Arsenal v Manchester United: Ujian mental juara Setan Merah

Agung Putu Iskandar

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Arsenal v Manchester United: Ujian mental juara Setan Merah

EPA

Apakah United benar-benar telah bangkit? Pembuktikannya saat melawan Arsenal

JAKARTA, Indonesia – Kepemimpinan Manchester United di papan klasemen Premier League masih menyisakan tanda tanya. Bagaimana jika mereka melawan tim-tim favorit juara?

Selama 7 pekan Liga Inggris, skuat Louis van Gaal itu belum pernah membuktikannya.  

Laga paling ketat yang sudah mereka lalui hanya saat melawan Tottenham Hotspur di pekan pertama. Meski menang tipis 1-0, United tertekan hingga sama sekali tak memproduksi tembakan ke gawang. 

Kekuasaan mereka di klasemen sementara pun hanya karena melawan tim-tim yang secara kualitas di bawah mereka. Terakhir, mereka menggebuk Sunderland di kandang sendiri, Old Trafford, dengan skor telak 3-0.  

Melawan Arsenal di Emirates Stadium, Minggu 4 Oktober malam, United harus membuktikan bahwa kepemimpinan mereka di klasemen bukan kekuasaan abal-abal. Tapi karena memang mental juara yang telah kembali ke benak para punggawa Setan Merah—julukan United. Caranya, mengalahkan Arsenal.

Jika hanya bisa menahan seri klub berjuluk The Gunners itu, United terancam terguling dari puncak klasemen. Sebab, Manchester City menang besar 6-1 atas tamunya, Newcastle United, Sabtu 3 Oktober. 

Situasi semakin gawat, karena dalam 6 pertemuan terakhir di Premier League, mereka kerap berbagi angka. Rinciannya, United menang 2 kali, Arsenal sekali, dan 3 kali skor akhir mereka 0-0 dan 1-1. 

“Arsenal adalah tim yang bagus, baik dalam teknik maupun taktik. Mungkin mereka adalah tim terbaik. Saya suka cara mereka bermain,” kata manajer United Louis van Gaal seperti dikutip Sport Review

Van Gaal mengatakan, anak asuhnya siap mengulangi kemenangan mereka atas Arsenal musim lalu di Emirates Stadium. Saat itu, Wayne Rooney dkk mempecundangi The Gunners 2-1. Apalagi, kondisi Arsenal sedang terganggu setelah kalah 2-3 dari Olympiakos Piraeus di Liga Champions. 

Van Gaal juga tidak menghadapi banyak masalah cedera. Hampir semua pemainnya siap diturunkan kecuali Luke Shaw dan Marcos Rojo. Karena itu, striker belia asal Prancis Anthony Martial bakal kembali mengisi pos striker tunggal dengan dukungan Juan Mata, Wayne Rooney, dan Memphis Depay di belakangnya. 

Sebaliknya, Arsenal justru dilanda badai cedera. Paling tidak ada 7 pemain yang cedera dan diragukan tampil. Di antaranya Danny Welbeck, Laurent Koscielny, dan Jack Wilshere. 

United semakin berada di atas angin karena tren performa Arsenal di kandang sedang buruk. Dari 3 laga, klub asuhan Arsene Wenger itu masing-masing sekali menang, seri, dan kalah. Mereka bahkan dibantai tim non favorit juara West Ham 0-2 di Emirates Stadium. 

Bek United Daley Blind mengakui bahwa rekan-rekannya berada dalam situasi mental yang sangat bagus setelah mampu memimpin klasemen sementara. Mereka mencatatkan 4 streak alias kemenangan berturut-turut di semua ajang. 

“Sangat sulit jika kamu melawan sebuah tim yang sedang berada dalam mood terbaiknya. Rasanya sangat luar biasa pergi melawan klub lain dengan status sebagai pemimpin klasemen,” kata Blind seperti dikutip Daily Cannon.

Arsenal, kata Blind, bakal sangat sulit dikalahkan di kandangnya. Tapi United bakal tampil lebih baik. “Kami akan meraih tiga poin di laga ini,” kata bek asal Belanda tersebut.

Arsene Wenger tak mau kalah. Dia mengakui, timnya bermain buruk di Liga Champions. Tapi di Premier League, mereka mengalahkan Leicester dengan skor telak 5-2 pekan lalu. 

“Leicester tak pernah kalah sebelumnya, tapi kami berhasil menghabisi mereka. Saya harap hasil fantastis akan mengikuti kami saat melawan United,” kata Wenger, seperti dikutip situs resmi klub.

Prakiraan susunan pemain 

Arsenal (4-2-3-1)

Cech; Bellerin, Paulista, Mertesacker, Monreal; Coquelin, Cazorla; Ramsey, Oezil, Sanchez; Walcott.

Pelatih: Arsene Wenger 

Manchester United (4-2-3-1)

Gea; Darmian, Smalling, Jones, Blind; Schneiderlin, Schweinsteiger; Mata, Rooney, Depay; Martial.  

Pelatih: Louis van Gaal

 —Rappler.com 

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!