Hindari potensi ricuh, polisi akan kawal Bobotoh Persib pulang-pergi Jakarta

Yuli Saputra

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Hindari potensi ricuh, polisi akan kawal Bobotoh Persib pulang-pergi Jakarta
Sekitar 5.000an personil Polda Jawa Barat dikerahkan untuk amankan pendukung Persib Bandung yang akan berlaga di Jakarta dalam final Piala Presiden

BANDUNG, Indonesia — Pendukung klub sepak bola Persib Bandung akan mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian hingga tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Bobotoh, sebutan untuk suporter fanatik Persib, akan memberi dukungan untuk klub kesayangannya yang akan tampil pada final Piala Presiden 2015 kontra Sriwijaya FC, Minggu, 18 Oktober, malam.

Kapolda Jawa Barat Irjen Moechgiyarto langsung memimpin rapat koordinasi persiapan pengamanan tersebut di ruang rapat Moeryono Mapolda Jabar, Kamis, 15 Oktober. Rapat tersebut dihadiri oleh perwakilan Bobotoh dan manajemen Persib serta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Moechgiyarto mengatakan, pihaknya bersama-sama Polda Metro Jaya dan TNI sudah melakukan koordinasi untuk menjalankan rencana pengamanan supaya tidak terjadi gesekan bobotoh saat melintasi titik-titik basis JakMania, sebutan untuk pendukung klub rival utama Persib, Persija Jakarta. Kedua suporter ini sejak sekitar tahun 90an memang sudah tidak harmonis hingga saat ini.

“Jadi kita hari ini rapat koordinasi untuk mempersiapkan diri dalam pengamanan final antara Persib melawan Sriwijaya. Ada dua hal nanti yang harus kita amankan. Yang pertama adalah kita melekatkan anggota personil Polri berada pada bus untuk pengawalan dan pengamanan melekat,” kata Moechgiyarto.

Pengawalan akan dilakukan sejak titik pemberangkatan hingga lokasi pertandingan dan kembali ke tempat pemberangkatan. Artinya, pulang pergi Bobotoh akan mendapat pengawalan secara ketat dari kepolisian. Hal itu dilakukan demi tercapainya rasa aman dan nyaman untuk semua pihak, serta dapat terselenggaranya pertandingan dengan lancar.

“Kita kawal dari titik start sampai kepada lokasi yang dituju, demikian juga sekembalinya secara pulang perginya akan kita kawal sehingga keamanan dan kenyamanan para Bobotoh betul-betul kita jamin hingga pulang sampai selamat,” ucapnya.

Tidak hanya dalam pengawalan, sejumlah personil sudah ditempatkan di titik-titik rawan terjadinya gesekan. Personil berpakaian lengkap dan preman sudah diinstruksikan untuk berjaga di tempat yang dimaksud.

“Kita tempatkan petugas Polri baik berpakaian dinas maupun berpakaian preman yang akan mengamanakan semua rute perjalanan yang akan dilalui rombongan Bobotoh berangkat ke stadion,” kata Moechgiyarto sambil menambahkan sebanyak 5.510 personil kepolisian akan disiagakan.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung berpesan kepada pendukung Persib Bandung agar menjadi tamu yang baik di Jakarta. 

“Saya berharap tidak ada korban macam-macam, apalagi korban jiwa. Apresiasi luar biasa jika Piala Presiden ini lancar. Maka saya berpesan kepada Bobotoh untuk tetap terkoordinir dan semua tercatat. Jadilah tamu yang baik,” kata Ridwan.—Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!