusuf Kalla saat penutupan Kongres Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia 2017 di Hotel Sahid, Jakarta, Senin, 24 April 2017.

Dalam kesempatan tersebut Jusuf Kalla juga memberikan wejangan kepada Sandiaga agar kesenjangan yang selama ini menjadi persoalan di Jakarta segera diatasi. Baca berita selengkapnya di sini.  

Korban tabrakan maut di Jalur Puncak dapat santunan

Dua anggota BPBD Kabupaten Bogor melihat kondisi sejumlah kendaraan roda dua yang ringsek di Unit Laka Lantas Polsek Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (22/4). Fot oleh Arif Firmansyah/ANTARA

PT Jasa Raharja memberikan santunan kepada keluarga empat korban yang tewas dalam kecelakaan beruntun yang terjadi di Tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, pada Sabtu 22 April 2017.

Masing-masing keluarga korban tewas tersebut mendapatkan santunan sebesar Rp 25 juta. Santunan diberikan pada Minggu, 23 April 2017. Selain kepada korban tewas, Jasa Raharja juga memberikan santunan sebesar Rp 10 juta kepada 10 korban luka yang dirawat di RSUD Ciawi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bus HS yang diduga mengalami rem blong menabrak sejumlah kendaraan, antara lain mobil Grand Livina, Daihatsu Ayla, Toyota Avanza, Toyota Rush, dan angkutan umum, dan dua sepeda motor. Baca berita selengkapnya di sini.  

Sidang dugaan penodaan agama, Ahok tulis sendiri nota pembelaan

Terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berbincang dengan kuasa hukumnya usai sidang lanjutan dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (20/4). Foto oleh Muhammad Adimaja/ANTARA

Gubernur DKI Jakarta Basuki “Tjahaja” Purnama akan membacakan nota pembelaan atau pledoi dalam sidang lanjutan perkara dugaan penodaan agama di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan besok.

Anggota Tim Pengacara Ahok, I Wayan Sudirta, mengatakan nota pembelaan tersebut akan ditulis sendiri oleh Ahok agar mewakili langsung perasannya.

“Agar bisa mengungkapkan perasaan yang paling dalam. Apa yang menjadi sikap dan prinsip hidupnya. Dan bagaimana dia meyakini tidak ada penodaan agama dan penghinaan ulama,” kata Wayan. Baca berita selengkapnya di sini.

Erwin Aksa: Saya pinjamkan helikopter bukan untuk gaya-gayaan tapi efisiensi waktu

BERTEMU. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) berjabat tangan dengan calon Gubernur DKI Anies Baswedan (kiri) sebelum melakukan pertemuan di Balai Kota, Jakarta, Kamis, 20 April. Anies Baswedan yang unggul dalam hitung cepat pada Pemilihan Gubernur DKI 2017 putaran kedua. Foto oleh Hafidz Mubarak A./ANTARA

Direktur Utama PT Bosowa Energy, Erwin Aksa menjelaskan alasannya meminjamkan helikopter kepada cagub Anies Baswedan pada Kamis pagi kemarin bukan sekedar ingin gaya-gayaan. Melainkan demi efisiensi waktu agar Anies tidak terlambat bertemu dengan Gubernur Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama di Balai Kota. Ahok ketika itu harus meninggalkan kantornya pukul 08:15 untuk menghadapi sidang tuntutan dalam kasus penodaan agama Islam.

Sementara, pada pagi itu, Anies sudah memiliki agenda lain sebelum bertemu Ahok. Anies tidak menyebutkan apa agendanya sebelum hendak ke Balaikota.

“Karena waktunya sangat sedikit dan Pak Anies juga ada acara (sebelumnya) ya tidak ada cara lain harus menggunakan moda helikopter. Artinya, kita bukan untuk gaya-gayaan. Tidak ada,” ujar Erwin dalam sebuah acara di Jl Simprug Golf Senayan.

Dia mengatakan helikopter itu naik atau mendarat di tengah publik. Erwin menggarisbawahi yang terpenting Anies bisa tiba di sana tepat waktu untuk melakukan rekonsiliasi.

Rekonsiliasi itu penting untuk diketahui masyarakat. Walaupun Pilkada panas, tetapi masyarakat bisa menyelesaikan tugasnya dalam menggunakan hak suara, mendapatkan pemimpin terpilih dan kembali ke aktivitas seeperti biasa.

“Kami ingin masyarakat Jakarta ini mengetahui benar bahwa kedua pemimpin ini merupakan seorang negarawan yang menerima hasil demokrasi itu. Jadi, esensi mau naik apa, nanti kalau naik Go-Jek terus dianggap pencitraan lagi ya kan?” katanya. Selengkapnya baca di sini.

Gempa di Tasik, getarannya hingga Garut dan Bandung

Foto oleh Claudio Peri/EPA

Gempa bumi berkekuatan 5.4 Skala Richter yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya pada Senin dinihari sekitar pukul 01.00 WIB terasa hingga ke Garut dan Bandung.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa terjadi di 58 KM Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 13 KM. Gempa sempat membuat warga Garut panik.

“Dikira ada yang menggoyangkan badan saya, tapi ternyata ada gempa, guncangannya sangat terasa,” kata Komara, Warga Garut. Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa ini. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!