Gempa mengguncang Mamberano Raga, Papua

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Gempa mengguncang Mamberano Raga, Papua
Sementara itu, dua gempa susulan mengguncang Alor, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu pagi

JAKARTA, Indonesia  – Gempa bumi 5 Skala Richter mengguncang Mamberano Raga, Papua, Sabtu siang, 7 November. 

Gempa ini berlokasi di darat, di 2.78 LS – 137.59 BT. Tidak ada laporan kerusakan dan korban dalam gempa ini. 

Sementara itu, dua gempa susulan mengguncang Alor, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu pagi. Gempa pertama berkekuatan 4,1 SR terjadi pukul 03:33 WITA. Gempa yang kedua, berkekuatan 3,4 SR terjadi pukul 09.52 WITA, berlokasi 32 kilometer Timur Laut Alor pada kedalaman 10 km dari permukaan laut. 

“Hari ini sudah dua kali terjadi gempa susulan di Alor, sejak gempa pertama pada Rabu (4/11), yang merusak sejumlah bangunan,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Klas 1A Kupang, Sumawan, Sabtu. 

Sumawan mengatakan pihaknya terus memantau secara itensif perkembangan gempa yang terjadi di Kabupaten Alor, untuk mengetahui kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Bupati Alor Amon Djobo mengatakan warga Alor Timur seperti di Maritaing, masih berada di luar rumah karena masih terjadinya gempa susulan.

“Meskipun intensitas gempa terus menurun dengan kekuatan yang terus melemah, masyarakat masih tetap trauma sehingga memilih berada di luar rumah,” katanya.

Ia menambahkan korban gemba di Alor Timur lebih memilih daerah ketinggian sebagai tempat berlindung, karena khawatir adanya tsunami serta masih trauma dengan tragedi serupa pada 1991. Gempa dahsyat berkekuatan 7,2 SR pada 1991 itu mengakibatkan 28 orang tewas, sementara gempa yang terjadi saat ini, tidak meminta korban, kecuali menghancurkan pemukiman penduduk serta fasilitas umum lainnya.  Laporan dari Antara/Rappler

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!