Legenda jazz Indonesia Ireng Maulana tutup usia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Legenda jazz Indonesia Ireng Maulana tutup usia
Ireng diduga wafat akibat terkena serangan jantung.

JAKARTA, Indonesia – Musisi jazz ternama Indonesia, Ireng Maulana dikabarkan wafat pada Minggu dini hari, 6 Maret di usia 71 tahun. Ireng diduga meninggal akibat terkena serangan jantung usai manggung di sebuah restoran di FX Sudirman.

Sebelum mengisi acara di Sudirman, Ireng diketahui sempat tampil di Pondok Indah Mall.

Saat ini jenazah disemayamkan di rumah duka, ruang Lazulite, RS Dharmais, Jakarta.

Rencananya, Ireng Maulana adakan dimakamkan di Kampung Kandang pada Senin, 7 Maret, pukul 11 siang.

Informasi mengenai wafatnya penyanyi yang memiliki nama asli Eugene Lodewijk Willem Maulana itu disampaikan oleh pengusaha sekaligus Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F. Gontha melalui akun resmi Twitternya.

Kemudian, informasi serupa juga oleh penyelenggara Java Jazz Festival melalui akun resmi mereka.

Menurut pesan pendek yang diterima Rappler, Ireng memutuskan untuk tetap manggung di dua tempat tersebut karena sudah terikat kontrak. 

“Setelah itu, Beliau mengeluh sesak nafas dan dibawa ke RS Harapan Kita,” ujar isi pesan pendek itu. 

Tak berapa lama kemudian, beberapa publik figur seperti psikolog Tika Bisono dan pianis Ananda Sukarlan turut berkicau hal serupa. Rappler sudah mencoba menghubungi Peter namun belum direspons.

Ireng lahir di Jakarta pada 15 Juni 1944. Dia lahir dari pasangan yang juga musisi walau tidak profesional yakni Max Maulana, pemain gitar dan Georgiana Sinsoe, seorang pianis. Anggota keluarga pertama yang lebih dulu dikenal publik adalah kakak Ireng, Kiboud Maulana.

Nama Ireng mulai berkibar usai membentuk band bernama Eka Sapta bersama Bing Slamet, Idris Sardi dan Eddy Tulis. Di band itu, dia bermain gitar. Ireng kemudian memutuskan hijrah ke luar negeri selama beberapa tahun untuk mendalami permainan gitarnya.

Dia diketahui juga menjadi salah satu penggagas lahirnya pesta musik International Jakarta Jazz Festival atau lebih dikenal Jak Jazz.

Sebelumnya, pada Juni 2015, kakak Ireng, Kiboud Maulana diketahui juga meninggal. Dia meninggal akibat menderita komplikasi diabetes. Selama jalan Ireng Maulana! – Rappler.com

BACA JUGA:

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!