Ridwan Kamil kepada Bobotoh Persib: Jadilah tamu yang baik di Jakarta

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Ridwan Kamil kepada Bobotoh Persib: Jadilah tamu yang baik di Jakarta
Ridwan Kamil janji akan beri bonus Rp 500 juta untuk Persib Bandung jika jadi juara di final Piala Presiden

BANDUNG, Indonesia — Menyambut partai final Piala Presiden 2015 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Minggu, 18 Oktober, Wali Kota Bandung berpesan kepada pendukung Persib Bandung agar menjadi tamu yang baik.

Emil, panggilan Ridwan, mengatakan tak ingin terjadi hal-hal negatif kepada Bobotoh — julukan supporter Persib — apalagi hingga jatuh korban jiwa.

“Saya berharap tidak ada korban macam-macam, apalagi korban jiwa. Apresiasi luar biasa jika Piala Presiden ini lancar. Maka saya berpesan kepada Bobotoh untuk tetap terkoordinir dan semua tercatat. Jadilah tamu yang baik,” kata Ridwan usai mengikuti rapat koordinasi di Polda Jawa Barat, Kamis, 15 Oktober.

Persib Bandung akan bertanding melawan Sriwijaya FC di partai final. Sebelumnya sempat terjadi kekhawatiran dari pihak penyelenggara Mahaka Sports dan aparat keamanan mengingat Persib akan melaksanakan pertandingan di ibu kota, markas klub Persija Jakarta, saingan utama Persib.

//

Tadi sore menyampaikan masukan-masukan untuk bobotoh Persib yang akan berangkat ke Jakarta untuk mendukung Persib di…

Posted by Ridwan Kamil on Wednesday, October 14, 2015

Satu lagi yang Emil tekankan kepada Bobotoh, yaitu untuk tidak bertindak di luar kesopanan melalui slogan, nyanyian, maupun atribut yang dapat memicu konflik.

Rencananya, sebelum keberangkatan Bobotoh akan mendapat pengarahan dari pihak keamanan untuk membantu mengamankan perjalanan dari Bandung hingga kembali ke Bandung. Dua personil kepolisian akan disiapkan untuk mengawal setiap bis yang mengangkut Bobotoh.

“Jangan ada nyanyian mengejek supporter lain, jangan keluar kalimat provokasi, tolong saling ingatkan antar Bobotoh. Insya Allah semua berjalan lancar dan pulang bisa tertib,” ucapnya.

Sebelumnya, Ridwan juga mengimbau kepada Bobotoh untuk tetap santun dan tidak terprovokasi. Ia percaya Bobotoh dapat memberikan dukungan dengan terhormat dan tim kesayangannya dapat menang dengan terhormat juga. 

Ridwan, yang mengaku sebagai Bobotoh, berharap agar semua dapat berjalan lancar dan semua bisa kembali ke tempatnya dengan selamat.

“Saya sebagai pribadi dan dalam kapasitas jabatan, saya punya tanggung jawab moral mengajak semua untuk dapat mendukung dengan terhormat. Kita bikin sejarah, Persib juara Piala Presiden dan tidak ada masalah sedikitpun,” ungkapnya.

Bila Persib berhasil meraih juara, Ridwan berjanji memberikan bonus untuk tim Maung Bandung sebesar Rp 500 juta yang merupakan sumbangan dari  kolega dan para pecinta Persib di Kota Bandung.

“Jadi, Bobotoh Persib itu banyak. Tidak hanya yang mendukung di stadion langsung, tapi ada juga yang mendukung dengan doa dan uang. Uang ini bukan APBD, ini adalah udunan dan (hasil) SMS-an dengan para pecinta Persib yang militan juga,” kata Ridwan. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!