Jenazah pilot pesawat Cessna yang jatuh di Papua berhasil dievakuasi

Banjir Ambarita

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Jenazah pilot pesawat Cessna yang jatuh di Papua berhasil dievakuasi
Jenazah akan diterbangkan ke Jakarta pada sore ini.

JAYAPURA, Indonesia – Pilot pesawat Cessna jenis Grand Caravan C208 milik maskapai PT Spirit Avia Sentosa, Kompol Rio Pasaribu, akhirnya berhasil dievakuasi. Namun, dia ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Pesawat diketahui jatuh pada Rabu, 12 April sekitar pukul 12:40 WIT di atas Bukit Anem dengan ketinggian 6.400 kaki. Saat itu pesawat tengah mengangkut bahan makanan dari Bandara Tanah Merah, Boven Digul menuju ke Pegunungan Bintang. Jenazah berhasil dievakuasi oleh tim SAR yang beranggotakan 8 orang.

Rencananya jasad Kompol Rio akan diterbangkan menuju ke Bandara Sentani, Jayapura. Tim SAR juga berhasil menemukan kotak berwarna perak yang diduga adalah kotak hitam pesawat.

Cuaca pegunungan Papua yang cukup ekstrem membuat tim SAR memutuskan evakuasi jenazah dilakukan dengan berjalan kaki menuju ke desa terdekat. Kemudian, jenazah diangkut dengan helikopter menuju ke Bandara Oksibil.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Ahmad Mustafa Kamal mengatakan proses evakuasi sangat sulit karena cuaca yang ekstrem dan lokasi jatuhnya pesawat yang curam. Belum lagi kondisi geografis pegunungan di sekitar area bertebing.

“Meski sulit, tapi evakuasi sudah berhasil. Kini, jenazah pilot akan diangkut menuju ke Bandara Sentani Jayapura,” kata Ahmad.

Setelah itu, sore ini, jenazah akan diangkut menuju ke Jakarta dengan menggunakan pesawat komersial.

“Sore ini, jenazah akan diangkut menggunakan maskapai Batik Air ke Jakarta untuk dibawa ke kampung halamannya,” tutur dia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!