Rupiah menguat, netizen berterima kasih pada Gubernur BI Agus Marto

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah menguat, netizen berterima kasih pada Gubernur BI Agus Marto

EPA

Rencana peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III dinilai turut mempengaruhi penguatan rupiah

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) —Sejak Selasa pagi, 6 Oktober, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat. Pada perdagangan Rabu, rupiah menguat sebesar 256 poin menjadi Rp 13.985 per dolar Amerika.

Kepala Riset NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan bahwa ini dipengaruhi oleh rencana peluncuran Paket Kebijakan Ekonomi Jilid III yang mengedepankan pembenahan kondisi makroekonomi yang lebih konkret, disertai dengan optimisme Presiden Joko “‘Jokowi” Widodo yang meyakini pertumbuhan ekonomi nasional pada semester II 2015 akan lebih baik dibandingkan periode sebelumnya. 

“Harapan fundamental ekonomi nasional yang positif otomatis akan mengangkat mata uang rupiah terhadap mata uang asing, seperti dolar AS,” kata Reza seperti dikutip Antaranews.com.

Menurutnya, kebijakan pemerintah mengurangi pajak bunga deposito bagi eksportir yang menempatkan dana hasil ekspor di dalam negeri menambah likuiditas peredaran dolar Amerika di Indonesia. 

Ini juga dipengaruhi oleh penundaan kenaikan suku bunga di Amerika. 

“Proyeksi kenaikan suku bunga Amerika Serikat yang ditunda membuat dolar AS menjadi kurang menarik bagi investor pasar uang,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra. 

Sementara itu, ekonom dari PT Bank Permata Tbk (BNLI), Joshua Pardede, mengatakan penguatan rupiah terjadi karena kombinasi ekspektasi investor atas dampak kebijakan Bank Indonesia (BI) dan pemulihan daya beli masyarakat.

“Kalau dilihat, dari BI lebih efektif dibandingkan pemerintah. BI bilang baru Oktober, arahnya menarik devisa. Selama ini yang supply dolar kan cuma BI,” kata Joshua sebagaimana dikutip laman Bisnis.com

Penguatan nilai rupiah juga disambut gembira oleh netizen yang ramai-ramai mencuit dengan tagar #TerimakasihAgusMarto di Twitter. Agus Martowardojo adalah Gubernur BI saat ini.

—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!