Istri kelima Hamengku Buwono IX meninggal dunia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Istri kelima Hamengku Buwono IX meninggal dunia

EPA

Semasa hidupnya, Norma tinggal di Istana Swarna Bhumi, Bogor, yang khusus dibangun Sultan Hamengku Buwono untuk istri kelimanya tersebut

YOGYAKARTA, Indonesia — Istri kelima almarhum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Kanjeng Raden Ayu Nindyokirono, meninggal dunia Rabu malam, 2 September.

“Akan dimakamkan di Saptorenggo Imogiri, Kamis, 3 September 2015,” demikian menurut informasi yang diterima Rappler, Kamis pagi.

Sebelum diantarkan ke peristirahatan terakhir, jenazah disemayamkan di rumah duka, di Kagungan Dalem Bangsal Manis Keraton Yogyakarta pukul 10 pagi, Kamis.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX adalah ayah dari pemimpin Yogyakarta saat ini, Hamengku Buwono X.

Tak punya keturunan

Semasa hidupnya, Hamengku Buwono IX memiliki 5 istri. Pernikahannya dengan istri kelimanya, yang bernama asli Norma Musa asal Bangka, sejak 1976 tidak dikaruniai anak.

Hamengku Buwono IX memiliki 22 keturunan dari empat istri lainnya. Anak laki-laki Hamengku Buwono IX berjumlah 15 orang dan 7 perempuan.

Sekretaris Bung Karno 

Norma Musa lahir di Kampung Tanjung, Mentok, Bangka, pada 3 Desember 1930. Ia merupakan anak keenam dari 11 bersaudara. 

Ia pernah menjadi sekretaris mantan Presiden Sukarno dari 1960-1964. Ia kemudian menikah dengan Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1976. 

Pada 1986, ia memperoleh nama resmi Kanjeng Raden Ayu Norma Nindyokirono Hamengku Buwono IX.

Dalam kehidupan sehari-hari, Norma dikenal sebagai orang yang sangat memperhatikan penampilannya. Meski sudah berumur, penampilan Norma masih terawat. 

Ia juga gemar mengoleksi pakaian, jam tangan, sepatu, tas dan kacamata.

Semasa hidupnya, Norma tinggal di Istana Swarna Bhumi, Bogor, Jawa Barat, yang khusus dibangun Sultan Hamengku Buwono untuk istri kelimanya tersebut. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!