Berita bursa transfer Januari

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita bursa transfer Januari
Jangan sampai ketinggalan berbagai perkembangan terkait tim dan pemain favoritmu

JAKARTA, Indonesia — Sepanjang Januari ini, bursa transfer pemain di liga sepakbola top Eropa dibuka. Pantau berbagai rumor dan berita terkait transfer window Januari di sini.

Senin, 18 Januari

Setelah Demarai Gray, Leicester rekrut Daniel Amartey

Leicester City kembali bergerak di bursa transfer Januari. Dilansir oleh Squawka, armada Claudio Ranieri ini telah menyelesaikan proses transfer gelandang tengah berkebangsaan Ghana, Daniel Amartey dari klub Denmark, FC Copenhagen.

Amartey menjadi rekrutan kedua Leicester dalam bursa transfer Januari. Sebelumnya mereka telah mendatangkan penyerang belia Inggris, Demarai Gray.

Leicester tampil mengejutkan di Liga Primer Inggris musim dan berhasil merengkuh status juara paruh musim. Dalam perjalanannya, sejumlah klub besar mereka buat tak berdaya. Sang penyerang andalan, Jamie Vardy juga berhasil memecahkan rekor mencetak gol berturut-turut di liga milik penyerang legandaris Manchester United, Ruud van Nistelrooy. 

Namun setelah itu, persoalan kedalaman skuat mulai menghantui Leicester. Saat para pemain inti tak bugar, performa tim langsung merosot. Meskipun saat ini The Foxes—julukan Leicester—masih duduk di peringkat dua dengan jumlah poin sama dengan Arsenal di puncak, Ranieri harus mencari solusi dari situasi ini. 

Salah satunya adalah dengan merekrut pemain baru yang dapat mempertebal kedalaman skuat Leicester.

Kamis, 14 Januari

Arsenal umumkan transfer Elneny

Arsenal mengumumkan bahwa mereka telah resmi menyelesaikan proses transfer gelandang Mesir Mohamed Elneny dari klub Swiss, FC Basel pada Kamis, 14 Januari. Elneny menjadi pemain pertama yang direkrut The Gunners—julukan Arsenal—pada bursa transfer Januari ini. 


Selasa, 12 Januari

Newcastle resmi dapatkan Henri Saivet dari Bordeaux

Newcastle United yang saat ini sedang berjuang di papan bawah Liga Primer Inggris dan baru saja mencatatkan kekalahan beruntun sebanyak empat kali di semua ajang, berhasil mengamankan bidikan pertama mereka di bursa transfer Januari.

Ia adalah gelandang 25 tahun asal Senegal yang sebelumnya memperkuat klub Ligue 1 Prancis, Bordeaux, Henri Saivet. Saivet adalah pemain didikan Bordeaux yang telah memperkuat klub tersebut sejak level junior. 

Nilai transfer Saivet dilaporkan sebesar 7,2 juta dolar AS. 

“Saya sangat senang berada di sini di Newcastle. Saya sangat bangga bisa bermain di klub ini dan saya antusias dengan berbagai tantangan yang ada di depan,” kata Saivet usai perekrutannya sebagaimana dilansir oleh situs resmi Newcastle. 

Senin, 11 Januari

Selangkah lagi, Arsenal dapatkan target pertamanya

Arsenal dilaporkan sudah sangat dekat untuk mendapatkan tanda tangan gelandang FC Basel berkebangsaan Mesir, Mohamed Elneny dalam bursa transfer Januari. 

“Saya mengharapkan pergerakan dan merasa positif bahwa minggu ini hal itu (transfer Elneny) bisa terjadi. Ada masalah dengan izin kerja dan kebutuhan khusus untuk administrasi. Kami berharap minggu ini bisa menyelesaikannya,” kata manajer Arsenal, Arsene Wenger. 

Tak seperti biasanya, Arsenal diprediksi akan sangat aktif dalam transfer window kali ini demi menjaga peluang meraih gelar yang sejauh ini masih mereka miliki di tiga ajang: Liga Primer, Piala FA dan Liga Champions. 

Elneny diharapkan bisa menutup lubang di lini tengah The Gunners—julukan Arsenal—yang tengah ditinggal sejumlah punggawanya akibat cedera. 

Minggu, 10 Januari

Zidane muluskan jalan Arsenal dapatkan Benzema? 

Dilansir oleh Telegraph, pergantian tampuk pelatih Real Madrid dari Rafael Benitez ke Zinedine Zidane  bisa memudahkan langkah Arsenal dalam mendapatkan penyerang Madrid asal Prancis, Karim Benzema. 

Arsenal telah relatif lama dikait-kaitkan dengan Benzema. Sementara itu santer beredar kabar bahwa Madrid di bahwa Zidane akan menjual salah satu punggawa lini serangnya seiring rencana mereka mendatangkan pemain baru. Sang punggawa yang dikabarkan akan dijual adalah Benzema. 

Di Inggris sendiri, manajer Arsenal Arsene Wenger tak menampik kemungkinan bahwa timnya bisa saja mendatangkan pemain baru pada bursa transfer Januari ini. 

“Saya percaya langkah berikutnya adalah mengembalikan Rosicky, lalu Welbeck, Sanchez dan Wilshere (keempatnya saat ini sedang menepi karena cedera) lalu mungkin kami akan mendapatkan satu pemain (baru),” kata Wenger usai Arsenal sukses melewati hadangan Sunderland di babak ketiga Piala FA. 

(BACA: Hasil babak ketiga Piala FA: Arsenal lolos, Liverpool tertahan)

Jumat, 8 Januari

Perkenalkan Marko Grujic, ‘playmaker’ baru Liverpool

Liverpool dilaporkan telah menyelesaikan proses transfer Marko Grujic, gelandang muda klub Red Star Belgrade, Serbia yang baru berusia 19 tahun. Siapa dia? Dan mengapa manajer The Reds—julukan Liverpool—Jurgen Klopp tertarik untuk membawanya ke Stadion Anfield? 


Berikut ini beberapa hal Grujic yang perlu kamu ketahui: 

1. Grujic adalah pemain berkebangsaan Serbia yang ikut memperkuat Tim Nasional Serbia junior yang menjadi juara Piala Dunia U-20 tahun lalu.

2. Dilansir oleh The Guardian, Liverpool bukanlah satu-satunya klub besar Eropa yang meminati Grujic. Inter Milan dan Chelsea dilaporkan juga sempat menjadikannya target dalam bursa transfer Januari ini. 

3. Posisinya adalah gelandang tengah dan sering berfungsi sebagai playmaker. Klopp mendefinisikan Grujic sebagai pemain yang cepat dan memiliki teknik yang baik. Grujic juga dinilai Klopp bisa menggiring dan mengumpan dengan baik. 

Perekrutan Grujic dilakukan bertepatan dengan cideranya playmaker Liverpool saat ini, Philippe Coutinho. Bisa jadi Klopp merekrut Grujic untuk menjadi pelapis pemain berjuluk sang penyihir itu.  

Rabu, 6 Januari

Dua bintang Dortmund, Aubameyang dan Gundogan jadi buruan 

Dua bintang Borussia Dortmund yang berperan penting membawa mereka ke peringkat dua Bundesliga Jerman hingga saat ini, dilaporkan menjadi buruan sejumlah klub papan atas Eropa.

Mereka adalah penyerang Pierre-Emerick Aubameyang dan gelandang Ilkay Gundogan. 

Aubameyang menjadi incaran trio Liga Primer: Arsenal, Liverpool dan Manchester United. Penyerang berpaspor Gabon ini memang sedang tampil gemilang dengan mencetak 27 gol di semua ajang pada musim ini.

Sementara itu Gundogan dikaitkan dengan juara bertahan Serie A Italia, Juventus.

Setelah mengawali musim dengan tak terlalu baik, Si Nyonya Tua— julukan Juventus—kini perlahan telah menemukan kembali permainan terbaiknya. Dengan tujuh kemenangan beruntun, mereka saat ini ada di posisi empat dengan jarak tiga poin dari penguasa klasemen Inter Milan.

Kedatangan Gundogan tentu bisa memberikan suntikan tenaga baru yang mereka butuhkan untuk mengejar Inter. Apalagi lini tengah Juventus memang tak segarang musim lalu pasca kepergian Andrea Pirlo dan Arturo Vidal. 

Laporan AFP/Rappler.com

 BACA JUGA

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!