Dikira suara tembakan, bunyi petasan picu kepanikan warga Paris

Rika Theo

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dikira suara tembakan, bunyi petasan picu kepanikan warga Paris

EPA

Para warga sedang berkumpul di Place de la République dalam acara solidaritas untuk korban serangan teroris Jumat lalu

JAKARTA, Indonesia — Warga Paris berkumpul di Place de la République pada Minggu, 15 November waktu setempat sebagai bentuk solidaritas terhadap korban serangan teroris yang terjadi pada Jumat lalu.

Di tengah acara sempat muncul kepanikan akibat terdengarnya suara tembakan. Warga yang sedang berkumpul langsung berlarian meninggalkan lokasi acara. Namun belakangan dilaporkan bahwa suara tersebut berasal dari petasan

Sinta Ridwan, warga Indonesia yang menetap di Paris, juga ikut merasakan kepanikan di Place de La Republique, malam tadi. Pada pukul 07:00 malam, Sinta bersama suami hendak mampir ke tempat itu untuk menyalakan lilin.

Namun ketika mendekati lokasi, tiba-tiba mereka melihat warga menghambur. Berlarian ke arah mereka. “Semua orang panik, kami juga ikut lari. Kami lari sekitar 200 meter ke arah yang agak sepi. Lalu warga daerah situ pada nolongin,” tuturnya.

Warga setempat membuka pintu apartemen dan rumah mereka untuk perlindungan. “Kami masuk, banyak yang berlindung di apartemen warga. Sekitar setengah jam kami menunggu di sana. Gemetar,” kata Sinta.

Serupa dengan Sinta, Lexy Rambadeta, warga Indonesia di Prancis juga ikut panik saat itu. “Aku dan Mas Hendra lagi minum kopi di Cafe republique. Langsung jongkok. Benar-benar berada dalam situasi tanpa informasi. Semua panik. Meja kursi berjatuhan,” katanya pada Rappler. 

Rappler sendiri sempat mengalami kejadian yang cukup mendebarkan. Kereta yang dinaiki terhenti sesaat di terowongan dengan lampu mati, juga di sekitar pukul 07:00 malam. Tampak ketegangan di wajah para penumpang. Untunglah, sekitar 1 menit kemudian lampu menyala dan kereta berjalan lagi.

Tapi ketika berjalan kaki menuju penginapan, beberapa orang tampak berlari. Rappler sempat disarankan seorang laki-laki untuk tidak menuju arah Stalingrad. Tapi ternyata tidak ada kejadian.

Warga Paris hari ini mulai keluar dan beraktivitas menikmati akhir pekan. Sepanjang hari tadi, tempat-tempat umum cukup ramai. Toko-toko sebagian sudah buka. Jalur Metro, kereta bawah tanah, juga sudah beroperasi hampir normal kembali, kecuali jalur 5 dan 8.— Rappler.com

BACA JUGA: 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!