Makna 1998 bagi si belia Chelsea Islan

Johana Purba

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Transformasi Chelsea Islan, dari Merry Riana ke Diana.

Aktris muda Chelsea Islan tengah naik daun. Itu karena keberaniannya mengambil peran-peran yang berbeda dalam setiap filmnya.  

Wanita berusia 19 tahun ini mengawali karirnya dari dunia model. Dia tampil di video klip Tak Lagi Sama, sebuah single dari band Noah. Gadis bernama lengkap Chelsea Elizabeth Islan ini kemudian mulai dilirik untuk bermain film layar lebar. Film perdananya berjudul Refrain

Chelsea baru benar-benar dikenal setelah bermain dalam serial drama komedi Tetangga Masa Gitu. Dari situ wajahnya kian familiar di masyarakat dan tawaran film pun berdatangan. 

Akhir tahun lalu Chelsea didapuk bermain film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dollar, sebuah film biografi tentang seorang pakar keuangan dan motivator terkenal. Kemudian ia bermain sebagai Diana dalam film Di Balik 98, film drama keluarga berlatar belakang peristiwa Tragedi Mei 1998. 

Perannya sebagai Merry Riana maupun Diana cukup bertolak belakang. Namun satu benang merahnya, ada peristiwa Mei 1998. Jika Merry adalah wanita keturunan Tionghoa yang mengungsi ke luar negeri, Diana adalah aktivis kampus yang kehilangan kekasihnya seorang pria keturunan Tionghoa.

Dalam film Di Balik 98,Chelsea mengaku mengambil waktu cukup panjang untuk mendalami perannya. Maklum saja, pada peristiwa itu terjadi, Chelsea masih berusia 3 tahun. “Saya datang ke Universitas Trisakti hampir setiap minggu. Saya juga melihat museum reformasi di kampus itu,” terangnya. 

Chelsea juga melakukan perubahan dalam penampilannya. Jika dia biasanya tampil feminin, kini dia lebih tomboy dan berkulit gelap.

Berangkat dari perannya itu, Chelsea mendalami lebih jauh tentang peristiwa 1998. “Pendapat saya tentang peristiwa 1998 itu sejarah Indonesia yang fenomenal, anak-anak sekarang harus tahu. Bisa menginspirasi untuk belajar,” ucap wanita berzodiak Gemini ini. 

Lebih dari itu menurut Chelsea, film Di Balik 98 membawa pesan damai untuk masyarakat, khususnya generasi muda sekarang ini. “Belajar dari sejarah kita, kita harus berdamai satu sama lain. Harus menghargai semua. Belajarlah dari sejarah,” tandasnya.

Mendatang Chelsea terlibat dalam film Guru Bangsa: Tjokroaminoto dengan sutradara Garin Nugroho. Di situ Chelsea akan beradu akting dengan aktor top tanah air seperti Reza Rahadian, Putri Ayudya, Tanta Ginting, Maia Estianty, Ibnu Jamil, dan Alex Abbad. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!