7 wajah baru selebriti di DPR

Johana Purba

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

7 wajah baru selebriti di DPR
Sejumlah anggota baru di DPR diwarnai wajah-wajah familiar yang sering wara-wiri di layar kaca. Siapa saja mereka dan apa tujuan mereka?

JAKARTA, Indonesia — Dunia politik itu kejam sekaligus penuh kejutan. Kejam bagi Angel Lelga namun penuh kejutan bagi Venna Melinda. 

Penyanyi dangdut yang berganti profesi menjadi politisi dadakan, Angel Lelga gagal meraih mimpinya menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), sementara aktris dan instruktur salsa yang baru-baru ini dirundung perceraian, Venna Melinda, berhasil bertahan menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019.

Selebriti menduduki kursi di gedung kura-kura Senayan bukan hal baru, tapi penampilan dan performa mereka tetap menarik untuk disorot. Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Rachel Maryam, Rieke Diah Pitaloka, dan Tantowi Yahya adalah beberapa punggawa dunia entertainment yang terpilih kembali menjadi wakil rakyat yang baru saja dilantik Rabu (1/10) kemarin.

Sejumlah wajah baru juga terlihat gegap gempita menginjakkan kaki di Senayan. Janji mereka untuk menyejahterakan rakyat pun patut ditunggu.

Siapa saja “anak baru” DPR dari kalangan selebriti?

Anang Hermansyah

Semenjak bercerai dengan pop superstar Krisdayanti dan menikah dengan artis muda Ashanty, karir Anang makin menanjak. Dia pun makin sadar politik. Bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Anang mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif dalam pileg 9 April lalu, dan tanpa disangka, ia lolos ke DPR. Menjadi wakil dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur IV, yang meliputi Kabupaten Lumajang dan Jember, Anang sukses meraup suara terbanyak di dapilnya dengan 37,439 suara.

Desi Ratnasari

Penyanyi lagu Tenda Biru ini tak lagi bersedih hati. Ia dipercaya warga Dapil Jawa Barat IV untuk menjadi wakil mereka di DPR. Desi yang didukung oleh PAN adalah seorang lulusan program magister psikologi, Universitas Indonesia. Sesuai dengan latar belakangnya, Desi berharap ditempatkan di Komisi VIII yang membidangi perlindungan perempuan.  

Krisna Mukti

Presenter dan penyanyi dangdut Krisna Mukti kini tidak hanya muncul di infotainment karena gosip panas. Krisna yang dicalonkan oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap masuk ke Komisi X yang membidangi kesenian, budaya, pemuda, olahraga, dan pariwisata. Tak heran karena komisi ini memang yang paling sering diminati oleh anggota dewan yang berlatarbelakang selebriti.

Moreno Soeprapto

Debut politik pria kelahiran 14 November 1982 ini langsung diwarnai kesuksesan setelah lolos ke DPR dari Dapil Jawa Timur V. Selama masa kampanye, adik pembalap Ananda Mikola yang diusung Partai Gerindra ini berjanji akan membangun dunia olahraga di Indonesia di Komisi X.

 

Nico Siahaan

 

Presenter berdarah batak ini diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Sama seperti Moreno, ini adalah kali pertama Nico menjajal dunia politik. Dalam kampanyenya, pria yang berasal dari Dapil Jawa Barat I ini mengatakan akan fokus pada dunia pendidikan, mulai dari penyederhanaan kurikulum hingga memperbanyak sekolah kejurusan untuk menciptakan sumber daya manusia yang siap kerja.

Jamal Mirdad

Penyanyi senior Indonesia Jamal Mirdad juga mampu melangkah ke Senayan dalam debutnya. Diusung Partai Gerindra, ayah Naysila dan Nana Mirdad ini merengkuh 95.584 suara dari Dapil Jawa Tengah I.

Lucky Hakim

Pemain sinetron berwajah tampan Lucky Hakim lolos ke Senayan setelah dipercaya warga Dapil Jawa Barat VI untuk menjadi wakil mereka. Lucky, yang dicalonkan oleh PAN, sempat dituduh curang selama masa pemilu karena membeli suara, mengatakan tak ambil pusing dengan tuduhan yang belum terbukti. Menurut Lucky, profesinya sebagai bintang sinetronlah yang mendongkrak popularitasnya hingga meraih lebih dari 50.000 ribu suara.  —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!