Abdee Slank sudah lima tahun derita gagal ginjal

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Abdee Slank sudah lima tahun derita gagal ginjal
Menurut Abdee, gaya hidup yang kurang sehat menjadi penyebab penyakitnya ini

JAKARTA, Indonesia — Pemetik gitar band Slank, Abadi “Abdee” Negara Nurdin diberitakan akan segera menjalani operasi transplantasi ginjal setelah mendapatkan donor yang bersedia menyumbangkan ginjalnya. 

Sejak kapan sebenarnya pria yang belakangan juga aktif berkecimpung di gerakan sosial politik ini menderita sakit ginjal? 

Pada Maret lalu, Abdee menyatakan akan mengambil cuti panjang dari Slank untuk fokus pada pengobatan gagal ginjal yang sudah ia derita selama hampir 5 tahun. Ketika itu ia mengungkapkan bahwa fungsi ginjalnya tinggal 12 persen.

(BACA: Ramai-ramai donor ginjal untuk Abdee Slank)

“Saya divonis dokter, fungsi ginjal saya tinggal 12 persen. Saya disarankan cuci darah dan transplantasi ginjal, tetapi waktu itu saya tidak mau,” ujar Abdee pada Maret lalu.

Terkait penyebab penyakitnya, Abdee menyadari bahwa gaya hidupnyalah yang membuat ia sakit. “Saya punya darah tinggi, makan kurang teratur, juga kurang tidur,” katanya. 

Transplantasi ginjal memang bisa menjadi solusi agar seorang pasien yang ginjalnya sudah tidak dapat berfungsi dengan baik dapat memperoleh penggantinya. Namun proses ini memiliki risiko. 

Menurut informasi di laman pusat transplantasi University of California, Davis, risiko-risiko tersebut mulai penolakan dari organ yang ditransplantasi, infeksi hingga dengan kemungkinan yang sangat kecil, timbulnya penyakit berbahaya seperti hepatitis B. 

Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan operasi transplantasi ginjal juga relatif mahal. Di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, misalnya, biaya transplantasi ginjal tanpa kondisi komplikasi mencapai Rp 300 juta

Jika akhirnya terlaksana nanti, Abdee bukanlah figur publik pertama yang secara terbuka diketahui menerima transplantasi ginjal. Sebelumnya terdapat nama pengusaha media dan mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan yang juga pernah menjalani transplantasi ginjal

Di luar negeri, George Lopez hingga Natalie Cole juga memiliki pengalaman serupaRappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!