Setelah Piala Presiden, Piala Sudirman akan dimulai 14 November

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Setelah Piala Presiden, Piala Sudirman akan dimulai 14 November

GATTA DEWABRATA

Selama kompetisi nasional beku, Kemenpora akan gulirkan Piala Sudirman dan sejenisnya

JAKARTA, Indonesia — Setelah usai menghelat Piala Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga kini mempersiapkan perhelatan turnamen sepak bola baru, Piala Jenderal Sudirman yang akan dimulai pada 14 November.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berharap Persipura Jayapura dan Persebaya Surabaya bisa terlibat pada turnamen ini.

“Harapannya diikuti banyak klub. Persipura dan Persebaya menjadi prioritas,” kata Nahrawi di Kantor Kemenpora Jakarta, Jumat, 23 Oktober.

Menurut dia, selama kompetisi nasional beku, Kemenpora berharap turnamen-turnamen seperti ini akan terus berjalan. Turnamen seperti ini diharapkan menjadi contoh transparansi setelah Piala Presiden usai. Hanya saja pihaknya belum menjelaskan promotor yang akan menanganinya.

“Tunggu saja. Untuk masalah kriteria, verifikasi klub maupun promotor kita menyerahkan ke pihak BOPI (Badan Olahraga Profesional),” katanya.

Nahrawi mengatakan bahwa sebelum kompetisi resmi akan digulirkan, Kemenpora akan terus mengisi dengan turnamen. Selain Piala Sudirman, rencananya ada lagi turnamen-turnamen lain yang akan digulirkan pada Januari dan Maret 2016.

Piala Jenderal Sudirman rencananya akan diikuti oleh 14 klub Indonesia Super League (ISL) dan satu tim dari PS TNI. Rencananya, turnamen ini akan dimulai pada 14 November-1 Desember untuk babak penyisihan.

Turnamen ini juga tidak mengenal hasil seri. Jika kedua klub bermain imbang, akan diadakan adu penalti.

Sedangkan babak delapan besar akan digulirkan pada 12-20 Desember di Malang dan Bali. Pesertanya adalah dua klub terbaik masing-masing grup dan dua tim peringkat tiga terbaik. Pada babak ini juga tidak ada hasil imbang. Jika seri akan dilanjutkan dengan penalti.

Untuk semifinal, pertandingan menggunakan sistem kandang dan tandang pada 9-19 Januari 2016. Sedangkan final akan dilaksanakan di tempat netral pada 24 Januari 2016. Setiap tim juga akan mendapatkan match fee yang cukup besar. 

Klub yang keluar sebagai pemenang akan mendapatkan Rp 125 juta. Sedangkan jika menang melalui adu penalti, Rp 110 juta.

Sementara itu, untuk hadiah dari kejuaraan tersebut informasinya mencapai Rp 2,5 miliar. Jumlah hadiah Piala Sudirman ini lebih sedikit dibandingkan hadiah utama Piala Presiden yang mencapai Rp 3 miliar. 

Seperti diketahui, Minggu, 18 Oktober, pekan lalu Persib Bandung menjuarai Piala Presiden setelah menumbangkan Sriwijaya FC 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!