BMKG: Hujan berturut-turut, cuaca di Riau sudah normal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

BMKG: Hujan berturut-turut, cuaca di Riau sudah normal
Akibat hujan, cuaca di Pekanbaru, Riau sudah kembali normal. Jarak pandang hari ini 7.000 meter

PEKANBARU, Indonesia — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru mengklaim kondisi cuaca di Provinsi Riau sudah normal, setelah hujan deras dengan intesitas ringan terjadi berturut-turut dalam sepekan terkahir.

“Ini cuaca sudah normal. Itu ditandai dari jarak pandang pada pukul 7:00 WIB, sudah 7.000 meter di wilayah Kota Pekanbaru dan sekitar akibat hujan,” kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Minggu, 1 November.

Sugarin mengatakan, sejumlah daerah lain di Riau seperti Kota Rengat, Kabupaten Indragiri Hilir, Kota Dumai, dan Pelalawan dilaporkan saat ini jarak pandang masing-masing 5.000 meter.

Meski demikian, pada daerah-daerah tersebut masih ditemukan kabut asap tipis dari kebakaran hutan dan lahan.

“Namun kabut asap tipis itu tidak menggangu aktivitas penerbangan baik pendaratan atau lepas landas di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru,” kata Sugarin.

Ia mengatakan, secara umum cuaca di wilayah Riau pada hari ini cerah dan berawan disertai peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada siang, sore atau malam hari.

Dari pantauan citra satelit baik Terra dan Aqua, masih terdapat 198 hotspots atau titik panas di Pulau Sumatera dan tersebar pada delapan provinsi yang terkosentrasi di Sumatera Selatan sebanyak 117 titik. 

Lalu diikuti Bangka Belitung dengan 28 titik panas, Lampung 27 titik, Jambi 20 titik, Riau lima titik, Sumatera Barat dua titik, dan Bengkulu serta Sumatera Utara masing-masing satu titik panas.

“Di Riau, Indragiri Hulu tiga titik dan Indragiri Hilir dua titik. Sementara untuk confidence (tingkat kepercayaan) titik api 70 persen, dua titik di Inhu dan satu titik di Inhil,” katanya. 

“Jika jumlah titik panas dibandingkan kemarin, maka hari ini jauh lebih banyak. Kemarin 130 titik panas terkosentrasi di Sumatera Selatan 71 titik, Bangka Belitung 28 titik, Lampung 27 titik, Jambi tiga titik dan Bengkulu satu titik,” ucap Sugarin. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!