Rupiah hari ini: Menguat, kekhawatiran terhadap gejolak pasar Tiongkok mulai mereda

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rupiah hari ini: Menguat, kekhawatiran terhadap gejolak pasar Tiongkok mulai mereda
Kurs rupiah per dolar AS hari ini adalah Rp 13.835

JAKARTA, Indonesia — Setelah dibuka melemah pada awal pekan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menguat pada hari ini, Selasa, 12 Januari. 

Berdasarkan data kurs tengah Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia, kurs rupiah per dolar AS pada hari ini adalah Rp 13.835, terapreasiasi dari kemarin sebesar Rp 13.935 per dolar AS.

Menurut analis, tekanan terhadap mata uang kawasan Asia akibat gejolak yang terjadi di pasar Tiongkok, sudah mulai mereda. 

“Nilai tukar rupiah bergerak menguat terhadap dolar AS bersama dengan mayoritas kurs di kawasan Asia. Tekanan mata uang di kawasan Asia akibat turbulensi di pasar saham Tiongkok sepertinya mulai mereda,” kata ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta, Selasa.

Dari dalam negeri menurut Reza, sentimen positif bagi nilai tukar rupiah datang dari data Indeks Penjualan Ritel yang baru saja dirilis. Pada periode November 2015, data yang dirilis Bank Indonesia menunjukkan Indeks Penjualan Ritel Indonesia naik dari 8,8 persen menjadi 10,2 persen.

Di Tiongkok sendiri, indeks komposit Shanghai mencatatkan kenaikan 0,20 persen atau 6,16 poin menjadi 3.022,86 dan indeks komposit Shenzhen meningkat 0,39 persen atau 7,29 poin menjadi 1.855,39.

Tetapi di Hong Kong, indeks Hang Seng ditutup menurun 0,89 persen atau 176,74 poin lebih rendah menjadi 19.711,76.Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!