Mitra Kukar vs PSM Makassar: Sama-sama usung misi raih kemenangan

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mitra Kukar vs PSM Makassar: Sama-sama usung misi raih kemenangan
Di hadapan para pendukungnya sendiri, Mitra Kukar berambisi besar untuk menang. Sementara kubu PSM mengaku siap mencuri kemenangan

JAKARTA, Indonesia — Mitra Kukar akan menjamu PSM Makassar dalam leg pertama pertandingan babak perempat final Piala Presiden 2015 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Sabtu 19 September 2015. Mengingat PSM Makassar adalah tim yang sangat sulit dikalahkan di kandang, Mitra Kukar harus tampil maksimal saat bertindak sebagai tuan rumah agar beban di leg kedua menjad lebih ringan. 

Namun hal itu tak akan mudah untuk dilakukan. Melihat materi dan performa, PSM memang lebih diunggulkan karena tanpa pemain asing pun, PSM ternyata memiliki tim yang solid terutama di lini tengah.

Terdapat nama Rasyid Bakri, Ardan Aras, Aditya Dewa, Syamsul Chaeruddin, dan M Rahmat. Meski lokal, nama-nama pemain ini terkenal sebagai pemain yang sangat bersemangat dengan performa bagus. Duet Samsul dan Rasyid misalnya, menjadi kombinasi tenaga tua-muda dengan tipikal berbeda. Keduanya mampu menjaga keseimbangan lini tengah Juku Eja —julukan PSM.

Pelatih PSM Assegaf Razak juga menegaskan, timnya bukan datang sekedar mencuri poin, tapi ingin mengambil poin penuh. Karena itu, tak mungkin strategi bertahan dan mengandalkan serangan balik diterapkan.

“Ya kami ingin main normal. Tak mau menunggu, bahkan sampai parkir bus untuk sekadar imbang. Kami ingin bawa kemenangan,” tegas Assegaf saat dihubungi Rappler.

Dengan mengandalkan formasi 4-2-3-1, Ferdinand akan menjadi tumpuan lini depan PSM. Eks striker Sriwijaya FC tersebut diharapkan mampu menjadi pembuka tembok pertahanan lawan. 

Ferdinand sendiri optimis kans membobol gawang Mitra Kukar sangat terbuka. Pasalnya sejumlah pemain mereka disebut-sebut sedang tak sepenuhnya bugar. Bek andalan Mitra Kukar OK John pun dinilai sudah tak secepat dulu. 

“Saya pengin cetak gol di sana. Saya pernah dulu bikin gol, saya ingin tunjukkan PSM bisa memang dan tak jago kandang saja,” kata Ferdinand.

Sementara itu, Mitra Kukar tentu tak mau malu di kandang. Dengan adanya OK John di lini belakang, Jafri Sastra, sang pelatih yakin PSM akan kesulitan menembus pertahanan mereka.

“Kami ingin bikin pusing mereka, baru setelah itu diserang habis. Kami harus dapat tiga poin biar enak main di leg kedua. Sekarang kami akan main maksimal,” katanya.

Materi pemain Mitra Kukar juga tak kalah mentereng. Ada banyak eks timnas. Di tengah, terdapat gelandang petarung Rizky Pellu, Eka Ramdani dan Defri Rizky. Belum lagi duet pemain sayap Hendra Bayauw dan Yogi Rahadian yang kecepatannya dalam menyisir lebar lapangan tak perlu diragukan lagi.

Di depan, Rahmat Affandi mambuktikan diri mampu menjadi striker andalan meskipun tak bertipikal penyerang murni. Dia bisa bergerak bebas, baik jauh ke depan maupun turun ke tengah dengan menjadi false nine (striker bayangan).

Kapten tim Eka Ramdani menilai, dukungan suporter di Aji Imbut juga akan menjadi suntikan motivasi tersendiri untuk bermain habis-habisan meraih kemenangan.

Pertandingan bisa terganggu asap

Bencana kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Kalimantan Timur memberikan pengaruh terhadap program latihan Mitra Kukar yang bahkan harus mengubah jadwal latihan mereka hingga beberapa kali. 

Di sisi lain semenjak tiba di Tenggarong pada Kamis, PSM sudah mencoba beradaptasi meski tak bisa dipungkiri keberadaan kabut asap cukup menganggu kenyamanan bernafas para pemain.

Prakiraan pemain

Mitra Kukar (4-4-2)

Rivki Mokodompit; Zulkfli Syukur, OK John, Saepullah Maulana, Abdul Gamal; Defri Rizki, Rizky Pellu, Eka Ramdani, Hendra Bayauw; Yogi Rahadian, Rahmad Afandi.

Pelatih: Jafri Sastra

PSM Makassar (4-2-3-1)

Dimas Galih; Hendra Wijaya, Iqbal Samad, Satrio Syam, Agung Prasetyo; Rasyid Bakri, Ardan Aras; Aditya Dewa, Syamsul Chaeruddin, M Rahmat; Ferdinand Sinaga.

Pelatih: Assegaf Razak

Stadion: Aji Imbut, Tenggarong

Rappler.com

Baca juga: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!