Berita hari ini: Kamis, 24 Agustus 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 24 Agustus 2017

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 24 Agustus 2017.

Bendera Malaysia dibakar di tengah aksi unjuk rasa di Medan

Kendati Pemerintah Malaysia sudah meminta maaf atas insiden bendera Indonesia yang terbalik ketika dicetak di buku souvenir SEA Games, namun rupanya hal tersebut tidak membuat sebagian publik Indonesia puas. Teranyar, pada Selasa kemarin, sekelompok massa berunjuk rasa di depan gedung Konsulta Jenderal Malaysia di Jalan Diponegoro di Medan.

Mereka mengaku kesal lantaran bendera Indonesia yang dicetak justru malah terbalik.

Aksi pembakaran bendera itu mendapat tanggapan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin. Ia mengaku tidak dapat berbuat banyak untuk meredam amarah rakyat Indonesia.

“Sejauh yang kami tahu, kami telah meminta maaf secara resmi dan saya juga menyampaikan hal yang sama secara langsung kepada mitra saya (Menpora Imam Nahrawi). Kami sudah menarik buku tersebut dan mencetak buku baru. Sementara, buku baru itu sudah kami serahkan kepada mitra kami. Kami sudah melakukan berbagai hal yang kami mampu,” ujar Khairy kepada media setempat.

Ia mengaku sudah berupaya yang terbaik untuk menyelesaikan isu tersebut dengan Indonesia. Namun, apa pun yang dilakukan rakyat Indonesia, ia mengaku tidak dapat mengendalikannya. Selengkapnya baca di sini.

Menteri Pendidikan: 30 ribu sekolah berada di zona bencana

Guru-siswa kelas III melakukan kegiatan belajar-mengajar (KBM) di ruang kelas darurat di SD Negeri 03 Mulyosari, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (23/8). FOTO oleh Destyan Sujarwoko/ANTARA

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan ada sekitar 30 ribu sekolah yang berada di zona bencana. Sekolah-sekolah tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebanyak 30.000 sekolah yang masuk dalam zona bencana dan nanti akan kita prioritaskan untuk mendapatkan pendidikan kebencanaan,” kata Mendikbud di Magelang, Kamis 24 Agustus 2017.

Menteri Muhadjir mengatakan sekolah yang berada di zona bencana tersebut penanganannya tergantung tipe bencana di daerah tersebut. 

“Sekarang sekolah-sekolah yang kita bangun baru sudah mulai standard, terutama di daerah rawan bencana gempa,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini.

Menhub Budi Karya minta maaf usai pegawainya ditangkap KPK

MAAF. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maaf karena pegawai Kemenhub kembali terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK pada Rabu malam, 23 Agustus. Foto oleh Fakhri Hermansyah/ANTARA

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta maaf atas pegawainya yang kembali terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi. Ini merupakan kali kedua pegawainya ditangkap KPK akibat dugaan menerima uang suap.

“Atas nama pribadi dan Kementerian Perhubungan, saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rakyat Indonesia, karena kejadian ini kembali terulang,” ujar Budi dalam keterangan persnya.

Terakhir kali, pegawai Kemenhub terjaring OTT satgas Saber Pungli pada Oktober 2016. Padahal, sejak awal ia sudah memberikan peringatan keras agar jajarannya tidak menerima uang suap. Kendati begitu, ia tetap menunggu pernyataan resmi terkait OTT itu.

“Prihatin, karena sejak awal saya sudah keras supaya jangan ada orang Kemenhub yang menerima uang suap atau korupsi. Selanjutnya, kami masih menunggu pernyataan resmi dari Komisi Pemberantasan Korupsi mengenai detail operasi tangkap tangan terhadap pejabat Kemenhub. Kami juga menjunjung tinggi kegiatan yang dilakukan oleh KPK tersebut,” kata Budi.

Sementara, Plt Kepala Biro Humas Kemenhub, Hengky Angkasawan membenarkan ada ruangan yang sudah disegel oleh KPK. Ruangan milik seorang Direktur Jenderal (Dirjen).

“Ada penyegelan, tetapi hanya di ruang Pak Dirjen saja,” kata Hengky. Selengkapnya baca di sini.

BMKG: Suhu di Banda Aceh mencapai 36 derajat celcius

Puluhan hektar sawah terancam kekeringan akibat kemarau panjang dan suhu panas yang melanda Provinsi Aceh. Foto oleh Habil Razali/Rappler

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang, Bintang Zakaria, mengatakan suhu di Kota Banda Aceh saat ini mencapai 36 derajat celcius.

“Kemarin alat kita yang terpasang menunjukan 36 derajat Celcius,” kata Bintang Zakaria di Aceh Besar, Kamis 24 Agustus 2017. Suhu 36 derajat celcius tersebut telah terjadi sejak sepekan terakhir.

Zakaria mengatakan melonjaknya suhu di Banda Aceh antara lain karena terpengaruh gelombang panas air laut yang menyebabkan meningkatnya suhu udara.

Biasanya suhu di Kota Banda Aceh saat matahari bersinar terik hanya berkisar antara 32 sampai 34 derajat Celcius. “Kami perkirakan peningkatan suhu udara itu berlangsung hingga akhir bulan ini,” katanya. Baca berita selengkapnya di sini

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!